Api cerobong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Api yang menyala di atas cerobong

Api cerobong adalah pembakaran dari endapan residu yang disebut sebagai jelaga atau kreosot, pada permukaan bagian dalam ubin cerobong asap, saluran buang, pipa kompor, dll.

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Prosesnya dimulai ketika pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna pada alat perapian yang terpasang, seperti kayu atau batu bara, atau api terbuka. Bahan volatil yang tidak terbakar akan terpanaskan hingga menjadi uap tetapi tidak terbakar karena kurangnya panas dan/atau oksigen yang memadai di dalam alat perapian. Distilat yang mudah menguap ini keluar menuju cerobong asap, di mana mereka menyentuh permukaan yang lebih dingin dan mengembun menjadi endapan seperti tar, dan jelaga. Lapisan-lapisan yang berurutan terakumulasi sampai cerobong asap benar-benar tertutup, atau cerobong asap mencapai suhu dan kadar oksigen di mana endapan akan menyala. Karena kadar konsentrasi bahan volatil yang menumpuk, api ini cenderung membakar dengan sangat panas.[1]

Penyebab lainnya adalah, kebakaran cerobong asap mungkin disebabkan oleh sarang burung tua yang jatuh ke cerobong dan tersangkut di sana. Ketika bara api membakar sarang, api bisa sama panasnya dengan api yang disebabkan oleh jelaga. Di rumah-rumah yang sangat tua, cerobong asap mungkin juga sangat besar dengan dinding cerobong yang cukup tebal untuk menahan panasnya api.

Temperatur yang tinggi dapat mempengaruhi kekuatan struktur cerobong yang dapat menyebabkan distorsi struktur dan potensi kegagalan struktur.

Penyebab endapan yang menyebabkan kebakaran cerobong asap termasuk penggunaan bahan bakar hijau/basah, pengoperasian peralatan dengan asupan udara yang tidak mencukupi, dan suhu pengoperasian yang rendah untuk waktu yang lama diikuti oleh panas yang tinggi. Praktek seperti itu biasanya terjadi ketika periode cuaca yang ringan dan kemudian diikuti oleh cuaca dingin.

Ada beberapa masalah utama yang menjadi risiko dari peristiwa api cerobong. Tentu saja ada bahaya dari puing-puing yang terbakar yang dikeluarkan dari atas cerobong asap yang dapat menyulut bagian lain dari struktur, tetapi penyebab utama kerusakan adalah di mana panas api cerobong akan merambat melewati material cerobong dan memanaskan benda yang mudah terbakar di sekitarnya. Meskipun peraturan yang berlaku mengharuskan jarak tertentu dari komponen rangka kayu dari bahan pemasangan bata, seringkali hal ini tidak dilakukan dalam konstruksi di lapangan. Banyak kebakaran yang dilaporkan sebagai kebakaran cerobong asap, sebenarnya adalah kebakaran struktur yang dipicu oleh panas berlebih yang diderita anggota rangka kayu. Kebakaran struktur ini dapat ditelusuri ke penggunaan normal perapian atau ruang bakar tertutup.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NASD: Wood Stove Maintenance and Operation". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-06-09. Diakses tanggal 2017-09-09.