Asam monosilikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Asam monosilikat disebut juga asam ortosilisat, adalah suatu senyawa kimia dengan formula Si(OH)4. Senyawa ini bersifat asam yang sangat lemah dan dianggap terdapat di dalam larutan encer dari senyawa silika, SiO2 di dalam air. Rumus kimia asam ortosilisat adalah H4O4Si dan bisa juga ditulis dalam bentuk hidrat sebagai Si(OH)4 → SiO2↓ + 2H2O.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Istilah "asam silisat" secara tradisi telah dikenal sebagai sinonim dari senyawa silikon dioksida, SiO2, yang juga disebut "silika". Sebenarnya silika merupakan bentuk kering dari asam ortosilisat, Si(OH)4 atau SiO2.2H2O yang mana dapat diperoleh dari reaksi dehidrasi: Si(OH)4 = SiO2(s) + 2H2O

Kelarutan silika di dalam air murni adalah kurang dari 1,5mM, bergantung dari tingkat struktur padat silika.

Larutan asam monosilikat yang pekat tidak stabil sehingga mudah terurai menjadi jel-silika.

Lautan[sunting | sunting sumber]

Silika terlarut (DSi: Dissolved silica) adalah istilah yang digunakan dalam bidang oseanografi untuk menggambarkan bentuk silika yang larut dalam air, yang dianggap sebagai Si(OH)4 (asam ortosilikat; asam monosilikat) atau basa konjugatnya (anion ortosilikat) seperti Si(OH)3O− dan Si(OH)2O2(−2). Perhitungan teoritis menunjukkan bahwa pelarutan silika dalam air berlangsung melalui pembentukan SiO2·2H2O asam kompleks dan kemudian ortosilikat. Siklus biogeokimia silika diatur oleh alga yang dikenal sebagai diatom. Alga ini mempolimerisasikan asam silikat menjadi apa yang disebut biogenik silika, yang digunakan untuk membangun dinding sel mereka (disebut frustules).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]