Appletiser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Appletiser (permainan kata dari dari "appetizer") adalah minuman jus buah berkarbonasi yang dibuat dengan cara mencampur sari buah dengan air soda. Produk ini diciptakan pada 1966 di Lembah Elgin, Westren Cape, Afrika Selatan oleh imigran Prancis-Italia bernama Edmond Lombardi. Untuk eksport dan masa sebelum panen, jus dijadikan konsentrat dengan cara mengekstraksi aroma dan air dari buah. Konsentrat ini kemudian disimpan di ruangan pendingin. Di Afrika Selatan, jus disaring dan langsung dibotolkan tanpa menambahkan air. Konsentrat bisa diubah menjadi jus dengan menambahkan air dan konsentrat aroma dengan perbandingan asli.

Produk Red Grapetiser, White Grapetiser, Peartiser dan Appletiser Colours merupakan varian buah, dimana Appletiser dipasarkan terutama di Afrika Selatan, merek ini juga diekspor ke lebih dari 20 negara lain termasuk negara-negara Southern African Development Community (SADC), Britania Raya, Belgia, Spanyol, Jepang, Hong Kong, Australia dan Selandia Baru.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1966, mulai menciptakan jus buah berkarbonasi bernama Appletiser dengan mencampur jus buah dengan air soda. Bisnis ini berbasis di Lembah Elgin, Westren Cape, Afrika Selatan. Ekspor dimulai pada 1969 ke dua tempat yaitu Kepulauan Canaria, Spanyol dan Jepang.[1]

Pada 1979, Coca-Cola Company membeli 50% saham Appletiser. Produk Red Grapetiser dan White Grapetiser diluncurkan pada 1981. Pada 1982, Appletiser diluncurkan di Britania Raya dengan nama produk "Appletise" karena adanya komplain dari pemilik minuman ringan merek Tizer.[2] Pada 2001, setelah negosiasi panjang dengan AG Barr, pembuat Tizer, huruf 'r' ditambahkan untuk merek di Britania Raya sehingga mengizinkan penggunaan merek Appletiser, pengemasan dan positioning mengikuti standar internasional.[2]

Pada 2016, merek Appletiser dijual ke Cola-Cola Company oleh SABMiller dan merek Tizer sekarang ini diproduksi dibawah lisensi Appletiser South Africa (ASA) yang merupakan bagian dari usaha pembotolan Coca-Cola Beverages South Africa (CCBSA).

Bahan[sunting | sunting sumber]

Appletiser dan Grapetiser tidak menggunakan gula tambahan atau pewarna makanan dan mereka tersedia dalam kemasan berukuran 750ml, 250ml kaleng (Britania Raya), 150ml kaleng, 275ml, 330ml, 350ml and 1,25 liter.[3] Appletiser Colours range, Pink dan Amber terdiri dari 80% jus buah dan 20% air dan tersedia dalam ukuran 350ml and 1,25 liter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Descubre la historia de Appletiser y el secreto de su sabor" [Discover Appletiser's history and the secret of its taste]. Appletiser España (dalam bahasa Spanish). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-27. Diakses tanggal 27 Maret 2019. 
  2. ^ a b "SA Breweries bags `tiser' for drinks branding". The Telegraph. 29 May 2001. Diakses tanggal 30 September 2019. 
  3. ^ "Appletiser UK Products". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-30. Diakses tanggal 2020-04-04.