Asosiasi Buddha Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Asosiasi Buddha Tiongkok (ABT) (Hanzi sederhana: 中国佛教协会; Hanzi tradisional: 中國佛教協會; Pinyin: Zhōngguó Fójiào Xiéhuì) adalah organisasi utama Buddhisme Tiongkok yang berfungsi sebagai organ pengawas resmi aktivitas Buddhisme di Republik Rakyat Tiongkok. ABT awalnya di bawah naungan Administrasi Negara Urusan Agama, tetapi administrasi ini sudah diserap ke dalam Departemen Berkarya Front Bersatu dari Partai Komunis Tiongkok sejak 2018.[1] Markas besar ABT berada di Kuil Guangji, Beijing.

Pada Agustus 2018, Shi Xuecheng mengundurkan diri sebagai Presiden Asosiasi Buddha Tiongkok setelah adanya laporan pelecehan seksual oleh enam biksuni. Skandal itu dinilai sebagai bagian dari Gerakan Me Too yang lebih luas.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Joske, Alex (May 9, 2019). "Reorganizing the United Front Work Department: New Structures for a New Era of Diaspora and Religious Affairs Work". Jamestown Foundation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-18. 
  2. ^ HANGYU CHEN, ARIA. "China's Top Buddhist Monk Has Resigned Amid Sexual Harassment Allegations". time.com. Time Magazine.