Armored Core V

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Armored Core V
Gambar sampul Amerika Utara
Publikasi
  • JP: 26 Januari 2012[1]
  • NA: 20 Maret 2012
  • AU: 22 Maret 2012
  • EU: 23 Maret 2012
GenreSimulasi
Karakteristik teknis
PlatformXbox 360 dan PlayStation 3
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
FormatCakram Blu-ray
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangFromSoftware
PenyuntingFromSoftware
Bandai Namco Entertainment
PengarahNaoyuki Takahashi
ProdusenToshifumi Nabeshima
KomponisKota Hoshino
Penerbit
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
Informasi tambahan
Situs webarmoredcore.net…
MobyGamesarmored-core-v
Bagian dari Armored Core
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Armored Core V adalah game berbasis mecha 3D yang dikembangkan oleh FromSoftware untuk PlayStation 3 dan Xbox 360. Game ini adalah rilisan ke-14 dan rilisan utama ke-5 dari seri Armored Core milik FromSoftware. Armored Core V kembali ke gaya gameplay yang lebih tradisional yang ditemukan di seri game aslinya. Game ini adalah sekuel tidak langsung dari Armored Core 4 dan Armored Core: For Answer.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Jika game-game sebelumnya dalam seri ini berfokus pada pertarungan refleks cepat, Armored Core V sangat bergantung pada gameplay taktis. Mirip dengan game pertama dalam seri ini, Armored Core V mengharuskan pemain menggunakan level geografi untuk keuntungan mereka. Yang baru untuk seri ini adalah Senjata Pamungkas, yang memberikan kerusakan yang sangat besar, tetapi senjata ini perlu diisi ulang di antara penggunaan, membatasi pemain hanya untuk satu penggunaan per misi atau pertandingan.

Mode online memiliki fitur pertempuran berbasis tim lima lawan lima, dengan masing-masing pihak bertarung untuk tujuan tertentu di seluruh peta. Satu anggota dari setiap tim ditunjuk sebagai Operator dan harus mengawasi seluruh pertempuran dan memberikan perintah kepada tim mereka. [2]

Yang membuat penasaran tentang game ini adalah, menurut produser Toshifumi Nabeshima, pemain harus memegang controller (PS3 dan Xbox 360) dengan cara khusus sebagai cara yang ideal untuk mengontrol mesin perang robotiknya. Menurut informasi dari gamenya sendiri, cara bermain ini disebut “densetsu no AC mochi” (伝説のAC持ち) dalam bahasa Jepang, yang berarti “Pegangan Armored Core yang legendaris”.[3]

Server online untuk Armored Core V ditutup pada 20 Maret 2014.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di dunia futuristik pasca-apokaliptik yang jauh, orang-orang berkumpul di beberapa area yang masih bisa bertahan. Di antaranya, "Kota", yang relatif besar, ditindas oleh seseorang yang disebut Father dan organisasi misteriusnya yang disebut The Corporation. Pada satu titik, seorang pria yang merupakan ajudan dari Father dibuang ke dunia bawah tanah. Pria itu menyatukan orang-orang di dunia bawah tanah untuk membentuk organisasi Perlawanan. Mereka melakukan operasi perang kontra-ofensif habis-habisan untuk menghentikan pemerintahan tirani Father. Namun, operasi tersebut gagal karena terdeteksi lebih awal, dan pria tersebut pun tewas. Setahun kemudian, organisasi Perlawanan diluncurkan kembali di bawah pemimpin baru.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Game ini dirilis di Jepang pada 26 Januari 2012 [1] untuk PlayStation 3 dan Xbox 360. Game ini dirilis oleh Bandai Namco Entertainment pada tanggal 20 Maret di Amerika Utara, 22 Maret di Australia, dan 23 Maret di Eropa, semuanya di tahun 2012.

FromSoftware telah merilis aplikasi pendamping untuk perangkat iOS dan Android yang menyediakan akses ke database komponen dan senjata dalam game untuk membantu kustomisasi mekanisme.

Di Jepang, mereka yang melakukan pre-order Last Raven Portable menerima buku seni dan kode unduhan untuk varian eksklusif senjata jarak dekat Moonlight. Di Amerika Utara, dua paket unduhan promosi ditawarkan kepada mereka yang melakukan pre-order Armored Core V: Amazon menawarkan Recon Pack, sementara GameStop menawarkan Heavy Assault Pack. Kedua paket ini sekarang dapat dibeli dari toko di dalam game. Kedua paket konten tidak menambahkan sesuatu yang baru ke dalam game, melainkan memungkinkan pemain untuk mengakses bagian-bagian jauh lebih awal dari biasanya dengan bermain melalui kampanye.[butuh rujukan]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Game ini menerima "ulasan campuran atau rata-rata" di kedua platform menurut situs agregasi ulasan Metacritic. Di Jepang, Famitsu memberikan skor satu sembilan, dua delapan, dan satu sembilan dengan total 34 dari 40.

The Daily Telegraph memberi versi Xbox 360 empat bintang dari lima dan mengatakan itu adalah "sebuah game brilian yang tetap sulit untuk direkomendasikan kepada semua orang", tetapi "mereka yang memperhatikan detail dan mempunyai kesabaran yang cukup akan dihargai dengan pengalaman yang mendalam, menarik dan sepenuhnya istimewa. Hanya saja, jangan berharap berlebihan". The Digital Fix memberi versi PlayStation 3 nilai tujuh dari sepuluh dan mengatakan bahwa game ini adalah "pengalaman yang sangat hampa dan tidak menarik" tanpa pendekatan multi-pemainnya.[4] Metro juga memberikan nilai tujuh dari sepuluh dan mengatakan bahwa game ini "masih bukan game yang akan membuat simulasi robot raksasa menjadi mainstream, tetapi game ini memang memiliki beberapa ide inovatif dalam hal pertempuran dan game online". The Observer memberikan ulasan yang beragam tentang game ini dan mengatakan bahwa game ini "terlihat fantastis dan sangat menghibur, tetapi kesulitannya untuk dipahami mungkin terbukti terlalu berat untuk semua orang kecuali yang setia".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Loo, Egan (September 18, 2011). "Armored Core V Game Slated for January 26". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2011. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  2. ^ Bertz. Game Informer. GameStop.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan); [pranala nonaktif]
  3. ^ techtudo.com.br/ Novo game de PS3 é jogado com o controle ao contrário
  4. ^ Marshall, James (April 18, 2012). "Armored Core V Review (PS3)". The Digital Fix. Poisonous Monkey. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2012. Diakses tanggal December 23, 2018. 
  5. ^ Kamen, Matt (March 31, 2012). "Armored Core V - review". The Observer. Guardian Media Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2018. Diakses tanggal December 23, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]