Lompat ke isi

Auto Detailing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seorang pria sedang menyedot debu bagian dalam mobil di Belanda, 1916

Auto detailing adalah kegiatan untuk menjaga kendaraan tetap dalam kondisi optimalnya, terutama dalam aspek kosmetik daripada mekanis. Praktek ini bertujuan untuk menghilangkan segala jenis kontaminan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, dari bagian interior kendaraan dan mengkilapkan bagian eksteriornya sehingga hasilnya bebas dari noda asli. Layanan detailing yang paling dasar melibatkan pencucian dan pelapisan wax pada bagian eksterior, membersihkan debu di bagian interior, merawat kaca, dan mengaplikasikan lapisan pemoles pada permukaan kendaraan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Layanan detailing profesional dan penjualan produk kepada para profesional dan penggemar mencerminkan keberadaan komersial yang besar di lokasi-lokasi di mana mobil merupakan moda transportasi utama. Hanya di Amerika Serikat, industri perincian profesional dan layanan rumahan berhasil menghasilkan pendapatan lebih dari $9 miliar, per April 2014.[1]

Komponen Auto Detailing[sunting | sunting sumber]

Detailing bukan hanya sekadar tindakan membersihkan untuk meningkatkan penampilan kendaraan, melainkan merupakan pendekatan sistematik untuk membantu memperpanjang umur kendaraan dengan menggunakan metode dan produk yang mengurangi dampak negatif lingkungan, seperti kotoran, sinar matahari, musim dingin yang keras, dan sebagainya.[2] Merawat atau mengembalikan kendaraan agar tetap terlihat seperti baru, baik dari luar maupun dalam, seolah-olah baru keluar dari ruang pamer dealer mobil, dapat meningkatkan nilai jual kembali.[3] Proses detailing otomotif membutuhkan pemahaman tentang teknik yang benar serta penggunaan peralatan dan produk yang sesuai.[2]

Detailing umumnya terbagi menjadi dua kategori utama: eksterior dan interior (atau kabin). Beberapa produk dan layanan difokuskan secara khusus pada kedua bidang ini.

Detailing eksterior melibatkan proses pembersihan dan restorasi atau peningkatan kondisi asli permukaan finishing mobil, yang umumnya berupa cat dengan finishing glossy, trim krom, jendela, roda, ban, dan komponen lain yang terlihat pada bagian luar kendaraan. Berbagai produk dan teknik detailing digunakan, disesuaikan dengan jenis dan kondisi permukaan kendaraan atau preferensi dari detailer atau pelanggan. Produk tersebut melibatkan deterjen, surfaktan, penghilang lemak bebas asam (untuk mengatasi kotoran dan tanah), tanah liat detail (untuk menghilangkan kontaminasi permukaan mikro yang tidak terlihat), lilin, serta pembalut berbahan dasar silikon dan non-silikon untuk trim plastik dan ban. Selain itu, senyawa penggosok dan pemoles digunakan untuk melapisi ulang dan meningkatkan reflektifitas lapisan cat, dengan berbagai aplikator, kuas, dan handuk pengering.[4]

Detailing interior melibatkan pembersihan menyeluruh pada seluruh kabin interior kendaraan. Interior kendaraan dalam 50 tahun terakhir terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti pelapis karpet sintetis, vinil, kulit, berbagai serat alami, komposit serat karbon, plastik, dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan berbagai teknik dan produk pembersihan yang sesuai. Menyedot debu merupakan langkah standar, sementara noda pada jok dapat diatasi dengan menggunakan pembersih uap, bahan kimia cair dan busa, serta sikat. Di samping itu, beberapa permukaan yang tidak berpori mungkin memerlukan proses poles untuk meningkatkan kilauannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Car Wash & Auto Detailing in the US: Market Research Report". Ibisworld. April 2014. Diakses tanggal 26 June 2014. 
  2. ^ a b Taylor, Don (1998). Automotive detailing: a complete car care guide for auto enthusiasts and detailing professionals. HP Books. ISBN 9781557882882. 
  3. ^ Joseph, James (1992). Auto detailing: the professional wayPerlu mendaftar (gratis). Chilton Books. ISBN 9780801981968. 
  4. ^ Micahel, Roy. "108 DIY Car Washing & Detailing Tips: Fail-Safe Methods for a Cleaner Car". Autofella. Diakses tanggal 24 November 2022.