Åsnes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Asnes)
Lambang
Peta
Åsnes juga pabrik ski, terletak di Fjaler, Norwegia

Åsnes ialah sebuah kotamadya di provinsi Hedmark, Norwegia. Di utara berbatasan dengan Våler, di selatan dengan Grue, dan di barat dengan Nord-Odal dan Stange. Di timur berbatasan dengan Torsby, Swedia.

Finnskogen atau hutan Finn adalah sebuah sabuk seluas 32 km (20 mil) yang mengalir secara berkelanjutan ke arah utara sepanjang perbatasan antara Norwegia dan Swedia di 6 kotamadya di Norwegia termasuk Åsnes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Åsnes menjadi bagian distrik yang disebut Hof, pada akhir abad ke-19 distrik ini dibagi antara kotamadya Hof, Åsnes dan Valer. Åsnes terbentang antara Hof dan Våler, dan memiliki lebih banyak tanah subur daripada 2 lainnya dan merupakan basis penduduk yang banyak. Pada 1963 Hof bersatu dengan Åsnes. Banyak pembicaraan tentang kotamadya ini bila kelak bergabung namun kotamadya di sekitarnya Grue dan Våler telah menolak Åsnes.

Nama[sunting | sunting sumber]

Kotamadya ini (awalnya paroki) dinamai menurut pertanian kuno Åsnes (Norse Ásnes), sejak gereja pertama dibangun di sini. Unsur pertama ialah áss dan unsur terakhir ialah nes.