Ausonius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tugu peringatan untuk Ausonius di Milan.

Decimus atau Decimius Magnus Ausonius (sekitar tahun 310 – sekitar tahun 395) adalah seorang penyair dan guru retorika Romawi yang berasal dari Burdigala di Provinsi Gallia Aquitania (kini dikenal dengan nama Bordeaux, Prancis). Ia pernah menjadi guru Gratianus yang kelak akan menjadi kaisar, dan Gratianus kemudian memberikan gelar konsul kepadanya. Ausonius menulis berbagai puisi, dan beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Mosella yang mendeskripsikan Sungai Moselle dan Ephemeris yang mengisahkan kehidupan sehari-harinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ritti, Tullia; Grewe, Klaus; Kessener, Paul (2007), "A Relief of a Water-powered Stone Saw Mill on a Sarcophagus at Hierapolis and its Implications", Journal of Roman Archaeology, 20: 138–163 
  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Ausonius, Decimus Magnus". Encyclopædia Britannica. 2 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 935–936. 
  • Wikisource-logo.svg Baynes, T.S., ed. (1875–1889). "Decimus Magnus Ausonius". Encyclopaedia Britannica (edisi ke-9th).