Anwar Abbas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anwar Abbas
Dr. H. Anwar Abbas.jpg
Lahir15 Februari 1955 (umur 65)
Bendera Indonesia Balai Mansiro, Guguak VIII Koto, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
Almamater- Universitas Muhammadiyah Jakarta
- UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
PekerjaanUlama, pengajar
Dikenal atas- Ketua MUI
- Bendahara Umum PP Muhammadiyah

Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. (lahir di Balai Mansiro, Guguak, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat, 15 Februari 1955; umur 65 tahun)[1] adalah seorang pengajar, ulama, dan ahli ekonomi Islam Indonesia. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia periode 2015-2020[2] dan salah satu Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah periode 2015-2020.[3]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pendidikan dan karier[sunting | sunting sumber]

Ia meraih gelar Magister Agama dengan konsentrasi Ekonomi Islam di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Magister Manajemen dari STIE-IPWI Jakarta.[4] Sedangkan gelar Doktor Syariah ia dapatkan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2008.

Anwar Abbas berkarier sebagai dosen tetap PNS Program Studi Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.[4] Ia pernah menjabat Wakil Rektor II dan IV IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Muhammadiyah Jakarta yang sekarang bernama UHAMKA. Anwar juga dipercaya menduduki jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Dalam berorganisasi, Anwar Abbas dipercaya menjabat sebagai salah satu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2010-2015[5] dan Sekretaris Jenderal MUI periode 2015-2020.[2] Ia juga merupakan mantan Bendahara Umum PP Muhammadiyah[6] serta pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Anwar Abbas lahir di Jorong Balai Mansiro, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

  • Bung Hatta dan ekonomi Islam[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]