Aoki Shūzō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aoki Shūzō
Menteri Luar Negeri Jepang ke-3
Masa jabatan
1889–1891
Informasi pribadi
Lahir(1844-03-03)3 Maret 1844
Sanyō-Onoda, Prefektur Yamaguchi, Jepang
Meninggal16 Februari 1914(1914-02-16) (umur 69)
Nasu, Prefektur Tochigi, Jepang
KebangsaanJepang
PekerjaanDiplomat, Menteri Luar Negeri Jepang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Aoki Shūzō (青木 周藏, Aoki Shūzō, 3 Maret 1844 – 16 Februari 1914) adalah seorang diplomat dan Menteri Luar Negeri pada zaman Meiji di Jepang.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Viscount Aoki lahir dari keluarga samurai sebagai putra dari fisikawan di domain Chōshū yang sekarang merupakan bagian dari Sanyō Onoda di Prefektur Yamaguchi). Ia mempelajari ilmu pengetahuan dan pengobatan barat (rangaku) di sekolah domain Meirinkan di Hagi, dan di Nagasaki, kemudian ia dikirim dari domain Chōshū menuju ke Jerman untuk mempelajari hukum barat pada 1868. Namun, sementara di Jerman, studi berkisar di wilayah yang sangat luas, dari obat-obatan barat, politik, ilmu militer, dan ekonomi. Dari catatan yang masih hidup, ia belajar bagaimana membuat bir, kertas dan uang kertas, karpet dan permadani dan teknik pengelolaan hutan barat.

Aoki kembali ke Jepang setelah Restorasi Meiji, dan masuk Kementerian Luar Negeri pemerintahan Meiji yang baru pada tahun 1873 sebagai Sekretaris Pertama ke kedutaan Jepang ke Jerman, Belanda dan Austria. Dia kemudian menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Itō pertama dan Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Yamagata pertama. Sementara Menteri Luar Negeri, ia berusaha untuk revisi perjanjian yang tidak setara antara Kekaisaran Jepang dan berbagai negara Eropa, khususnya klausul ekstrateritorial, dan menyatakan keprihatinan atas perluasan timur Kekaisaran Rusia ke Asia timur.

Aoki ditugaskan pada tahun 1888 seorang arsitek dan teman dari Berlin kali, Matsugasaki Tsumunaga, untuk membangun dirinya sebuah villa sebagai resor di Nasu dataran tinggi. Villa ini adalah mahal dipulihkan dalam beberapa tahun terakhir dan masuk daftar Properti Budaya Penting Jepang.[2] Matsugasaki memenangkan Aoki sebagai presiden pertama yang baru didirikan Society of Arsitek Jepang pada tahun 1888[3]

Aoki dipaksa mengundurkan diri sebagai konsekuensi dari Ōtsu Peristiwa 1891, tetapi kembali jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri di bawah pemerintahan Matsukata.

Pada tahun 1894, sebagai duta besar untuk Inggris, Aoki bekerja dengan Menteri Luar Negeri Mutsu Munemitsu terhadap revisi perjanjian tidak setara, berhasil menyimpulkan Perjanjian Anglo-Jepang Dagang dan Navigasi untuk Jepang di London pada 16 Juli 1894.

Kembali ke jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri di bawah pemerintahan Yamagata kedua, Aoki membantu Jepang memperoleh pengakuan sebagai salah satu negara besar oleh dukungan militer dari pasukan Eropa selama Pemberontakan Boxer.

Aoki kemudian diangkat ke Privy Council dan meningkat pada judul untuk shishaku (Viscount).

Pada tahun 1906, ia menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat. Aoki villa di Nasu

Aoki meninggal di rumah negaranya di Nasu, Tochigi prefecture pada tahun 1914.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Aoki menikahi seorang putri dari aristokrat Jerman, Elisabeth von Rhade

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nussbaum, Louis-Frédéric. (2005). "Aoki Shūzō" in Japan Encyclopedia, p. 35, hlm. 35, di Google Books .
  2. ^ Lihat tautan halaman Jepang ini
  3. ^ Lihat Okada

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]