Ary Prins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ary Prins

Ary Prins (28 Agustus 1816 – 28 Januari 1867) adalah hakim, politikus, dan negarawan Belanda. Semasa menjadi wakil presiden Dewan Hindia, ia menjabat sebagai Gubernur-Jenderal Hindia Belanda sementara selama 2 kali. Yang pertama adalah pada tahun 1861, setelah Charles Ferdinand Pahud mundur dan digantikan oleh Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele dan yang kedua pada tahun 1866, setelah Sloet van de Beele mundur dan digantikan oleh Pieter Mijer. Prins terlibat dalam meredam pemberontakan di Kalimantan Barat antara tahun 1850-1854.

Karena bukan Gubernur Jenderal, Prins disalahkan atas keterlibatannya dalam Pergerakan Mei, arus politik liberal dalam Revolusi 1848.

Prins meninggal pada tahun 1867 dan meninggalkan isteri bernama Adriana van der Leeuw, wanita kelahiran Padang yang baru berusia 23 tahun. Prins dikuburkan di pemakaman yang berada di belakang Istana Gubernur Jenderal (kini Istana Bogor) di 's Lands Plantentuin te Buitenzorg (kini Kebun Raya Bogor). Di atas makamnya terdapat bangunan berbentuk obelisk.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Charles Ferdinand Pahud
Gubernur Jenderal Hindia Belanda
1861
(sementara)
Diteruskan oleh:
Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele
Didahului oleh:
Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele
Gubernur Jenderal Hindia Belanda
1866
(sementara)
Diteruskan oleh:
Pieter Mijer