Argentia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Argentia dan Pelabuhan Ferry Atlantik lainnya

Argentia adalah sebuah pelabuhan komersial dan taman industri yang terletak di Kota Placentia, Newfoundland dan Labrador di Kanada. Tempat ini terletak di pantai barat daya Semenanjung Avalon dan yang merupakan tanjung berbentuk segitiga yang kesebelah utara ke Teluk Placentia menciptakan pelabuhan alami sepanjang 3 kilometer.

Awalnya tempat ini dibangun oleh orang Prancis pada 1630-an yang merupakan pemukiman nelayan yang diberi nama Petit Plaisance, yang berarti "Tempat Kecil yang Menyenangkan". Nama itu dipertahankan dalam bahasa Inggris (Little Placentia) ketika orang Prancis kehilangan kendali atas wilayah tersebut setelah Perjanjian Utrecht pada tahun 1713. Sensus tahun 1706 mencatat 149 orang di 14 habitat. Masyarakat menggunakan nama sekarang; Argetia (secara tidak resmi pada tahun 1895 dan secara resmi pada tahun 1901) untuk mendapatkan bijih perak di dekat Broad Cove Point di sisi timur pelabuhan.

Nama "Argentia" adalah bahasa Latin, yang berarti "Tanah Perak" dan dipilih oleh Pastur John St. John, Pastur Paroki di Holy Rosary Parish dari tanggal 18 September 1895 sampai 11 Februari 1911. Tambang Perak beroperasi sampai awal 1920 tapi tidak pernah menguntungkan. Pada sebagian besar abad ke-19, masyarakat mulai beralih ke perikanan sebagai sumber kehidupan masyarakat; Komisi pemerintah membangun pabrik ikan Harring di Argentia pada tahun 1936.