Apem bekuwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Apem bekuwa merupakan makanan khas dari daerah Palembang, Sumatra Selatan. Makanan yang bentuknya mirip dengan serabi Bandung ini, dapat dimakan bersama kuah sehingga dikenal dengan apem bekuwa (apem berkuah). Di daerah Jawa Tengah apem dimakan tanpa kuah.

Apem bekuwa sering dijumpai pada saat upaca-upacara, sehingga tidak setiap hari dapat ditemukan. Apem bekuwa biasa disajikan oleh masyarakat asli Palembang yang merupakan suku bagsa "asal" di Provinsi Sumatra Selatan. Sub suku bangsa Palembang yang lebih dikenal sebagai "Wong Palembang" ini menempati daerah pinggiran kota Palembang, seperti di daerah Plaju dan sekitarnya.

Masyarakat Palembang mengenal adanya dua lapisan utama sebagai peninggalan pengaruh sistem kerajaan pada masa lalu. Lapisan dari golongan priyayi atau bangsawan dikenal dengan lapisan Wong Jeroo), dan dari golongan rakyat biasa yang dikenal dengn Wong Jaboo. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rasyid, Harun Nur (2004-01-01). Ensiklopedi Makanan Tradisional Indonesia (Sumatra). Direktorat Jenderal Kebudayaan.