Apollo 16

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Apollo 16
COSPAR ID1972-031A
SATCAT no.06000Sunting di Wikidata
Durasi misi11 d 01 h 51 m 05 s
Awal misi
Tanggal luncurApril 16, 1972
17:54:00 UTC
←  Apollo 15
Apollo 17 →
 
Lambang misi Apollo 16.

Apollo 16 adalah sebuah misi berawak kesepuluh dalam program Apollo dan yang kelima yang mendarat di Bulan. Misi ini diluncurkan pada 16 April 1972 dari Pusat Antariksa Kennedy menggunakan roket Saturn V SA-511 dan mendarat di Bulan pada 21 April 1972.

Awak[sunting | sunting sumber]

Awak Apollo 16. Dari kiri ke kanan: Mattingly, Young, dan Duke.

*Angka dalam tanda kurung menunjukkan jumlah penerbangan antariksa tokoh tersebut sebelum dan termasuk misi ini.

Awak cadangan[sunting | sunting sumber]

Awak pendukung[sunting | sunting sumber]

Sekilas[sunting | sunting sumber]

Apollo 16 adalah misi kelas-J dan mengangkut sebuah wahana Lunar Rover. Sejumlah 94,7 kg sampel Bulan berhasil dibawa kembali ke Bumi. Tiga EVA (extra-vehicular activity; kegiatan yang dilakukan di angkasa dan di luar wahana) dilaksanakan, di antaranya untuk merekam video dari luar pesawat serta melakukan uji coba terhadap kelangsungan hidup mikrobial.

John Young melompat sambil memberi hormat pada bendera Amerika Serikat.
Foto: NASA

Subsatelit-subsatelit Apollo 16 diluncurkan pada 24 April 1972 saat masih di orbit bulan dan menjalankan berbagai uji coba terhadap medan magnet dan partikel-partikel surya. Dalam perjalanan menuju Bulan, Apollo 16 mengambil beberapa foto Bumi.

Sebuah kegagalan pada sistem pendorong utama CSM (Command/Service Module; modul perintah/pelayanan) Casper hampir menyebabkan pendaratan di Bulan dibatalkan, namun kemudian diputuskan bahwa hal ini tidak mengandung risiko yang tinggi dan Young dan Duke diizinkan untuk menjejakkan kaki di Bulan, meskipun misi ini harus dikurangi satu hari dari jadwal.

Selama tiga hari Young dan Duke menjelajahi kawasan dataran tinggi Descartes, sementara Mattingly mengeliling di atas di Casper. Para antariksawan menemukan bahwa kawasan tersebut – yang dikira sebagai kawasan gunung berapi – ternyata merupakan kawasan yang dipenuhi bebatuan yang terbentuk akibat benturan (breccia). Termasuk dalam spesimen-spesimen yang mereka bawa pulang adalah sebongkah batu seberat 11,7 kg yang merupakan batu terbesar yang pernah dibawa kembali ke Bumi oleh para antariksawan Apollo.[2] Para antariksawan Apollo 16 juga melakukan pengujian performa menggunakan wahana Rover dan sempat mencapai kecepatan tertinggi pada 8 kilometer per jam, yang hingga kini masih tercatat sebagai kecepatan terbaik yang pernah dicapai di Bulan oleh sebuah wahana beroda.

Modul perintah Apollo 16 saat ini berada di Pusat Antariksa dan Roket Amerika Serikat di Huntsville, Alabama.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard W. Orloff. "Apollo by the Numbers: A Statistical Reference (SP-4029)". NASA. 
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-03. Diakses tanggal 2007-04-20. 

Referensi[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
Apollo 15
Program Apollo Dilanjutkan oleh
Apollo 17