Apfelschorle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Apfelschorle

Apfelschorle adalah salah satu jenis minuman berkarbon yang sangat terkenal di Negara Jerman. Apfelschorle terdiri dari dua kata yaitu Apfel yang berarti apel dan Schorle, diartikan sebagai minuman berkarbon atau Spritzer. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari apel, air mineral dan soda dengan komposisi 55% hingga 60% jus apel dan sisanya air dan soda. Apfelschorle mengandung sedikit kalori dan kurang manis dibanding jus buah murni. Minuman ini sangat disukai di musim panas oleh masyarakat khususnya olahragawan. Minuman ini telah menjadi gaya hidup di Jerman. Sering digunakan sebagai minuman dalam berbagai acara resmi maupun tidak resmi, dalam keadaan santai atapun berkumpul dengan teman dan keluarga. Selain di Jerman, minuman ini juga berkembang di negara-negara eropa lainnya seperti Austria, Hungaria, Italia, Spanyol, Kroasia dan Inggris.[1] Saat ini, Apfelschorle tersedia dalam berbagai kemasan. Jenis minuman Apfelschorle produk Perusahaan Gerolsteiner dan Bizzl merupakan merk minuman Apfelschorle yang cukup terkenal di Jerman.

Asal-usul istilah[sunting | sunting sumber]

Menurut Kamus Etimologi Duden, kata Schorle atau Schorlemorle pertama kali digunakan pada abad ke 18 untuk menyebutkan Schurlemurle di Lower Bavaria.[2] Schormorle digunakan untuk istilah minuman campuran yang terdiri dari anggur dan air mineral yang berkilau. Menurut para ahli, istilah Schorlemorle kemungkinan merupakan perkembangan istilah bir di abad ke 16. Pada masa itu berkembang istilah Scormorrium di Münster, Schurimuri di Jerman bagian selatan yang berarti "bergairah, sibuk", dan istilah Schurrmurr.

Menurut Kluge, kata Schorlemorle kemungkinan didasarkan pada Bahasa Jerman selatan yaitu Schuren, yang berarti "menggelembung" atau "menyengat".[3] Berbeda dengan pendapat Henning Petershagen yang menafsirkan asal kata ini sebagai "orang gila". Hal ini mengacu pada istilah Belanda yaitu schorriemorrie, yang berarti "ragtag" atau "orang gila". Istilah yang mirip ditemukan dalam Kamus Akademi Kerajaan Spanyol sebagai zurriburri yang berarti "kekacauan". Istilah di Eropa berupa Schurimuri bermakna "kekisruhan". Dalam bahasa Persia maupun Turki dikenal istilah schurmur yang berarti kekacauan atau huru-hara. Terlepas dari perbedaan tafsiran yang berkembang, kata Schorle menjadi istilah baru dan saat ini bermakna minuman bersoda atau minuman berkarbon. Saat ini, jenis minuman Schorle semakin beragam. Minuman Schorle yang awalnya hanya air campur soda, kini dicampur dengan alkohol ataupun jus buah. Minuman schorle yang dicampur alkohol biasanya alkohol jenis wine. Minuman schorle yang dicampur dengan jus buah lebih beragam seperti dicampur dengan lemon, anggur, jeruk dan apel. Di antara campuran schorle dan jus buah tersebut, yang paling diminati masyarakat jerman adalah Apfelschorle.

Khasiat dan Manfaat[sunting | sunting sumber]

Menurut legenda yang berkembang di Jerman pada zaman dahulu, Apfelschorle diduga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Menurut Federal Institute for Drugs and Medical Devices di Berlin, apfelschorle dapat melancarkan buang air besar (BAB), merangsang metabolisme, membantu mencegah batu ginjal dan kekurangan nutrisi mineral, serta dapat membantu pengobatan penyakit kronis. Apfelschorle mengandung sodium, kalium, magnesium, klor, kalsium, asam sulfat, asam karbonat, dan nitrat.[4]

Sebagian besar orang lebih suka menikmati apfelschore dalam kondisi dingin. Beberapa orang terkadang juga mencampur minumannya dengan jus buah lain seperti jeruk, anggur dan lemon. Sebagian lainnya justru mengganti soda dengan alkohol.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warentest, Stiftung. "Apfelschorlen - Nicht wie selbst gemischt - Test - Stiftung Warentest". www.test.de (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2017-10-17. 
  2. ^ Günther., Drosdowski, (1989). Duden Etymologie : Herkunftswörterbuch der deutschen Sprache (edisi ke-2., völlig neu bearbeitete und erw. Aufl). Mannheim: Dudenverlag. ISBN 3411209070. OCLC 21903511. 
  3. ^ 1856-1926., Kluge, Friedrich,; Bernd., Gregor,; Elmar., Seebold, (1989). Etymologisches Wörterbuch der deutschen Sprache (edisi ke-22. Aufl.). Berlin: De Gruyter. ISBN 3110068001. OCLC 20959587. 
  4. ^ "A brief history of Apfelschorle". Toytown Germany (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-19. 
  5. ^ "Apfelschorle made Just like Oma ✔️ ❤️". justlikeoma.com. Diakses tanggal 2017-10-19.