Avex Inc.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Avex Inc.
株式会社エイベックス
Nama asli
株式会社エイベックス
Nama latin
Kabushiki kaisha eibekkusu
Kode emitenTYO: 7860
IndustriIndustri hiburan
Industri anime
Industri musik
Label Rekaman
GenreVarian
Didirikan11 April 1988; 36 tahun lalu (1988-04-11)
PendiriMax Matsuura (松浦勝人)
Tatsumi Yoda (依田巽) (Sebagai pemberi saran)
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Asia Timur
Tokoh
kunci
Max Matsuura (松浦勝人) (Wakil Presiden Avex)
Katsumi Kurowaka (黒若克巳) (Presiden dan CEO Avex)
Karyawan
1455 Orang (31 Maret 2017)
Anak
usaha
Avex Entertainment
Avex Pictures
Avex Management
Situs webAvex Official Company Website
Avex Official Channel Youtube
Asal Jepang
Informasi YouTube
Kanal
Tahun aktif4 September 2008-Sekarang
GenreMusik
Pelanggan5,81 Juta Orang[1]
(18 Mei 2022)
Total tayang9.406.235.170 x ditonton[1]
(18 Mei 2022)
100.000 pelanggan
1.000.000 pelanggan
Avex Pictures Official Channel Youtube
Asal Jepang
Informasi YouTube
Kanal
Tahun aktif7 April 2014-Sekarang
Genre
Pelanggan331 Ribu Orang[2]
(9 Juni 2022)
Total tayang277.439.178 x ditonton[2]
(9 Juni 2022)
JaringanAvex
100.000 pelanggan

Avex Group (エイベックス・グループ, Eibekkusu gurūpu) atau sering disebut dengan Avex Inc. (Jepang: エイベックス株式会社, Hepburn: Eibekkusu kabushiki gaisha, sering digayakan Avex) adalah sebuah perusahaan media hiburan yang didirikan oleh Max Matsuura pada 11 April 1988 yang bermarkas besar di Tokyo, Jepang.[3] Avex mengurusi bintang-bintang J-pop seperti Ayumi Hamasaki[4] dan bintang internet PikoTaro.[5] Perusahaan tersebut juga mengurusi domain bisnis lainnya seperti anime, permainan video, dan acara musik panggung seperti bermitra dengan hUltra Music Festival[6] dan mentuanrumahi A-nation tahunan.[7]

Slogan mereka adalah Really! Mad+Pure.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada 11 April 1988. Avex DD Co., Ltd., yang memiliki empat pejabat selain pendirinya, Matsuura Katsuto, mendirikan perusahaan sebagai bisnis grosir rekaman impor. Mengundang Tatsumi Yoda, yang telah menjadi penasihat sejak 1989, sebagai manajer, ia mendirikan label utamanya sendiri "avex trax", dan selama booming disko, album kompilasi "SUPER" dari "Juliana Tokyo" dan "Maharaja". Dirilis seri "EUROBEAT" dan "SUPER DANCE FREAK", dan dengan Tetsuya Komuro, musik yang memadukan tarian dan lagu berkembang pesat pada 1990-an.

Nama dagang diubah menjadi Avex Co., Ltd. pada tahun 1998, dan terdaftar di Bagian Pertama Bursa Efek Tokyo pada tahun 1999. Dari paruh kedua tahun 1990-an hingga paruh pertama tahun 2000-an, setelah meluncurkan kantor manajemen, White Atlas Co., Ltd. (kemudian Axive Co., Ltd., sekarang Avex Management Co., Ltd.), TRF, globe , Namie Amuro and Every Little Thing Mendirikan fondasi dan membangun kekuatan besar dalam industri rekaman dengan Ayumi Hamasaki sebagai kekuatan utama.

Pada tahun 2002, CD kontrol salinan pertama Jepang (Copy Control CD / CCCD) dirilis, tetapi tidak populer, jadi pada bulan September 2004, fleksibilitas operasi CCCD diumumkan (versi sewa masih CCCD hingga 2007, tetapi sekarang. dirilis di CDDA serta versi penjualan. Dalam mode avex label anime, CCCD diadopsi untuk dijual untuk sementara waktu dengan maksud pemegang hak. Pada prinsipnya, SACD / CCCD diadopsi di avex-CLASSICS. Dengan rilis di spesifikasi hybrid, itu telah menghindari kritik).

Sejak tahun 2003, Ketua dan Presiden Yoda telah ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ) pada tahun yang sama. Dia dulu bekerja di bidang manajemen yang berhubungan dengan musik, seperti menjabat sebagai direktur Sansui Electric, sehingga dia dikatakan memiliki pengaruh yang kuat di industri, politik, dan luar negeri. Namun, konflik kebijakan manajemen dengan pendiri Matsuura dan pejabat lainnya menjadi serius, dan Matsuura meninggalkan perusahaan, dan artis milik Ayumi Hamasaki dan lainnya menunjukkan gerakan transfer, yang mempengaruhi harga saham. Sebagai tanggapan, Yoda mengundurkan diri sebagai Ketua dan Presiden pada 3 Agustus 2004, menjadi Ketua Kehormatan, dan Ketua RIAJ juga mengundurkan diri pada hari yang sama. Akibatnya, Matsuura kembali ke Avex.

Pada tahun 2004, nama dagang diubah menjadi Avex Group Holdings Co., Ltd., dan perusahaan berubah menjadi struktur perusahaan induk.

Sejak pertengahan 2000-an, kami telah mendiversifikasi bisnis kami dengan mengembangkan bisnis platform seperti distribusi musik berbayar berbasis keanggotaan dan distribusi video, tidak terbatas pada bisnis rekaman, seperti "Mu-mo", "BeeTV", "UULA", dan "dTV" berikutnya.

Karena Memory-Tech, pembuat disk yang diinvestasikan oleh Avex Corporation, adalah anggota sekretaris dari grup promosi HD DVD, diamati bahwa disk video optik generasi berikutnya hanya akan menjual DVD HD. Namun, pada Oktober 2007, diumumkan bahwa mereka akan memasukkan Blu-ray Disc dan HD DVD. Namun, dia saat ini tidak berpartisipasi di kedua kubu. Sebagai disk video optik generasi berikutnya yang pertama, DVD live "LOVE IS BORN 4th Anniversary 2007" Ai Otsuka dirilis pada 1 Januari 2008.

Grup perusahaan memiliki Mitsubishi UFJ Bank sebagai bank utama mereka dalam aliran Sanwa Bank → UFJ Bank → Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ. Ia juga memiliki hubungan dekat dengan Sumitomo Group, dan menerima pinjaman tambahan dari Sumitomo Bank (saat ini Sumitomo Mitsui Banking Corporation) pada saat pendiriannya.

Sejak pencatatannya, pertunjukan live rahasia oleh artis milik perusahaan telah diadakan di tempat-tempat besar seperti Tokyo International Forum dan Saitama Super Arena setiap tahun setelah rapat umum pemegang saham. Oleh karena itu, ini adalah rapat umum pemegang saham yang dihadiri oleh pemegang saham terbanyak di Jepang, melampaui Sony dan lainnya. Namun, secret live itu tak lagi digelar pada akhir rapat umum 2010.

Pada tahun 2015, Avex Digital Co., Ltd. dan CyberAgent Co., Ltd. memulai distribusi musik jenis langganan "AWA" oleh AWA Co., Ltd. Selain itu, LINE, Sony Music Entertainment, Universal Music dan "LINE MUSIC" juga telah memulai, dan sedang mengembangkan bisnis platform.

Pada November 2017, nama perusahaan diubah menjadi Avex Inc. dan logo generasi ke-4 didirikan. Namun, "avex revival trax" dirilis pada 13 Mei 2020 dan promosi terkait menggunakan logo generasi kedua.

Anak Usaha (Label - Musik & Video) yang didirikan[sunting | sunting sumber]

Bisnis yang dijalankan Avex Group meliputi:[2]

  • musik (bergerak dalam rekaman, publikasi, dan distribusi dibidang musik)[3]
  1. avex portal[4]
  2. mu-mo[5]
  3. Avex Trax (Label Utama)
  4. Avex Music Publishing Inc.[6]
  5. Avex Pictures (untuk Produksi Anime)
  6. Rythm zone
  • video (bergerak dalam produksi video untuk film dan video musik (MV))[7]
  1. avex portal[4]
  2. Avex Trax (Label Utama)
  3. Avex Pictures Inc. (Untuk Produksi Anime)[8]
  4. The Anime Times Company[9]
  5. rythm zone
  • management/agensi (bergerak dibidang agensi artis, aktor/aktris, atlit dan agensi iklan)[10]
  1. Avex Management Inc.[11]
  • live (bergerak dibidang acara seperti konser musik, festival, serta sebagai agen tiket)[12]
  1. a-nation[13]
  2. Yahoo!ticket[14]
  3. a-ticket[15]
  • digital (bergerak dalam pendistribusian konten digital berbayar seperti film, musik maupun konten digital lainnya secara eksklusif)[16]
  1. dTV[17]
  2. AWA[18]
  3. LINE Music[19]
  • dance & school (bergerak dibidang pelatihan dan akademi calon artis, aktor/aktris dan dancer (perorangan dan tim))[20]
  1. avex artist academy[21]
  2. JSDA[22]
  3. avex Dance Master[23]
  4. avex proworks[24]
  5. Dance Nation[25]
  • merchandising/fan club (bergerak dalam penjualan merchandise dan pengelola klub fan dari artis dan aktor/aktris yang tergabung dalam Avex Group)[26]
  1. mu-mo shop[27]
  2. avex artist fan club[28]
  3. Tree Village[29]
  • other entertainment (bergerak dibidang wisata kuliner melalui cafe dan restoran)[30]
  1. MUUMU[31]
  2. BODY BALANCE DINING (mu-MU)[32]

Label Rekaman yang didirikan oleh Avex[sunting | sunting sumber]

Avex Trax
Logo Avex (2017-Sekarang)
Perusahaan indukAvex Group
DidirikanSeptember 1990; 33 tahun lalu (1990-09)
PendiriMatsuura Max
Kurowaka Katsumi
StatusAktif
DistributorAvex Entertainment
Genre
Asal negaraJepang
Situs webAvex Trax Official Website

Utama

  • Avex Trax

Cabang

Artis yang menempati di Avex[sunting | sunting sumber]

Avex Trax, Rhythm Zone, dan DiveII Entertainment

Nama Artis Tahun Aktif Keterangan
Kis-My-Ft2 2011-Sekarang Sebelumnya di Avex Trax

sekarang berpindah di Label MENT Recording (Hasil penggabungan label antara Avex Entertainment dan Johnny & Associates)

FAKY 2013-Sekarang Menempati di Label Rhythm Zone dan Avex Management
GENIC 2019-Sekarang Menempati di Label Avex Trax
Hatano Wataru (羽多野渉) 2011-Sekarang Menempati di DiveII Entertainment (Avex Pictures)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Asia selain Jepang[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]