ARD (penyiar)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ARD
JenisRadio, televisi, dan media daring
NegaraJerman
JangkauanNasional dan internasional
PemilikIndependen[1]
Tanggal luncur
5 Juni 1950; 73 tahun lalu (1950-06-05)
Arti panggilan
Arbeitsgemeinschaft der öffentlich-rechtlichen Rundfunkanstalten der Bundesrepublik Deutschland
Situs resmi
www.ard.de
Peta yang menunjukkan 9 anggota siaran regional ARD.

ARD (pelafalan dalam bahasa Jerman: [ˌaːʔɛʁˈdeː] ; nama lengkap: Arbeitsgemeinschaft der öffentlich-rechtlichen Rundfunkanstalten der Bundesrepublik Deutschland[a] – "Kelompok kerja penyiaran publik Republik Federal Jerman") ialah organisasi kerja sama yang terkait dengan stasiun penyiaran umum di Jerman. Organisasi itu didirikan pada 1950 di Jerman Barat.

Per tahun 2014-15, ARD memiliki anggaran sebesar €6.9 miliar[2] dan 22.612 karyawan.[3] Anggarannya terutama bersumber dari iuran televisi yang secara hukum wajib dibayarkan oleh setiap rumah tangga, perusahaan, dan lembaga umum dengan pengecualian pada penerima jaminan sosial. Iuran tersebut tidak dikumpulkan oleh ARD, melainkan Beitragsservice, organisasi bersama yang terdiri dari penyiar-penyiar anggota ARD, stasiun televisi publik kedua ZDF, dan Deutschlandradio.

Sejak 1954 ARD menyiarkan saluran TV nasional Das Erste. ARD juga menyiarkan dua saluran gratis (one dan Tagesschau24) serta ikut menyiarkan Phoenix (berita, urusan terkini, dan dokumenter), KiKa (anak-anak), 3sat (kebudayaan), arte (kebudayaan Prancis dan Jerman), dan Funk (remaja, saluran daring). Selain di televisi konvensional, siaran ARD juga dapat ditonton melalui siaran streaming di situs resmi, aplikasi ARD Mediathek, dan layanan OTT lainnya.

Perusahaan anggota[sunting | sunting sumber]

Pada 2005 organisasi ini terdiri atas perusahaan-perusahaan berikut ini:

Deutsche Welle, penyiar internasional Jerman, saat ini juga merupakan anggota ARD.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diucapkan [ˈaʁbaɪtsɡəˌmaɪnʃaft deːɐ̯ ˌʔœfn̩tlɪçˈʁɛçtlɪçn̩ ˈʁʊntfʊŋkˌʔanʃtaltn̩ deːɐ̯ ˈbʊndəsʁepuˌbliːk ˈdɔʏtʃlant] .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "There for you. ARD" (PDF). 
  2. ^ "ARD Finanzbericht" (PDF). ARD. 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2020-06-25. Diakses tanggal 11 January 2017. 
  3. ^ "ARD Mitarbeiter". ARD. 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-01. Diakses tanggal 11 January 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]