Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari


Indonesian National Shipowners' Association
Logoinsa.png
Singkatan INSA
Tanggal pembentukan 6 September 1967 (1967-09-06) (50 tahun lalu)
Jenis Organisasi Perusahaan Pelayaran
Kantor pusat Jl. Taman Tanah Abang III No.10, Jakarta, Indonesia
Wilayah layanan
Indonesia
Jumlah anggota
1500 perusahaan
Ketua Umum
Johnson W. Sutjipto
Sekretaris Umum
Lolok Sudjatmiko
Tokoh penting
Johnson W. Sutjipto
Organisasi induk
FASA
Situs web www.insa.or.id

Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia (Inggris: Indonesian National Shipowners Association disingkat INSA) adalah satu-satunya asosiasi di Indonesia yang beranggotakan perusahaan pelayaran yang bersifat pribadi dan perusahaan pelayaran niaga milik negara. Asosiasi ini didirikan pada tahun 1967 serta diakui dan dilegalisir oleh Menteri Perhubungan RI melalui SK No. KP.B/AL-308/PHB-89 tanggal 28 Oktober 1969 sebagai

Pada tahun 1994, anggota INSA berjumlah 813 perusahaan pelayaran, terdiri dari 573 anggota biasa dan 40 anggota luar biasa yang berlokasi di seluruh Indonesia. Organisasi ini berkantor di Wisma BGS lantai 3A, Jalan Abdul Muis no.40, Jakarta 10160 - Indonesia.

Kekuatan armada niaga nasional anggota INSA, dijalankan untuk memenuhi permintaan dari pembangunan nasional armada yang terdiri dari 76 tipe yang dikelompokkan menjadi 8 tipe besar, yaitu: kapal kargo konvensional, kontainer, tanker, kapal penumpang, pengangkut barang besar, kapal penarik, kapal tongkang dan angkutan lepas pantai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]