Ararat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunung Ararat
Gambar yang diambil dari pesawat angkasa
Tinggi: 5.165 meter (16.945 kaki)
Garis Lintang: 39° 42′ 0″ U
Garis Bujur: 44° 17′ 0″ T
Lokasi: Turki
Rangkaian: Pegunungan Kaukasus
Tipe: Stratovolkano
Aktivitas terakhir: Juli 1957

Gunung Ararat (Bahasa Turki: Ağrı Dağı; Bahasa Armenia: Արարատ; Bahasa Persia: آرارات; Bahasa Ibrani: אררט, Bahasa Ibrani Standar: Ararat, Bahasa Ibrani Tiberias: ʾĂrārāṭ), puncak tertinggi di Turki modern, ialah sebuah gunung berapi yang terletak agak jauh di timur laut Turki, 16 km di sebelah barat Iran dan 32 km selatan Armenia. Di dalam cerita Israiliyat diidentifikasikan gunung inilah tempat berlabuhnya Bahtera Nabi Nuh setelah "banjir besar" yang disebutkan di dalamnya.

Horen yang lebih rendah (3896 m), Gunung Ararat Kecil, menjulang tepat di tenggara puncak utama. Plato lava terbentang antara 2 puncak. Secara teknis, Ararat ialah stratovulkanik, terbentuk dari aliran lava dan pyroclastic ejecta.

Ciri-ciri bentuk kapal yang ditafsirkan pada foto udara Ararat menyebabkan kegemparan di akhir 1950-an (lihat pseudoarkeologi), walau ekspedisi menemukan ciri-ciri yang menjadi longsoran dan aliran lava. Salah satu lokasi yang oleh pemerintah Turki ditandai sebagai tempat Bahtera Nuh adalah Durupinar.

Großer Ararat (Mitte) und Kleiner Ararat (links) (Landsat, NASA)
Yerevan dengan Gunung Ararat di latar belakang

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]