Audrey Vanessa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Audrey Vanessa
LahirAudrey Vanessa Susilo
23 Desember 1999 (umur 24)
Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
PendidikanManado Independent School
AlmamaterUniversitas Monash, Australia
Pekerjaan
Tinggi170 cm (5 ft 7 in)
Gelar
Pemenang kontes kecantikan
Warna rambutCokelat gelap
Warna mataCokelat gelap
Kompetisi
utama

Audrey Vanessa Susilo, B.Acc. (lahir 23 Desember 1999) adalah seorang model dan pemegang gelar kontes kecantikan Indonesia yang dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2022 dengan mewakili provinsi Sulawesi Utara. Ia telah mewakili Indonesia di ajang Miss World 2023 yang dijadwalkan akan digelar di India pada 9 Maret 2024 dan berhasil masuk 40 besar.

Latar belakang dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

[1]Audrey lahir pada tanggal 23 Desember 1999 dengan lahir dan dibesarkan di kota Manado, Sulawesi Utara. Ia merupakan putri dari orang tua berdarah Tionghoa-Minahasa Bantik, Rudy Susilo dan Grace Shella Muljanto.[2] Audrey juga merupakan seorang penganut Kristen Katolik dan merupakan anggota dari Orang Muda Katolik (OMK) dari Paroki St. Theresia de Lisieux Malalayang, Keuskupan Manado dan anggota Komunitas Tritunggal Mahakudus, Manado.[3]

Pada tahun 2021, Audrey telah berhasil meraih gelar sarjana-nya pada jurusan Akuntansi dari Universitas Monash yang terletak di Melbourne di negara bagian Victoria, Australia. Saat ini ia sedang melanjutkan pendidikan untuk gelar master-nya dalam jurusan Perbankan dan Keuangan di universitas yang sama.

Audrey aktif dalam organisasi non-pemerintah bersama dengan teman-temannya, organisasi tersebut dinamai REEFORMERS yang berfokus pada penyelamatan terumbu karang dan menghidupkan kembali ekonomi dan potensi yang dimiliki oleh para nelayan-nelayan tradisional yang ada di pulau-pulau terluar di Indonesia, terutama di Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss Indonesia 2022[sunting | sunting sumber]

Audrey memulai karier kontes kecantikannya dengan lolos sebagai kontestan perwakilan Sulawesi Utara dalam ajang Miss Indonesia 2022 yang diselenggarakan pada 15 September 2022 di Studio RCTI+, Jakarta setelah tertunda satu tahun akibat Pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pada babak putaran 5 Besar, Audrey ditanya oleh Liliana Tanoesoedibjo selaku dewan juri tentang pendapatnya mengenai titel Beauty with a Purpose yang dimiliki seorang Miss Indonesia 2022 dalam menjalankan tugasnya. Dia menjawab:

"Miss Indonesia dengan 'Beauty with a Purpose' lebih dari sekedar titel, harus mau bertanggung jawab. Angkat suaraku bukan untuk berteriak, tapi untuk mereka yang putus asa. Tidak semua dari kita bisa melakukan hal besar, tapi kita bisa melakukan hal kecil dengan cinta yang besar. Terima kasih."

Di akhir acara, ia berhasil keluar dan diumumkan sebagai pemenang dengan dimahkotai oleh Carla Yules dari Sulawesi Selatan sebagai pemegang gelar sebelumnya. Kemenangan Audrey menjadikannya sebagai wanita asal Sulawesi Utara kedua yang berhasil memenangkan gelar setelah Kristania Virginia Besouw pada 2006. Selain menjadi pemenang, ia juga mendapatkan penghargaan khusus sebagai Miss Social Media dan Miss Talent.

Miss World 2023[sunting | sunting sumber]

Sebagai pemenang utama Miss Indonesia 2022, Audrey berhak untuk berkompetisi mewakili Indonesia pada perhelatan ajang Miss World 2023 yang dijadwalkan akan digelar pada 9 Maret 2024 mendatang di India.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Peran Saluran
2022 Miss Indonesia 2022 Kontestan RCTI
Hati Sang Bidadari Pengisi Acara
Super Youth Generation Bintang tamu GTV

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • "Break The Silence" (single) (2024)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Sulawesi Selatan Carla Yules
Miss World Indonesia
2023
Diteruskan oleh:
TBA
Didahului oleh:
Sulawesi Selatan Carla Yules
Miss Indonesia
2022
Diteruskan oleh:
TBA
Didahului oleh:
Gabrielle Valencia Sumual
Sulawesi Utara Miss Sulawesi Utara
2022
Diteruskan oleh:
TBA