Armada Ketiga Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Armada Ketiga
Lambang Armada Ketiga
Aktif15 Maret 1943–sekarang
NegaraAmerika Serikat
CabangAngkatan Laut Amerika Serikat
Tipe unitArmada
PeranOperasi Direksi Armada
Bagian dariArmada Pasifik A.S. (USPACFLT)
MarkasPangkalan Angkatan Laut Titik Loma
Tokoh
Komandan saat iniWakil Laksamana Scott D. Conn
Tokoh berjasaLaksamana Armada William F. Halsey

Armada Ketiga Amerika Serikat adalah salah satu armada bernomor di Angkatan Laut Amerika Serikat. Area tanggung jawab Armada Ketiga mencakup sekitar lima puluh juta mil persegi wilayah Samudra Pasifik timur dan utara termasuk Laut Bering, Alaska, Kepulauan Aleutian, dan sektor Arktik. Jalur komunikasi minyak dan perdagangan laut utama dalam area ini sangat penting bagi kesehatan ekonomi Amerika Serikat dan negara-negara sahabat di seluruh wilayah Lingkar Pasifik.[1]

Pertama kali didirikan pada tahun 1943, Armada Ketiga melakukan operasi besar-besaran melawan pasukan Jepang di Pasifik Tengah selama Perang Dunia II. Dinonaktifkan pada 1945, armada tetap tidak aktif sampai 1973, ketika diaktifkan kembali dan memikul tanggung jawab saat ini.

Misi[sunting | sunting sumber]

Armada Ketiga merencanakan dan melaksanakan operasi angkatan laut di Samudra Pasifik. Armada memberikan dukungan pertahanan darat, keamanan regional, dan operasi kemanusiaan maritim melalui pasukan angkatan laut dan penjaga pantai yang terintegrasi yang bertindak sebagai Layanan Laut tunggal. Hal ini memperkuat hubungan antara AS dan sekutu-sekutunya dan para mitranya melalui latihan dan operasi bersama, antar-lembaga dan multinasional seperti Rim of the Pacific, Pacific Partnership, dan Fleet Weeks. Armada Ketiga memastikan pelatihan yang realistis dan relevan bagi personelnya sehingga mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mempromosikan perdamaian dan menang dalam konflik.[2]

Armada Ketiga adalah kekuatan siap tempur dalam mengendalikan kapal, kapal selam, dan pesawat yang ditempatkan di California, Washington, dan Hawaii. Kekuatan pelayaran Armada Ketiga mencakup lima kelompok serangan kapal induk, yang masing-masing terdiri dari kombinasi kapal penjelajah, kapal perusak, dan fregat. Mereka juga memiliki lebih dari 30 kapal selam dan selusin kapal pendukung untuk mendukung kelompok penyerangan. Angkatan udara Armada Ketiga terdiri dari lebih dari 400 pesawat Angkatan Laut, termasuk F/A-18 Super Hornet, E-2C Hawkeye, AV-8B Harrier, AH-1Z Super Cobra, dan SH-60 Seahawk.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perang Dunia Kedua[sunting | sunting sumber]

Armada Ketiga awalnya dibentuk saat Perang Dunia II pada tanggal 15 Maret 1943 di bawah komando Laksamana William F. Halsey.

Sementara di bawah komando Halsey sebagai Armada Ketiga, armada ini beroperasi di dan sekitar Kepulauan Solomon, Filipina, Formosa, Okinawa, Kepulauan Ryukyu, dan Kepulauan Jepang, pertama dengan kapal perang USS New Jersey dan, dari Mei 1945 hingga akhir perang, kapal perang USS Missouri sebagai kapal andalannya. Sebagai Armada Ketiga, ia ambil bagian dalam kampanye Kepulauan Palau September-November 1944 dan kampanye Filipina 1944–1945, mengalahkan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dalam dua dari empat aksi besar - Pertempuran Laut Sibuyan dan Pertempuran Cape Engaño - yang merupakan Pertempuran Teluk Leyte pada Oktober 1944, menghadapi Topan Cobra yang merusak pada bulan Desember 1944, mengalami Topan Connie pada Juni 1945, dan ikut serta dalam operasi terakhir perang di perairan Jepang pada musim panas 1945, meluncurkan udara serangan ke Tokyo, pangkalan angkatan laut di Kure, dan pulau Hokkaidō dan membombardir beberapa kota pantai Jepang dengan tembakan senjata laut.

Armada Pasifik Britania beroperasi sebagai Satuan Tugas 57 dari Armada Kelima ketika Halsey membebaskan Spruance dari komando pada Mei 1945. Seperti sisa kapal-kapal Armada Kelima, kapal-kapal Inggris dipindahkan dari Armada Kelima Spruance menjadi bawahan Armada Ketiga Halsey. Armada Pasifik Inggris kemudian membentuk Satuan Tugas 37 di bawah komando operasional Armada Ketiga hingga akhir Perang Dunia II pada 15 Agustus 1945.

Operasi tempur besar Armada Ketiga berikutnya adalah Operasi Olimpiade, invasi Kyushu di Kepulauan Jepang, dijadwalkan untuk dimulai pada 1 November 1945, di mana ia akan beroperasi secara bersamaan dengan Armada Kelima untuk pertama kalinya. Berakhirnya perang membuat operasi ini tidak perlu dilakukan.

Berangkat di atas Missouri, Laksamana Halsey memimpin Armada Ketiga ke Teluk Tokyo pada tanggal 29 Agustus 1945. Pada tanggal 2 September 1945, dokumen penyerahan Kekaisaran Jepang mengakhiri perang ditandatangani di dek Missouri. Armada Ketiga tetap berada di perairan Jepang hingga akhir September 1945, ketika kapal-kapalnya diarahkan untuk melanjutkan ke Pantai Barat Amerika Serikat. Pada tanggal 7 Oktober 1945, Armada Ketiga ditetapkan sebagai armada cadangan dan dinonaktifkan dari status aktif.

Pengaktifan kembali dan setelahnya[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Februari 1973, setelah reorganisasi Armada Pasifik, Armada Ketiga diaktifkan kembali sebagai armada aktif dan mengambil alih tugas dari Armada Pertama dan Pasukan Perang Anti-Kapal Selam Pasifik yang berlokasi di Ford Island, Hawaii. Tugas baru Armada Ketiga adalah melatih pasukan angkatan laut untuk ditempatkan di luar negeri dan mengevaluasi teknologi canggih untuk penggunaan armada. Selain itu, Armada Ketiga dapat digunakan jika terjadi konflik besar.

Pada tanggal 26 November 1986, Komandan Armada Ketiga menggeser benderanya dari markasnya di darat untuk melanjutkan status sebagai komandan Armada Ketiga yang mengapung untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, di atas USS Coronado. Pada Agustus 1991, komandan Armada Ketiga, stafnya dan kapal komando Coronado memindahkan pangkalannya ke San Diego. Pada September 2003, Komandan, Armada Ketiga menggeser benderanya dari kapal komando Coronado ke markas darat di Point Loma, San Diego, California.[4]

USS Ronald Reagan dan kapal Armada Ketiga lainnya berpartisipasi dalam International Fleet Review (IFR) untuk memperingati ulang tahun ke 100 Angkatan Laut Kerajaan Kanada di Victoria, British Columbia.[5] Bergabung dengan Ronald Reagan untuk tinjauan angkatan laut adalah kapal penjelajah Chosin, kapal perusak Sampson, dan kapal fregat Ford.[6] Tinjauan angkatan laut berlangsung 9-12 Juni 2010, dan melibatkan 21 kapal angkatan laut dan lebih dari 8.000 personel angkatan laut dari Kanada, Angkatan Laut Perancis, Angkatan Bela Diri Maritim Jepang, Angkatan Laut Australia, Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru, dan Amerika Serikat.[7]

Pada 2015, Nora Tyson diangkat sebagai komandan Armada Ketiga, menjadikannya wanita pertama yang memimpin armada bernomor di Angkatan Laut AS.[8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Global Security.org Third Fleet". Diakses tanggal 10 December 2006. 
  2. ^ "Third Fleet: Who We Are". United States Navy. Diakses tanggal 11 August 2016.  Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  3. ^ "Third Fleet: Who We Are". United States Navy. Diakses tanggal 11 August 2016.  Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  4. ^ "United States Navy Third Fleet (Official Website)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 February 2013. Diakses tanggal 11 October 2010. 
  5. ^ Mass Communication Specialist 2nd Class (SW/AW) Torrey W. Lee, USN (3 June 2010). "Ronald Reagan Begins Flight Deck Certification". NNS100603-15. USS Ronald Reagan Public Affairs. Diakses tanggal 28 December 2011. [pranala nonaktif permanen]
  6. ^ "2010 History". USS Ronald Reagan CVN-76. USCarriers.net. 16 November 2011. Diakses tanggal 28 December 2012. 
  7. ^ Mass Communication Specialist 3rd Class Aaron Stevens, USN (29 June 2010). "USS Ronald Reagan Draws Excitement in Canadian Naval Centennial's Fleet Review". NNS100629-07. USS Ronald Reagan Public Affairs. Diakses tanggal 28 December 2011. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ 24 July 2015, by Abbey Gibb. "First woman to lead Navy Fleet takes over | FOX5 San Diego – San Diego news, weather, traffic, sports from KSWB". Fox5sandiego.com. Diakses tanggal 25 July 2015. 
  9. ^ Steele, Jeanette (30 July 1965). "1st woman at helm of U.S. operational fleet". SanDiegoUnionTribune.com. Diakses tanggal 25 July 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]