Asobi Asobase

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Asobi Asobase
Asobi Asobase manga volume 1 cover.jpg
Gambar sampul manga volume pertama
あそびあそばせ
GenreKomedi[1]
Manga
PengarangRin Suzukawa
PenerbitHakusensha
DemografiSeinen
Majalah
  • Young Animal Densi
  • Manga Park
  • Young Animal
Terbit26 Juni 2015 – sekarang
Volume7
Seri anime
SutradaraSeiji Kishi
ProduserShō Tanaka
Shigeki Yamada
Aya Iizuka
Kaori Kimura
Mitsuhiro Ogata
SkenarioYūko Kakihara
MusikMasato Koda
StudioLerche
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS, BS11, Sun TV, TVA
Tayang 8 Juli 2018 (2018-7-8) 23 September 2018 (2018-9-23)
Episode12 + OVA
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Asobi Asobase (あそびあそばせ) adalah sebuah seri manga seinen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Rin Suzukawa. Manga ini mulai dimuat pada situs web Young Animal Densi milik Hakusensha sejak bulan Juni 2015, sebelum dipindahkan ke situs web Manga Park pada bulan Agustus 2017. Seri ini telah dibundel menjadi enam volume tankōbon hingga bulan Juni 2018. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Lerche ditayangkan di Jepang sejak bulan Juli hingga September 2018.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita seri ini berpusat di sekitar Hanako, Olivia dan Kasumi, para siswi kelas dua di sekolah menengah pertama khusus wanita sekaligus anggota Klub Hiburan—sebuah kelompok yang tidak diakui secara resmi. Klub ini memiliki tujuan yang sangat ambigu dan tidak jelas, biasanya terdiri dari segala hal yang disebut "bersenang-senang" yang dipikirkan dalam benak mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Hanako Honda (本田 華子, Honda Hanako)
Pengisi suara: Hina Kino[2]
Hanako adalah teman sekelas Olivia dan Kasumi yang sangat energik, menyeret mereka berdua dengan memainkan permainan aneh di sekolah. Terlepas dari sifat kekanak-kanakannya, dia terbukti sangat cerdas pada bidang akademik dan memiliki bakat alami dalam olahraga, meskipun dia sendiri tidak tertarik pada hal itu. Keluarganya terbukti cukup mampu karena dia dapat memperoleh benda yang diinginkan sesuai permintaannya.
Olivia (オリヴィア, Orivia)
Pengisi suara: Rika Nagae[2]
Olivia adalah teman sekelas Hanako dan Kasumi yang bertingkah seperti orang asing dengan berpura-pura menjadi murid pindahan asal Amerika meskipun dirinya lahir dan dibesarkan di Jepang oleh orang tuanya yang merupakan orang asing. Ini membuat dia berpura-pura berbicara dalam bahasa Jepang yang kasar untuk menjaga citranya, dan secara bertahap menjadi lancar berbahasa Jepang untuk memperkuat tingkahnya.
Kasumi Nomura (野村 香純, Nomura Kasumi)
Pengisi suara: Konomi Kohara[2]
Kasumi adalah teman sekelas Olivia dan Hanako yang tidak suka bermain permainan karena terus-menerus digoda kakak perempuannya ketika dia masih kecil. Dia sangat buruk dalam pelajaran bahasa Inggris meskipun sosoknya kelihatan seperti seorang gadis perpustakaan. Dia menikmati menulis cerita fantasi bertopik BL.
Chisato Higuchi (樋口 千紗都, Higuchi Chisato)
Pengisi suara: Ryōko Maekawa[3]
Chisato adalah seorang guru wanita yang dipaksa untuk menjadi penasihat bagi Klub Hiburan. Dia sering merasa sedih karena tidak kunjung menemukan seorang suami.
Maeda (前多)
Pengisi suara: Ryōtarō Okiayu[3]
Maeda adalah kepala pelayan keluarga Hanako. Karena diselidiki oleh alien, dia mampu menembakkan sinar laser dari pantatnya. Dia bisa dengan mudahnya membangun atau mendapatkan barang apa pun yang diminta Hanako, mulai dari kolam tiup anak kecil hingga robot yang berbicara dalam frasa bahasa Inggris yang telah diprogram sebelumnya.
Ketua OSIS (生徒会長, Seitokaichō)
Pengisi suara: Honoka Inoue[3]
Dia adalah gadis yang cerdas dan berkacamata yang nama aslinya belum terungkap. Terlepas dari sikapnya yang malu-malu, dia berhasil menjadi Ketua OSIS karena pidato Wakil Ketua OSIS yang terdengar mengancam seluruh organisasi mahasiswa. Dia terus-menerus memberikan hambatan prosedural untuk Klub Hiburan, dan ragu-ragu antara mencoba berteman dengan mereka atau merusak klub mereka.
Oka ()
Pengisi suara: Mai Kanazawa[3]
Memiliki nama julukan Luu, Oka adalah pemimpin Klub Penelitian Ilmu Gaib yang berteman dengan Klub Hiburan. Oka terkadang mengajari mereka permainan bertema ilmu gaib.
Aguri Mato
Pengisi suara: Megumi Toda[3]
Dijuluki Agrippa, Aguri adalah anggota Klub Penelitian Ilmu Gaib bersama Oka. Dia sementara keluar dari sekolah karena alasan medis.
Tsugumi Aozora (青空 つぐみ, Aozora Tsugumi)
Pengisi suara: Aoi Yūki[3]
Tsugumi adalah seorang siswa berpenampilan feminin yang dicurigai Klub Hiburan sebagai seorang laki-laki, terutama ketika Olivia mendengar perkataan Tsugumi yang mengakui bahwa dirinya adalah anak laki-laki ketika putus dengan pacarnya. Hal tersebut membuat mereka berusaha keras untuk mengungkap identitas asli Tsugumi. Tsugumi merahasiakan jenis kelaminnya dan senang menggoda Klub Hiburan, terutama Kasumi.
Sainan (済南)
Pengisi suara: Yasunori Masutani[3]
Sainan adalah guru bahasa sekolah yang sering menjadi korban keisengan Klub Hiburan.
Takayanagi (高柳)
Pengisi suara: Mitsuki Saiga[3]
Takayanagi adalah seorang konselor bimbingan sekolah yang berpenampilan agak jantan. Dia memiliki adik perempuan kelas tiga—yang sama-sama jantan—yang menjadi ketua Klub Renang.
Kentarō Honda (本田 健太郎, Honda Kentarō)
Pengisi suara: Eishin Fudemaru[3]
Kentarō adalah adik laki-laki Hanako.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Asobi Asobase ditulis dan diilustrasikan oleh Rin Suzukawa. Manga ini mulai dimuat berseri pada situs web Young Animal Densi milik Hakusensha sejak tanggal 26 Juni 2015,[4] yang kemudian digantikan oleh situs lain milik Hakusensha bernama Manga Park pada tanggal 1 Agustus 2017.[5] Seri ini juga diterbitkan dalam majalah Young Animal sejak tanggal 25 November 2016.

No.Tanggal rilis ISBN
1 29 Februari 2016[6]ISBN 978-4-5921-4179-2
2 29 Agustus 2016[7]ISBN 978-4-5921-4180-8
3 28 Februari 2017[8]ISBN 978-4-5921-4708-4
4 29 Agustus 2017[9]ISBN 978-4-5921-4709-1
5 26 Januari 2018[10]ISBN 978-4-5921-4710-7
6 29 Juni 2018[11]ISBN 978-4-5921-6126-4

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime berjumlah 12 episode untuk seri ini, yang disutradarai oleh Seiji Kishi dan dianimasikan oleh Lerche, ditayangkan sejak tanggal 8 Juli[12][13] hingga 23 September 2018. Skenarionya ditulis oleh Yuko Kakihara sedangkan musiknya digubah oleh Masato Koda.[2] Lagu tema pembukanya berjudul "Three Piece" (スリピス, Suripisu), sementara lagu tema penutupnya berjudul "Inkya Impulse" (インキャインパルス, Inkya Inparusu), yang dibawakan oleh Hina Kino, Rika Nagase dan Konomi Kohara.[14] Crunchyroll menayangkan seri ini secara streaming.[15] Sebuah episode animasi video orisinal yang dibundel bersama dengan volume ketujuh manga dirilis pada tanggal 26 Desember 2018.[16]

No. Judul[a] Tanggal tayang asli
1"Equivalent Exchange"
"Tōka Kōkan" (bahasa Jepang: 等価交換)
"Cheap Thrills"
"Chīpu na Suriru" (bahasa Jepang: チープなスリル)
"Pleasure Seekers"
"Asobinin" (bahasa Jepang: 遊び人)
"The Kind Pervert"
"Yasashī Hentai" (bahasa Jepang: 優しい変態)
8 Juli 2018 (2018-7-8)
Merasa terganggu oleh teman sekelasnya yang berisik, Hanako dan Olivia, Kasumi menunjukkan kepada mereka cara memainkan permainan "lihat ke sana". Kesulitan mendapatkan nilai bahasa Inggris yang baik, Kasumi mencoba untuk mendapatkan pelajaran bahasa Inggris dari Olivia—yang diam-diam juga tidak tahu bahasa Inggris, dengan imbalan mengajarinya permainan ala Jepang. Untuk mencapai tujuan ini, Kasumi membentuk Klub Hiburan dan memasukkan Hanako dan Olivia sebagai anggota. Aktivitas pertama mereka adalah bermain di kolam tiup.
2"Killing Time"
"Himatsubushi" (bahasa Jepang: 暇つぶし)
"Friendship Game"
"Yūjō Gēmu" (bahasa Jepang: 友情ゲーム)
"The Witch Trials"
"Majo Saiban" (bahasa Jepang: 魔女裁判)
"Non-title Match"
"Non Taitoru Matchi" (bahasa Jepang: ノンタイトルマッチ)
15 Juli 2018 (2018-7-15)
Gadis-gadis itu gagal bernegosiasi dengan ketua OSIS demi membuat Klub Hiburan mereka diakui secara resmi dan mendapatkan dana klub dari OSIS. Setelah itu, Kasumi menghadapi Olivia dan menduga bahwa dia sebenarnya tidak benar-benar tahu tentang bahasa Inggris. Kemudian, Hanako mencoba rias wajah sebelum menantang klub tenis lunak dengan raket hagoita.
3"A Battle That Must Be Won"
"Zettai ni Makerarenai Tatakai" (bahasa Jepang: 絶対に負けられない戦い)
"Puppets"
"Ayatsuri Ningyō" (bahasa Jepang: 操り人形)
"Betting My Life"
"Inochigake" (bahasa Jepang: 命懸け)
22 Juli 2018 (2018-7-22)
Tiga gadis itu memainkan permainan di mana yang kalah harus mencium ketiak yang lain. Permainan tersebut berubah menjadi mematikan ketika mereka menyadari betapa buruknya bau ketiak Olivia. Kemudian, guru mereka yang bernama Chisato Higuchi meminta bantuan gadis-gadis itu untuk menemukan cinta, hanya untuk dipaksa agar menjadi penasihat klub mereka. Setelah itu, para gadis ditantang oleh Klub Shogi demi memperebutkan hak menggunakan ruang klub mereka.
4"Lower Body Lasers"
"Kahanshin Kara Bīmu" (bahasa Jepang: 下半身からビーム)
"Pots and Kettles"
"Me Kuso Hana Kuso" (bahasa Jepang: 目クソ鼻クソ)
"Illegal Occupation"
"Fuhō Senkyo" (bahasa Jepang: 不法占拠)
"Butt Play"
"Shiri Asobi" (bahasa Jepang: 尻遊び)
29 Juli 2018 (2018-7-29)
Karena tidak bisa memberi tahu Hanako kecil tentang aturan bermain shogi, kepala pelayan Hanako yang bernama Maeda, menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menembakkan sinar laser dari pantatnya. Chisato mendengar dari salah satu teman kuliahnya tentang dugaan adanya "Dewa Hiburan", yang pada akhirnya merupakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Setelah bermain teshuo sumo bersama-sama, Hanako mengetahui hobi Kasumi yang gemar bermain permainan yaoi. Ini berujung pada Maeda yang menawarkan saran untuk menulis novel cinta antara anak laki-laki.
5"Devilish Taste"
"Akuma-teki Sensu" (bahasa Jepang: 悪魔的センス)
"Loaded Questions"
"Yūdō Jinmon" (bahasa Jepang: 誘導尋問)
"Maeda's Curse"
"Maeda no Noroi" (bahasa Jepang: 前多の呪い)
"Sex Ed"
"Seikyōiku" (bahasa Jepang: 性教育)
5 Agustus 2018 (2018-8-5)
Hanako mengenakan pakaian yang agak aneh yang terbukti mengganggu Kasumi dan Olivia selama sesi belajar mereka di sebuah restoran. Olivia menyadari bahwa ada seorang bocah lelaki yang menyamar jadi perempuan sedang bersekolah di sekolah mereka, dan diduga itu adalah teman sekelas mereka, Tsugumi Aozora. Oka, satu-satunya anggota Klub Supernatural, mengajarkan Klub Hiburan permainan bertema ilmu gaib. Kemudian, tiga gadis itu melakukan diskusi canggung tentang bagaimana bayi dibuat.
6"Asterisk"
"Asuterisuku" (bahasa Jepang: アスタリスク)
"Studying for Exams"
"Tesuto Benkyō" (bahasa Jepang: テスト勉強)
"A New Look"
"Imechen" (bahasa Jepang: イメチェン)
"Spirited Combat, Again"
"Gekitō, Futatabi" (bahasa Jepang: 激闘、再び)
12 Agustus 2018 (2018-8-12)
Oka baru tahu bahwa mantan teman satu klubnya Aguri Mato jatuh sakit dan mencoba melakukan voodoo untuk membuatnya lebih baik. Hanako merasa sedih ketika dia menempati posisi kedua di kelasnya. Ini menjadikan Maeda membuatkannya robot android untuk membantunya belajar. Olivia berusaha memotong rambutnya sendiri dengan hasil yang mengerikan. Belakangan, mereka bertiga memainkan hobi aneh lainnya.
7"Phantom Thieves: Pass Club"
"Kaitō Aso-ken" (bahasa Jepang: 怪盗・あそ研)
"Woman of Terror"
"Kyōfu no On'na" (bahasa Jepang: 恐怖の女)
"Weirdo Go"
"Denpa de Gō" (bahasa Jepang: 電波でGO)
"Boobie Tragedy"
"Oppai no Higeki" (bahasa Jepang: おっぱいの悲劇)
19 Agustus 2018 (2018-8-19)
Tsugumi meminta para gadis untuk menyelinap ke kantor OSIS dan mencuri sesuatu yang dikenal sebagai "The Banana Papers". Setelah berhasil mencurinya tanpa ketahuan, mereka bertiga mengetahui bahwa kertas-kertas itu sebenarnya adalah catatan peristiwa yang disebabkan oleh Klub Hiburan. Kemudian, Kasumi berdiri tak berdaya di luar kelas sementara Hanako mengintip novel BL-nya. Setelah itu, Hanako dan Olivia mencoba membantu Kasumi mengenakan kemeja yang terlalu kecil untuk dadanya.
8"Gotta Catch 'em All!"
"Baikin, Getto da ze" (bahasa Jepang: バイキン、ゲットだぜ)
"Divine Revelation"
"Kami no Keiji" (bahasa Jepang: 神の啓示)
"The Evil Sugoroku"
"Ma no Sugoroku" (bahasa Jepang: 魔のスゴロク)
26 Agustus 2018 (2018-8-26)
Olivia memainkan permainan menangkap bakteri di sekitar kelas. Hanako akhirnya menyesal membeli gaun konyol yang dibelinya selama berbelanja dengan semua orang. Hanako dan Kasumi memutuskan untuk menguji keberuntungan Olivia dengan permainan sugoroku yang rentan penalti.
9"Troubles of a Fake Foreigner"
"Ese Gaikokujin no Nayami" (bahasa Jepang: エセ外国人の悩み)
"A Dutchey Wife"
"Datchi na Waifu" (bahasa Jepang: ダッチなワイフ)
"Genetic Engineering"
"Idenshi Sōsa" (bahasa Jepang: 遺伝子操作)
2 September 2018 (2018-9-2)
Olivia meminta Hanako untuk membantu mengubah reputasinya sebagai orang asing yang bisa berbahasa Inggris. Ketika Olivia dipilih untuk mewakili kelas dalam kompetisi berbahasa Inggris, dia mencoba mencari jalan keluar yang cepat. Kakak Olivia dipanggil ke sekolah untuk meminta maaf kepada guru setelah dia ketahuan membaca manga di kelas.
10"Heart Go Boing Boing"
"Kokoro ga Pyon Pyon" (bahasa Jepang: 心がぴょんぴょん)
"Hanako's Trial of Shame"
"Hanako no Harenchi Saiban" (bahasa Jepang: 華子のハレンチ裁判)
"Secret of the Dong"
"TinPO no Himitsu" (bahasa Jepang: ティンPOの秘密)
"Film Production"
"Eiga Seisaku" (bahasa Jepang: 映画制作)
9 September 2018 (2018-9-9)
Teman sekelas mereka yang pandai berbahasa Inggris bernama Fujiwara mengetahui tentang ketidakmampuan Olivia untuk berbicara bahasa Inggris. Di sisi lain, Kasumi tiba-tiba dicium oleh Tsugumi. Setelah mendengar tentang ini, Hanako menjadi gila dan mengadili Kasumi. Setelah memiliki mimpi meragukan yang membuatnya tidak dapat mengalihkan pikirannya, Kasumi memutuskan untuk mencari rok Tsugumi demi mengetahui jenis kelaminnya yang sebenarnya. Kemudian, mereka bertiga memfilmkan film bergenre fiksi ilmiah untuk festival budaya mendatang.
11"Goodbye, Student Council President"
"Sayonara Seito-kaichō" (bahasa Jepang: さよなら生徒会長)
"Oka-ken Witch Project"
"Okaken Witchi Purojekuto" (bahasa Jepang: オカケン・ウィッチ・プロジェクト)
"Face of Mass Destruction"
"Ganmen Kyōki" (bahasa Jepang: 顔面凶器)
16 September 2018 (2018-9-16)
Ketua OSIS mencoba menyelinap keluar untuk mengunjungi sekolah khusus anak lelaki terdekat di seberang jalan, tempat yang selalu dikunjungi Wakil Ketua OSIS untuk mengabaikan pekerjaannya. Sementara itu, Klub Supernatural membuat beberapa kue untuk festival budaya yang akan datang, yang mereka berikan kepada guru bahasa untuk dicicipi. Kemudian, Wakil Ketua OSIS harus berurusan dengan anggota Klub Hiburan yang mencoba untuk mendapatkan proyek festival budaya mereka, ketika dirinya mencoba untuk merias wajahnya
12"Daniel"
"Danieru" (bahasa Jepang: ダニエル)
"Bra Meeting"
"Bura Kaigi" (bahasa Jepang: ブラ会議)
"Fairy Tale Battle Royale"
"Meruhen Batoru Rowaiyaru" (bahasa Jepang: メルヘン・バトルロワイヤル)
"Paper Wars"
"Kaminomizo Sensō" (bahasa Jepang: 紙のみぞ戦争)
23 September 2018 (2018-9-23)
Klub Hiburan merawat bayi teman Chisato bernama Daniel, yang memiliki sikap buruk untuk anak seusianya. Hanako bersemangat saat membeli bra pertamanya, hanya untuk menyadari bahwa ukuran payudaranya lebih kecil dari yang diperkirakannya. Mereka bertiga memainkan game daring berpenampilan lucu yang muncul, yang segera berubah menjadi permainan battle royale yang berdarah. Setelah itu, mereka bertiga memainkan permainan pertempuran menggambar yang tidak masuk akal bersama dengan Maeda.

Episode spesial[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang asli
1"Little Brother"
"bahasa Jepang: おとうと"Otōto
28 November 2018 (2018-11-28)
Klub Hiburan bertemu adik laki-laki Hanako yang bernama Ken, dan mereka memainkan permainan di taman.
2"Armstrong"
"bahasa Jepang: アームストロング"Āmusutorongu
21 Desember 2018 (2018-12-21)
Klub Hiburan menggelar kontes panco.

OVA[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang asli
1"Cosplay Contest"
"Cosupurei Taikai" (bahasa Jepang: コスプレ大会)
"To the Future Me"
"Otona no Watashi e" (bahasa Jepang: 大人の私へ)
26 Desember 2018 (2018-12-26)
Klub Hiburan memutuskan apa yang akan mereka kenakan pada pemutaran perdana film mereka di festival budaya. Klub Eiken (studi film), yang terdiri dari Chisato, Andou, dan Hijiri saat masih muda, menulis surat di masa depan untuk diri mereka sendiri menggunakan sebuah iMac.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Asobi Asobase TV Anime's Visual Unveiled". Anime News Network. 25 Januari 2018. Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  2. ^ a b c d "Asobi Asobase Anime Reveals Cast, Staff, July Premiere". Anime News Network. 18 Maret 2018. Diakses tanggal 19 Maret 2018. 
  3. ^ a b c d e f g h i Hodgkins, Crystalyn (28 April 2018). "Asobi Asobase Anime Adds 10 More Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal 28 April 2018. 
  4. ^ あそびあそばせ. Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2015. Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  5. ^ あそびあそばせ | マンガPark. Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Januari 2018. Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  6. ^ "あそびあそばせ". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  7. ^ "あそびあそばせ 2". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  8. ^ "あそびあそばせ 3". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  9. ^ "あそびあそばせ 4". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  10. ^ "あそびあそばせ 5". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2018. 
  11. ^ "あそびあそばせ 6". Hakusensha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 Agustus 2018. 
  12. ^ Pineda, Rafael Antonio (1 Juni 2018). "Asobi Asobase Comedy TV Anime Premieres on July 8". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  13. ^ Sherman, Jennifer (9 Juli 2018). "Asobi Asobase TV Anime Listed With 12 Episodes, Mini Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Juli 2018. 
  14. ^ "Asobi Asobase Anime's Theme Song Artists, Original Anime DVD Revealed". Anime News Network. 8 Juni 2018. Diakses tanggal 20 Juli 2018. 
  15. ^ "Crunchyroll Adds 10 More Simulcasts for Summer". Anime News Network. 2 Juli 2018. Diakses tanggal 20 Juli 2018. 
  16. ^ "Asobi Asobase Manga's Original Anime DVD Slated for December 26". Anime News Network. 29 Juni 2018. Diakses tanggal 20 Juli 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]