Wilayah bertekanan tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Area bertekanan tinggi)
Area Tekanan Tinggi yang Tidak Biasa di Australia Selatan pada 9 Agustus 2012.

Wilayah bertekanan tinggi adalah wilayah dimana atmosfernya relatif tebal dan memiliki tekanan lebih besar dari atmosfer pada wilayah lain yang berada di bumi.

Biasanya angin bertiup dari wilayah yang bertekanan tinggi ke wilayah yang bertekanan rendah. Namun, sistem ini terkadang dapat membalik arah atau “melengkung” dan berhenti di suatu wilayah selama beberapa minggu. Angin dari wilayah yang bertekanan tinggi berputar ke arah yang berlawanan, searah jarum jam di utara khatulistiwa dan berlawanan dengan arah selatan khatulistiwa, biasa disebut aliran antiklonik. Hal ini mengakibatkan awan dan curah hujan menjadi langka, karena awan bergantung pada naiknya udara untuk kondensasi.[1]

Daerah bertekanan tinggi terkuat dikaitkan dengan massa udara dingin yang mendorong keluar dari daerah kutub selama musim dingin ketika ada lebih sedikit cahaya matahari untuk menghangatkan daerah sekitarnya. Ini mengubah karakter dan melemahkannya, mereka bergerak lebih jauh di atas badan air yang relatif lebih hangat. Sedikit lebih lemah tetapi umum adalah area bertekanan tinggi yang disebabkan oleh penurunan atmosfer, yaitu area di mana massa besar pendingin, udara kering turun dari ketinggian 8 hingga 15 km setelah suhu yang lebih rendah mengendapkan uap air.

Tekanan udara sendiri bergantung pada suhu dan kepadatan molekul udara. Area tekanan tinggi yang sangat besar dan hampir stasioner dapat menjaga angin tenang, langit cerah, dan udara panas yang menekan di tempat selama lebih dari satu minggu pada suatu waktu, sehingga konsentrasi yang relatif tinggi dari emisi kendaraan dan industri.[2] Terlepas dari kenyataan bahwa sistem tekanan tinggi menghasilkan cuaca cerah yang menyenangkan, ada banyak kasus di mana mereka dapat meningkatkan atau menciptakan situasi yang tidak diinginkan dan dapat berpotensi mengancam jiwa, dan juga biasanya area bertekanan tinggi memiliki cuaca yang adil dan tetap.

Untuk petunjuk, pada peta cuaca berbahasa Inggris, pusat tekanan tinggi diidentifikasi dengan huruf H.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Highs and Lows of Air Pressure | UCAR Center for Science Education". scied.ucar.edu. Diakses tanggal 2019-11-21. 
  2. ^ Elliot, Kylie (9 Juli 2019). "What are high pressure systems and how do they contribute to our weather?". Diakses tanggal 21 November 2019.