Aryono Kadaryono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aryono Kadaryono ( lahir di Jepara, 24 Januari 1952) merupakan seorang penulis bahasa Jawa yang memulai kariernya pada tahun 1974. Beliau lebih dikenal dengan nama samarannya Aryono Kd. Beberapa karyanya berupa puisi, cerpen, dan esai. Selain menulis bahasa Jawa ternyata Aryono Kd juga menulis dalam bahasa Indonesia.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Aryono Kadaryono bersama-sama dengan Moch. Nursahid P., Anjar Any, Muryalelana, dan beberapa lainnya turut memotori berdirinya OPSJ Komisariat Jawa Tengah. Selain itu, Ia juga ikut serta dalam penerbitan majalah Dharma Khanda / Dharma Nyata, yang menjadi sarana pengarang untuk mengisi lembaran kesusastraan Jawa pada zaman kemerdekaan.

Selain itu beliau bersama teman seprofesinya juga turut mendirikan "Paguyuban Tlatah Muria", yang merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan para pengarang tinggal disekitar Gunung Muria, yang melahirkan beberapa antalogi geguritan. Tetapi sampai saat ini geguritan tersebut belum berhasil diterbitkan.[1]

Beliau juga pernah menjadi juara 1 lomba penulisan naskah drama berbahasa Jawa yang diselenggarakan oleh Pusat Kesenian Jawa Tengah (PKJT) Surakarta (1980) berjudul " Pangurbanan" .

Karya[sunting | sunting sumber]

Karya-karyanya berupa :

  • Puisi, cerpen, dan esai termuat dalam Dharma Kandha, Dharma Nyata, Panjebar Semangat, Mekar Sari, Jaya Baya, Kumandhang, Djaka Lodang, Parikesit, dan Pustaka Candra.
  • Naskah drama berjudul " Pangurbanan".
  • Buku cerita anak berjudul "Pak Pincang".
  • Majalah Dharma Kandha / Dharma Nyata.
  • Geguritan berjudul " Ombak I, II, III " ( dimuat dalam Djaka Lodang, No. 47, Thn. XI, 26 September 1981 ) masuk dalam buku Antologi Puisi Jawa Modern 1940-1980 ( Sinar Wijaya, Surabaya, 1984 ) suntingan Suripan Sadi Hutomo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antologi biografi pengarang sastra Jawa modern. Suwondo, Tirto. (edisi ke-Cet. 1). Yogyakarta: Adiwacana. 2006. ISBN 9799960487. OCLC 224862919.