Ayam masak arak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ayam masak arak

ShaoxingWineChickenWings.jpg

Ayam masak arak khas Shaoxing
Hanzi tradisional: 醉雞
Hanzi sederhana: 醉鸡
Makna literal: ayam mabuk

Ayam masak arak atau ayam arak (Hanzi tradisional: 醉雞; Hanzi sederhana: 醉鸡; Pinyin: zuìjī, secara harfiah: "ayam mabuk") adalah salah satu cara memasak daging ayam menggunakan minuman beralkohol. Ada banyak jenis hidangan ini di Tiongkok, Yunani, dan Amerika Latin.

Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Dalam hidangan Tionghoa ada banyak cara memasak ayam arak.

  • Salah satu versi yang dikenal secara nasional dan sangat populer, Shaoxing, berasal dari provinsi Zhejiang di Tiongkok timur.[1] Ayam arak Shaoxing dimasak dan direndam secara eksklusif dalam arak Shaoxing yang bersejarah untuk menciptakan rasa yang mendalam.[1]
  • Dalam versi hidangan lainnya, ayam utuh pertama-tama dikukus kemudian dipotong-potong dengan ukuran yang sesuai untuk diambil dengan sumpit. Daging kukus, bersama dengan airnya, dimasak dengan daun bawang, jahe, dan garam. Setelah ayam dimasak, ayam itu direndam dalam minuman keras Tiongkok, sherry atau minuman keras suling, seperti wiski, semalaman di lemari es. Ayam disajikan dingin, seringkali sebagai hidangan pembuka. Selain daging rasa minuman keras, ciri lain dari hidangan ini adalah gelatin rasa minuman keras yang dihasilkan dari campuran dingin alkohol dan air masakan.

Yunani[sunting | sunting sumber]

Μεθυσμένο κοτόπουλο (methisméno kotópoulo) - Ayam Mabuk - adalah hidangan yang ditemukan dengan banyak variasi di taverna di Yunani dan Siprus. Disajikan sebagai meze atau hidangan utama, resep dasarnya terdiri dari dada ayam, direndam dalam alkohol (biasanya ouzo), ditumis, lalu direbus dalam rendaman.

Amerika Latin[sunting | sunting sumber]

Versi Argentina, Chili, dan Meksiko dari hidangan ini disebut pollo borracho,[2] dan biasanya termasuk zaitun hijau dan hitam serta kayu manis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b TVB Natural Heritage 天賜良源 episode 1 January 30, 2008
  2. ^ Poore, Marge (12 April 2011). 1,000 Mexican Recipes. Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 9780544189157 – via Google Books. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]