Ayat-Ayat Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ayat Ayat Cinta)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ayat Ayat Cinta
Ayatayatcinta.jpg
PengarangHabiburrahman El Shirazy
IlustratorAbdul Basith El Qudsy
Perancang sampulChoirul Muslim (Choi)
Negara Indonesia
BahasaIndonesia
GenreReligi
Roman
PenerbitRepublika
Pesantren Basmala Indonesia
Tanggal rilis2003
Halaman418
ISBN979-3604-02-6

Ayat Ayat Cinta adalah novel berbahasa Indonesia karangan Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2004 melalui penerbit Basmala dan Republika. Novel ini berisikan 418 halaman dan sukses menjadi salah satu novel fiksi terlaris di Indonesia yang dicetak sampai dengan 160 ribu eksemplar hanya dalam jangka waktu tiga tahun. Ayat Ayat Cinta juga merupakan pelopor karya sastra Islami yang sedang dalam masa kebangkitannya dewasa ini.

Film Ayat-Ayat Cinta[sunting | sunting sumber]

Melihat keberhasilan penjualan novel ini, rumah produksi MD Pictures kemudian membawanya ke layar lebar. Sutradara Indonesia Hanung Bramantyo terpilih untuk menggarap pembuatan film Ayat-Ayat Cinta yang dibintangi oleh Fedi Nuril sebagai Fahri, Rianti Cartwright sebagai Aisha, Zaskia Adya Mecca sebagai Noura, Carissa Putri sebagai Maria Kirgiz dan Melanie Putria sebagai Nurul.

Syuting film ini rencananya dibuat di Mesir sebagaimana setting tempat dalam novelnya. Namun, karena tidak diizinkan oleh Pemerintah Mesir, lokasi syuting dipindah di India dan beberapa tempat di tanah air. Rencana semula, film ini ditayangkan pada 19 Desember 2007. Namun, karena proses penyuntingan yang belum selesai maka pemutarannya diundur hingga awal tahun 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]