Asisten komandan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Asisten Komandan adalah gelar yang sering diberikan kepada komandan kedua militer, layanan berseragam, lembaga pelatihan atau akademi. Penggunaan ini umum di negara-negara berbahasa Inggris dan di beberapa negara mungkin peringkat militer atau polisi.

India[sunting | sunting sumber]

Pangkat Asisten Komandan setara dengan pangkat Asisten Komisaris Polisi, Wakil Inspektur Polisi, dan Kapten di Angkatan Darat India. Pangkat ini adalah pangkat gazetted Grup-A di Angkatan Bersenjata Pusat India.

Asisten komandan di Pasukan Polisi Bersenjata Pusat (CAPF) ditunjuk melalui proses seleksi Komisi Layanan Publik Uni (UPSC)[1] dan langsung ditunjuk oleh petugas yang dikukuhkan.[2]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, asisten komandan adalah janji temu, bukan pangkat. Penggunaan umum istilah ini adalah untuk posisi asisten komandan Korps Marinir.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Central Police Forces (Assistant Commandants) Examination : (Overview)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-05. Diakses tanggal 3 January 2014. 
  2. ^ "CRPF Academy". Department of CRPF Academy, Kadarpur, Gurugram, Haryana, India. at present 48th batch of DAGOs is undergoing training in Academy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 January 2014. Diakses tanggal 3 January 2014. 
  3. ^ 10 U.S.C. § 5044 Assistant Commandant of the Marine Corps.