Azolla microphylla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Azolla mycrophilla selain untuk pakan ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan mas, lele, juga disukai bebek dan ayam. Penggunaan sebagai pakan ikan air tawar dapat menekan biaya pakan pellet setidaknya 30~60%. Ikan perlu dilatih memakan azolla dengan cara dipuasakan dari pellet selama seharian. Dalam keadaan lapar, maka ikan akhirnya harus memakan apa yang ada selain pellet. Ikan tentunya lebih menyukai pellet, namun jika pellet dengan sengaja ditahan penggunaannya maka azolla pun dimakan sebagaimana ikan juga memakan daun pepaya, kangkung, ataupun daun singkong.

Azolla paling mudah ditumbuhkan dalam larutan nutrisi Hidroponik AB Mix. Dibutuhkan takaran antara 1600-1800 ppm AB Mix Daun dengan sinar matahari langsung sekitar 6 jam/hari untuk pertumbuhan optimumnya. Jika ABMix tidak tersedia, pupuk NPK 16-16-16 dapat digunakan dengan diberikan sedikit pupuk organik seperti EM4. Takaran NPK sebanyak 10 gram per 10 liter air memadai. Budidaya dapat dimulai pada wadah berupa nampan hidroponik atau nampan alas pot bunga. Jika produksi sudah banyak, dapat dibuatkan kolam terpal bertingkat menggunakan rangka baja ringan atau pun kayu, berbentuk seperti ranjang bertingkat. Jarak antara tingkat 1 dan di atasnya setidaknya 1,5 meter atau lebih, agar sinar matahari tidak terhalang masuk ke tingkat paling bawah. Sehat tidak nya azolla dapat dilihat dari warnanya. Azolla yang sehat berwarna hijau bersih seperti rumput yang indah, mirip karpet tebal. Kelebihan unsur hara menyebabkan warna hijau tua, dan kekurangan akan menyebabkan daun tipis berwarna kekuningan dengan pinggiran daun pucat berwarna putih. Bagi anda yang memiliki lahan sempit pun budidaya azolla dapat dilakukan di atas dak, gang, halaman belakang, dan lain lain menggunakan nampan bertingkat. Sekali lagi, sinar matahari sangat wajib bagi azolla agar tumbuh subur gemuk. Kekurangan sinar matahari menyebabkan azolla kerdil, mengkerut, akhirnya mati. Bibit azolla dapat dibeli online, cukup sekitar 30 gram saja pembelian awalnya, langsung masukkan ke dalam air nutrisi ABMix agar azolla yang baru dibeli segera hidup kembali menemukan lingkungan baru. Hanya dari bibit 30 gram ini dalam waktu singkat anda akan memiliki kolam azolla yang baanyak jika larutan nutrisinya tercukupi yaitu AB Mix yang mudah ditemukan di perkotaan.

Berhidroponik azolla
Kolam azolla bertingkat menggunakan struktur hidroponik di lahan pekarangan. Hijaukan pekarangan rumah dengan kolam azolla.


Hijaukan pekarangan anda dengan Azolla , yang dapat digunakan sebagai pakan ikan, unggas, pembersih air kolam.

Referensi[sunting | sunting sumber]