Austin Champ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Austin Champ
Informasi
ProdusenAustin Motor Company
Juga disebutWN1, WN2, WN3.
Masa produksi1 September 1951-May 1956
Bodi & rangka
Bentuk kerangkaFour-seat "Jeep"-style tub
Penyalur daya
Mesin2838 cc 80 hp (60 kW) I4 petrol
Dimensi
Panjang3.66 m (12 ft)
Lebar1.65 m (5 ft 5 in)
Tinggi1.87 m (6 ft 1½ in)
Kronologi
PendahuluWolseley Mudlark

Austin Champ adalah versi sipil dari kendaraan Angkatan Darat Inggris yang dibuat oleh Austin Motor Company. Versi militer secara resmi dikenal sebagai "Truk, 1/4 ton, CT, 4 × 4, Cargo & FFW, Austin Mk.1" namun nama sipil "Champ" secara universal, dan secara tidak resmi, diterapkan untuk kendaraan itu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Spesifikasi Angkatan Darat Inggris untuk sebuah rancangan truk ringan dikeluarkan pada akhir 1940-an, terinspirasi oleh Jeep tetapi harus mampu bertugas di semua teater operasi Angkatan Darat Inggris. Hal ini dianggap penting untukkendaraan buatan Inggris diproduksi sehingga mengurangi ketergantungan pada kendaraan AS dan pengeluaran sumber daya asing yang menyertainya.

Sebuah proyek untuk merancang "Mobil 4 × 4 5 cwt FV1800-Series" diluncurkan pada tahun 194, dan Organisasi Nuffield membangun tiga rancangan purwarupa yang dikenal sebagai " Nuffield Gutty ". Pengujian yang sudah berlangsung mengungkapkan kelemahan serius dan rancangan ini kemudian diperbaiki oleh tim di pemerintahan yaitu Fighting Vehicle Research and Development Establishment (FVRDE) di bawah kepemimpinan Charles William "Rex" Sewell. Sistem suspensi dirancang oleh Alec Issigonis, yang kemudian merancang kendaraan Morris Minor dan Mini .

Catatan[sunting | sunting sumber]