Asam aldonat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Struktur kimia asam glukonat, asam aldonat yang diturunkan dari glukosa.

Asam aldonat adalah sebuah keluarga asam gula yang didapatkan dari oksidasi gugus aldehida dari aldosa, membentuk gugus asam karboksilat. Oleh karena itu, rumus kimia umum asam aldonat adalah HOOC-(CHOH)n-CH2OH. Oksidasi gugus hidroksil terminal daripada aldehida terminal akan menghasilkan asam uronat, sedangkan oksidasi kedua-duanya akan menghasilkan asam aldarat.

Asam aldonat umumnya dibuat dari oksidasi gula dengan bromin. Umumnya ditemukan dalam bentuk lakton, dengan struktur cincin yang pada dasrnya sama dengan bentuk hemiasetal siklik gula awal. Namun, berbeda dengan hemiasetal, lakton tidak memiliki karbon anomerik kiral, dan tidak dapat membentuk rangkaian glikosidik.

Asam aldonat banyak ditemukan dalam sistem-sistem biologis, dan merupakan produk oksidasi aldosa oleh reagen Benedict dan reagen Fehling.

Tatanama asam aldonat dan bentuk laktonnya didasarkan pada penukaran sufiks "-osa" dengan "asam -onat" untuk asam aldonat dan "onolakton" untuk lakton; sehingga D-glukosa dioksidasi menjadi D-asam glukonat dan D-glukonolakton.