Aznar Sánchez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aznar (atau Asnar) Sánchez (bahasa Basque: Aznar Antso, Prancis: Aznard Sanche, Gascogne: Aznar Sans) († 836) merupakan seorang Adipati Gascogne[1] dari tahun 820. Dia diduga adalah putra Sancho I dari Gascogne, meskipun dia telah diidentifikasi dengan Aznar Galíndez I, Comte Aragon.

Pada tahun 820, Lupo III Centule bangkit dalam pemberontakan melawan otoritas Karoling dan Berengar dari Toulouse dan Guerin dari Provence berbaris melawannya, mengalahkannya, dan menempatkan Aznar, sebagai comte setempat di daerah asalnya.[2] Namun, baik Aragon dan Navarra tetap berada di luar kendali Karoling dan Gascogne barat terus memberontak.

Pada tahun 824, menurut Vita Hludowici, comte Aznar dan Aeblus (Eblus atque Asenarius committees) memimpin pasukan melawan Pamplona yang memberontak. Menurut Annales regni Francorum dari Einhard, mereka (Aeblus et Asinarius comites) membawa banyak kekayaan dengan mereka. Mereka dikalahkan dalam "Roncesvalles kedua"[3] dan Pamplona memperoleh kemerdekaannya sementara dua dakwaan ditangkap. Namun Aznar menjadi kerabat (consanguineus) dari para penculiknya, menurut Astronomus, dibebaskan.[4]

Aznar jatuh dengan penerus Berengar di Septimania, Bernat dari Septimania. Pada tahun 828, Gascogne kembali memberontak.[5] Pada tahun 836, Aznar terbunuh (kematian yang mengerikan) melancarkan pemberontakan di Gascogne, yang telah bergolak sejak ketiadaannya pada tahun 824, dan digantikan oleh saudaranya Sancho, meskipun Raja Pippin keberatan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bearing the title of "count of Vasconia Citerior."
  2. ^ Lewis, 44.
  3. ^ Higounet, 34.
  4. ^ Higounet, 34. From the Annales regni Francorum.
  5. ^ Lewis, 45 n47.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lop III
Adipati Gascogne
820–839
Diteruskan oleh:
Sancho II