Artileri gerak sendiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artileri swa-gerak Amerika Serikat, M109A6 Paladin.

Artileri gerak sendiri/Artileri swa-gerak (bahasa Inggris: self-propelled artillery, mobile artillery, atau locomotive artillery) adalah kendaraan artileri yang memiliki mobilitas tinggi. Kendaraan tempur lapis baja ini biasanya menggunakan roda rantai, dan dipersenjatai sebuah meriam howitzer besar, atau artileri berupa mortir atau roket. Seperti artileri medan biasa, kendaraan ini digunakan untuk memberi dukungan dengan cara menembakkan proyektil ke jarak yang sangat jauh.

Dulu, artileri swa-gerak dipakai untuk pertempuran langsung, seperti meriam serbu dan penghancur tank. Kendaraan-kendaraan ini memiliki lapisan pelindung yang sangat tebal. Meriam serbu digunakan untuk memberi dukungan jarak dekat menghadapi infanteri atau tempat pertahanan musuh (terkadang juga digunakan untuk melawan kendaraan lapis baja musuh), dan penghancur tank digunakan khusus untuk melawan tank.

Sekarang, artileri gerak sendiri modern memang bentuk dan perawakannya mirip dengan tank, tetapi sebenarnya artileri gerak sendiri memiliki lapisan pelindung yang tipis, dan tidak akan bisa bertahan pada pertempuran langsung. Tetapi perlindungan baja mereka cukup untuk melindungi kru dari serangan senjata ringan dan pecahan-pecahan ledakan. Kendaraan ini juga umumnya dilengkapi senapan mesin untuk digunakan menghadapi infanteri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]