Arsitektur Viktoria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun kereta api St. Pancras dan Midland Hotel di London, yang dibuka pada 1868, adalah sebuah contoh dari gaya arsitektur Kebangkitan Gothik dengan pengaruh Ruskinian. Stasiun tersebut mengkombinasikan unsur-unsur arsitektur Gothik dan gaya-gaya lainnya dengan bahan-bahan dan skala yang disebabkan oleh Revolusi Industri.

Arsitektur Viktoria adalah serangkaian gaya kebangkitan arsitektur pada pertengahan sampai akhir abad ke-19. Viktoria merujuk kepada masa pemerintahan Ratu Viktoria (1837–1901), yang disebut era Viktoria, dimana pada periode tersebut, gaya-gaya yang dikenal sebagai Viktoria digunakan dalam pembangunan. Namun, beberapa unsur yang biasanya diistilahkan sebagai arsitektur "Viktoria" tidak menjadi populer sampai akhir masa pemerintahan Viktoria. Gaya tersebut seringkali meliputi kebangkitan eklestik dan interpretasi dari gaya-gaya bersejarah yang dicampur dengan pengenalan pengaruh-pengaruh Timur Tengah dan Asia. Nama tersebut mewakili kebiasaan Inggris dan Prancis dalam menamakan gaya-gaya arsitrktur menurut masa pemerintahan penguasa monarki. Dengan penamaan dan skema klasifikasi tersebut, arsitektur tersebut menggantikan arsitektur Gregorian dan kemudian arsitektur Regensi, dan digantikan oleh arsitektur Edwardian.

Referensi dan sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi
Sumber
  • Dixon, Roger and Muthesius, Stephan. Victorian architecture. Thames & Hudson: 1978. ISBN 0-500-18163-2
  • Prentice, Helaine Kaplan, Rehab Right, Ten-Speed Press. ISBN 0-89815-172-4, includes descriptions of different Victorian and early-20th-century architectural styles common in the San Francisco Bay Area, particularly Oakland, and detailed instructions for repair and restoration of details common to older house styles.
  • Victorian churches blog: www.victorianchurches.blogspot.co.uk.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]