Arus Kuroshio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Arus Kuroshio ada di sisi barat dari pusaran laut Pasifik utara searah jarum jam.
The ocean currents surrounding the Japanese archipelago: 1. Kuroshio 2. Perpanjangan Kuroshio 3. Arus balik Kuroshio 4. Arus Tsushima 5. Arus Tsugaru 6. Arus Sōya 7. Oyashio 8. Arus Liman

Kuroshio (黒潮, , "くろしお", [kɯɾoɕio] "Pasang Hitam", "Arus Jepang") adalah sebuah arus laut yang berada di sekitar perairan Jepang dan Asia Tenggara. Arus ini berasal dari perairan Asia Tenggara dan bergerak ke utara menuju perairan Jepang di bagian sebelah barat Samudera Pasifik utara. Arus ini akan bertemu dengan arus Oyashio yang lebih dingin di lepas pantai laut Jepang. Kuroshio memiliki karakteristik yang mirip seperti Gelombang Teluk di utara Atlantik dan merupakan bagian dari pusaran laut Pasifik utara. Laiknya Gelombang Teluk, Kuroshio adalah sebuah arus air laut bagian barat yang kuat.

Pertemuan antara arus Kuroshio dan Oyashio ini merupakan salah satu alasan mengapa perairan Jepang memiliki industri perikanan yang cukup berkembang. Pertemuan kedua arus ini akan menghasilkan pusaran dan kondisi lingkungan maritim mendorong pertumbuhan ikan serta hewan-hewan laut lainnya di daerah tersebut .

Pranala luar[sunting | sunting sumber]