Asconius Pedianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Quintus Asconius Pedianus (skt. 9 SM – skt. 76 M) merupakan seorang sejarawan Romawi.

Pada tahun-tahun berikutnya dia tinggal di Roma, dan di sanalah dia meninggal, setelah buta selama dua belas tahun, pada usia delapan puluh lima tahun. Pada masa pemerintahan Claudius dan Nero ia mengumpulkan putra-putranya, dari berbagai sumber—misalnya selebaran (Aetablica)–laporan atau kerangka (commentarii) pidato Cicero yang tidak dipublikasikan, kehidupan Tiro Cicero, pidato dan surat-surat dari sezaman Cicero, berbagai penulis sejarah, misalnya Varro, Atticus, Antias, Tuditanus dan Fenestella (seorang kontemporer Livy yang sering dia kritik) -- komentar sejarah tentang pidato Cicero, yang hanya lima, yaitu, di Pisonem, pro Scauro, pro Milone, pro Cornelio dan In Toga Candida, dalam edisi yang sangat dimutilasi, diawetkan,[1] di bawah judul modern Q. Asconii Pediani Orationvm Ciceronis qvinqve enarratio.

Dalam sebuah catatan pada pidato pro Scauro, dia berbicara tentang Longus Caecina († 57 M) saat masih hidup, sementara kata-katanya menyiratkan bahwa Claudius († 54 M) tidak hidup. Oleh karena itu, pernyataan ini harus ditulis antara tahun 54 dan 57 M. Catatan berharga ini, yang ditulis dalam bahasa Latin yang baik, terutama berhubungan dengan masalah-masalah sejarah dan antik. Sebuah komentar, tentang keutamaan yang superior dan terutama karakter gramatikal, pada orbital Ordo Cicero, disampaikan bersamaan dengan tafsiran Asconius namun dianggap sebagai karya abad ke-4 atau ke-5.

Kedua karya tersebut ditemukan oleh Poggio dalam sebuah naskah di St Gallen pada tahun 1416. Naskah ini hilang, namun tiga transkrip dibuat oleh Poggio, Zomini (Sozomenus) Pistoia dan Bartolommeo da Montepulciano. Poggio sekarang berada di Madrid (Matritensis X. 81), dan Zomini ada di perpustakaan Forteguerri di Pistoia (No. 37). Salinan transkrip Bartolommeo ada di Florence (Laur. 5). Manuskrip kemudian berasal dari salinan Poggio.

Karya-karya lain yang berhubungan dengan Asconius adalah:

  • Kehidupan Sallust
  • Pertahanan Virgil melawan musuh-musuhnya
  • sebuah risalah (mungkin sebuah simposium imitasi Plato) pada kesehatan dan umur panjang.

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • Kiessling and Scholl (1875)
  • Albert Curtis Clark (Oxford, 1907), contains a previously unpublished collation of Poggio's manuscript.
  • Asconius online on Attalus.org

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [./File:Wikisource-logo.svg ]
  • Johan Nicolai Madvig, De Asconio Pediano (1828).
  • B. A. Marshall, A historical commentary on Asconius. Columbia: Univ. of Missouri Press, 1985.
  • Asconius: Commentaries on Five Speeches of Cicero, Simon Squires (1990)