Apama III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apama III, kadang dikenal sebagai Apame III[1] (bahasa Yunani Kuno: Ἀπάμα, lahir pada sekitar tahun 250 SM, berkembang abad ke-3 dan 2 SM) merupakan seorang putri Yunani dari Dinasti Antigonid.

Apama berasal dari Makedonia Yunani dan keturunan Persia. Ia adalah anak yang lahir dari Raja Demetrius II Aetolikos dan Ratu Stratonike dari Makedon.[1] Kakek neneknya adalah raja Antigonid Antigonos II Gonatas dan Phila, sementara kakek nenek maternalnya adalah raja Seleukia Antiokhos I Soter dan Stratonike dari Suriah. Dari pernikahan kedua ayahandanya, ia memiliki saudara tiri paternal yang lebih muda disebut Filipus V dari Makedon yang pada akhirnya akan berhasil sebagai raja.[2] Apama nama yang sama dengan bibi maternalnya Apama II, yang adalah istri Raja Magas dari Kirene dan ibunda Ratu Ptolemaik Berenike II.[3] Apama lahir dan dibesarkan di Makedonia.

Ayahandanya beraliansi dengan Raja Yunani Anatolia Prusias I dari Bithynia. Apama kemudian menikah dengan Prusias I dan melalui pernikahannya, menjadi Ratu Bithynia.[1] Apama dan Prusias I memiliki seorang putra dan pewaris yang bernama Prusias II dari Bithynia, kadang dikenal sebagai Prusias II Cynegus, Cynegus berarti sang Pemburu.[1]

Suaminya juga merupakan sekutu saudara tirinya, Filipus V. Setelah Filipus V, merebut kota pelabuhan Prusa, suaminya membangun kembali kota itu pada sekitar tahun 202 SM dan menamai kota itu Apamea Myrlea, yang masih menyandang namanya. Menantunya adalah keponakannya yang bernama sama Apama IV. Apama IV adalah salah satu putri dari saudara tirinya dan kemudian menikah dengan putranya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Apame III - Livius". Livius.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 1 October 2017. 
  2. ^ "Demetrius II - Livius". Livius.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-27. Diakses tanggal 1 October 2017. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-16. Diakses tanggal 2010-06-29.