Arsitektur Kebangkitan Romanesque

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fasad barat Katedral Speyer, oleh Heinrich Hübsch (kiri). Nada kuning dari tambahan abad ke-19 kontras dengan nada kemerahan dari bagian abad pertengahan yang bertahan di belakangnya.

Kebangkitan Romanesque (atau Neo-Romanesque) adalah gaya bangunan yang digunakan mulai pertengahan abad ke-19[1] terinspirasi oleh arsitektur Romanesque abad ke-11 dan ke-12. Berbeda dengan gaya Romawi bersejarah, bangunan Kebangkitan Romawi cenderung menampilkan lengkungan dan jendela yang lebih disederhanakan daripada bangunan bersejarah lainnya.

Variasi awal gaya Kebangkitan Romanesque yang dikenal sebagai Rundbogenstil ("Gaya melingkar melengkung") populer di tanah Jerman dan di diaspora Jerman mulai tahun 1830-an.[2] Sejauh ini, arsitek Amerika yang paling menonjol dan berpengaruh yang bekerja dengan gaya "Romawi" bebas adalah Henry Hobson Richardson. Di Amerika Serikat, gaya yang berasal dari contoh-contoh yang diberikan olehnya disebut Richardsonian Romanesque, yang tidak semuanya adalah Kebangkitan Romanesque.[3]

Kebangkitan Romanesque juga kadang-kadang disebut sebagai "gaya Norman" atau "Lombard style", terutama dalam karya yang diterbitkan pada abad ke-19 setelah variasi Romanesque bersejarah yang dikembangkan oleh Norman di Inggris dan oleh orang Italia di Lombardia, masing-masing. Seperti pengaruh gaya Romanesque-nya, gaya Kebangkitan Romanesque digunakan secara luas untuk gereja-gereja, dan kadang-kadang untuk sinagoga seperti Sinagoga Baru Strasbourg yang dibangun pada tahun 1898, dan Jemaat Emanu-El dari New York dibangun pada tahun 1929.[4] Gaya tersebut cukup populer untuk kampus universitas pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, terutama di Amerika Serikat dan Kanada; contoh terkenal dapat ditemukan di Universitas California, Los Angeles, Universitas California Selatan, Universitas Tulane, Universitas Denver, Universitas Toronto , dan Universitas Negeri Wayne.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whiffen, Marcus. American Architecture Since 1780: A guide to the styles. Cambridge, MA: The MIT Press, 1969, 61.
  2. ^ Fleming, John, Hugh Honour and Nikolaus Pevsner. The Penguin Dictionary of Architecture. Middlesex, England: Penguin Books, 1983.
  3. ^ Wilson, Richard Guy. Buildings of Virginia: Tidewater and Piedmont, Oxford University Press, 2002, 524–525.
  4. ^ Stern, Robert A. M.; Gilmartin, Patrick; Mellins, Thomas (1987). New York 1930: Architecture and Urbanism Between the Two World Wars. New York: Rizzoli. hlm. 161. ISBN 978-0-8478-3096-1. OCLC 13860977.