Anupamaa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anupamaa
GenreDrama
PengembangLeena Gangopadhyay
Ditulis olehBhavna Vyas
SkenarioNamita Vartak
Zama Habib
CeritaBhavna Vyas
SutradaraRomesh Kalra[1]
Pengarah kreatifKetaki Walawalkar
PemeranRupali Ganguly
Sudhanshu Pandey
Madalsa Sharma Chakraborty
Gaurav Khanna
Lagu pembukaAnupamaa
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode1200
Produksi
ProduserRajan Shahi
Deepa Shahi
SinematografiGulshan Shah
PenyuntingSameer Gandhi
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi20–24 menit
Rumah produksiDirector's Kut Productions[2]
Rilis asli
JaringanStar Plus
Rilis13 Juli 2020 (2020-07-13) –
sekarang
Acara terkait
Aai Kuthe Kay Karte
Sreemoyee
Anupama: Namaste America

Anupamaa adalah serial televisi drama India yang tayang perdana pada 13 Juli 2020 di Star Plus dan streaming secara digital di Disney+ Hotstar.[3][4] Diproduksi oleh Rajan Shahi dan Deepa Shahi di bawah rumah produksi Director's Kut Productions, serial ini adalah pembuatan ulang dari serial Bengali milik Star Jalsha, Sreemoyee.[5] Serial ini dibintangi oleh Rupali Ganguly, Sudhanshu Pandey, Madalsa Sharma Chakraborty dan Gaurav Khanna.[6][7]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 184 15 Desember 2022 (2022-12-15) 16 Juni 2023 (2023-6-16) Tayang Perdana ANTV

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

No.Judul
1-100"kehidupan Anupamaa, perilaku keluarganya terhadapnya, dan penipuan Vanraj"

Anupamaa yang diperankan oleh (Rupali Ganguly), adalah seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak yaitu Paritosh (Ashish Mehrotra), Samar (Paras Kalnawat) dan Pakhi (Muskaan Bamne). Anupamaa sangat mementingkan keluarga dan rela berkorban untuk mereka meskipun keluarganya sendiri kerap menghinanya karena hanya sebagai ibu rumah tangga.

Suaminya Anupamaa yaitu Vanraj (Sudhanshu Pandey) diam-diam memiliki hubungan rahasia di luar nikah dengan rekannya, Kavya Gandhi (Madalsa Sharma Chakraborty) selama delapan tahun terakhir dengan menyamar sebagai sahabat Vanraj. Sahabat Anupamaa, Devika yang mengetahui perselingkuhan itu dan memberi tahu Anupamaa tentang hal itu bersama dengan suami Kavya, Aniruddh, tetapi dia menolak untuk mempercayai mereka dan mengungkapkan keyakinannya pada Vanraj dan Kavya. Saat Paritosh dan Kinjal bertunangan, keluarga bersiap untuk Anupamaa dan Vanraj' perayaan ulang tahun perak dan Nandini mengetahui perselingkuhan itu dan memberi tahu Paritosh tentang itu. Tapi dia dimanipulasi oleh Vanraj. Di hari ulang tahun pernikahan, Anupamaa merasa patah hati saat melihat Vanraj dan Kavya menjadi akrab. Dia memutuskan untuk menjalani hidupnya dengan caranya sendiri dan Samar juga memutuskan semua hubungan dengan Vanraj setelah mengetahuinya.
101-200"Selingkuh terungkap di depan keluarga, lamaran Samar kepada Nandini, keputusan Anupamaa untuk menceraikan Vanraj, dan depresi Pakhi"
Semakin banyak orang menyadari perselingkuhannya, Samar jatuh cinta pada Nandini yang awalnya dia tolak dan mereka memutuskan untuk melanjutkan sebagai teman. Rakhi membeberkan perselingkuhannya di depan seluruh keluarga membuat mereka patah hati. Vanraj juga meninggalkan rumah setelah Hasmukh menolak untuk mendukungnya dan keluarganya mengalami krisis keuangan yang membuat Anupamaa mulai bekerja sebagai guru memasak dan menari. Paritosh dan Kinjal kawin lari dan menikah. Sementara, Vanraj mengalami kecelakaan dan mulai menyadari perasaannya pada Anupamaa. Samar juga mengetahui tentang kecelakaan masa lalu Nandini yang membuatnya mandul karena pengangkatan rahimnya dan perasaan tersembunyinya terhadapnya. Saat Vanraj mencoba untuk mengakui cintanya, Anupamaa menegurnya dan dia kembali ke Kavya dan kehilangan pekerjaannya. Maka Anupamaa memutuskan untuk menceraikan Vanraj untuk membebaskan dirinya dari hubungan yang dikurung.
201-300"Awal kisah cinta Samar dan Nandini, pertarungan Anupamaa dengan kanker dan perceraian, kehidupan pasca-perceraian Anupamaa dan Vanraj Shah"

Saat Nandini menyatakan cintanya pada Samar, Kavya dianiaya dan dibawa kembali ke rumah Shah. Samar juga bersumpah untuk memulai "Akademi Tari Anupamaa" untuk memenuhi impiannya, Anupamaa, dan Nandini. Menjelang tanggal perceraian, Vanraj khawatir dia akan kehilangan keluarganya dan Anupamaa meninggalkan surat.

Belakangan Anupamaa mendapat telepon dari Dr. Advait Khanna bahwa Vanraj berada di Blissdom's Wellness Resort of Surat. Di sana, Anupamaa didiagnosis menderita kanker ovarium. Pertunangan Samar dan Nandini dibatalkan setelah kebenaran tentang kemandulan Nandini terungkap dan Anupamaa mendukung mereka. Anupamaa mendesak Vanraj menceraikannya untuk membebaskan dirinya, Kavya juga menceraikan Aniruddh. Dia mulai mempersiapkan pernikahannya dengan Vanraj dan mengancam akan memenjarakan seluruh keluarga dengan tuduhan palsu saat Vanraj melarikan diri dari pernikahan tersebut. Setelah kedatangannya, Anupamaa mengonfrontasinya karena kurang keberanian dan komitmen dan dia menikahi Kavya.

Segera Anupamaa menjalani operasi darurat dan setelah sembuh, semua orang kembali ke Ahmedabad. Hasmukh meminta Anupamaa untuk kembali karena dia akan menjadi bagian integral dari keluarga selamanya yang dia setujui. Saat Kavya dan Anupamaa tinggal di bawah satu atap, masalah muncul dan dia mencoba membuat anggota keluarga menentangnya tetapi gagal total.
301-400"pendirian "Akademi Tari Anupamaa", Kavya menciptakan masalah dalam keluarga, Rohan mengganggu Anupamaa, Samar, dan Nandini, dan kedatangan Anuj Kapadia"

Samar dan Nandini mendirikan "Akademi Tari Anupamaa" dengan gagasan Anupamaa dan kegembiraan keluarga. Tapi Vanraj dan Kavya kehilangan pekerjaan lagi dan Anupamaa menyarankan mereka untuk membuka kafe di akademi tarinya dan menamainya "Leela Ka Café". Kavya mencoba mengubah Pakhi melawan Anupamaa tetapi gagal dan kemudian mengubah Vanraj melawan Anupamaa dan itu berfungsi sebagai Vanraj alih-alih merasa bersyukur, Vanraj mengejek Anupamaa atas bantuannya.

Anuj Kapadia, seorang taipan bisnis NRI dari AS pindah ke India dan ternyata adalah teman satu angkatan Anupamaa dan Devika. Terungkap bahwa Anuj mencintai Anupamaa selama dua puluh enam tahun dan tetap tidak menikah. Dia langsung berteman dengan Samar dan anggota keluarga Shah lainnya setelah dia menyelamatkan yang terakhir dari kecelakaan. Dia memberi Anupamaa kemitraan bisnis untuk proyek masa depannya yang dia setujui dengan dukungan simpatisan dari keluarga. Melihat persahabatan Anupamaa dan Anuj yang tumbuh, Vanraj cemburu.

Sementara itu, Rohan, mantan pacar Nandini, dan kekasih obsesif juga memasuki kembali hidupnya untuk memenangkannya kembali dan menyiksa Samar dan Nandini untuk itu, dan bahkan mencoba membunuh Samar dan Anupamaa. Tapi dia ditemukan oleh Anuj dan meninggalkan hidup mereka karena takut dipenjara karena penipuan ayahnya.
401-500"Anupamaa meninggalkan rumah Shah, Anuj mengaku cinta tak berbalasnya pada Anupamaa, kedatangan Malvika Kapadia, dan Anuj kehilangan bisnisnya"

Seiring berjalannya waktu, Vanraj, Leela, Paritosh, dan Kavya memfitnah Anupamaa karena persahabatannya yang semakin berkembang dengan Anuj. Bosan dengan semua ejekan dan tuduhan mereka, dia meninggalkan rumah dan Samar juga mengikutinya. Mereka mulai tinggal di rumah kontrakan. Kavya dengan licik membuat Anupamaa, Dolly dan Vanraj menandatangani surat-surat properti atas namanya. Anuj mengakui cintanya yang tak terbalas kepada Anupamaa setelah merasa kesal karena beberapa anggota keluarga memfitnahnya, tidak menyadari fakta bahwa Anupamaa tidak sengaja mendengar pengakuannya. Awalnya hancur, Samar dan Gopichandra meyakinkan mereka untuk melanjutkan hubungan mereka sebagai teman. Tapi Leela melewati batasnya dengan mempermalukan Hasmukh secara brutal di depan seluruh keluarga dan dia meninggalkan rumah. Saat mencoba membawanya kembali, Vanraj meminta Kavya untuk meninggalkan rumah Shah bersamanya dan dalam keadaan marah, dia mengungkapkan tentang menipu semua orang dengan menandatangani surat properti atas namanya. Hal ini membuat Vanraj pendendam dan pada hari perayaan ulang tahun pesta emas Hasmukh dan Leela, dia menyerahkan surat cerai kepadanya yang mengejutkan semua orang, tetapi dia menolak untuk menceraikannya dan mengembalikan properti atas nama Hasmukh.

Kemudian Anuj mengalami kecelakaan saat melawan beberapa preman dan Anupamaa mulai menyadari perasaannya padanya. Saat Samar melamar Nandini untuk menikah, Vanraj menandatangani kemitraan bisnis "Vanika Teamworks" dengan seorang gadis bernama Malvika. Namun ternyata dia adalah adik perempuan Anuj dan terungkap bahwa Anuj adalah anak angkat Kapadia yang membuat Vanraj berencana untuk mencuri seluruh Kerajaan Kapadia miliknya melalui Malvika. Seiring berjalannya waktu, terungkap bahwa Anuj' Orang tuanya meninggal dalam kecelakaan lalu lintas karena kesalahannya dan dalam upayanya untuk menyelamatkan Malvika dari pacarnya Akshay, dia menikahkannya tetapi pria itu memukulinya, menyebabkan dia depresi. Kavya pergi yang berujung pada pertengkaran besar antara Samar dan Nandini yang dipicu oleh Vanraj yang bahkan membuat Nandini mempertanyakan karakter Samar serta cinta dan kesetiaannya terhadapnya sehingga membuatnya geram karena tidak mempercayai cintanya. Tapi mereka menghapus kesalahpahaman mereka setelah dia kembali dan Anupamaa menunjuknya di perusahaan Anuj untuk memantau Vanraj sehingga dia tidak menggunakan Malvika untuk kebutuhan egoisnya sendiri. Vanraj memanipulasi Malvika melawan Anuj memimpin Anuj untuk mentransfer seluruh Kerajaan Kapadia atas namanya dan dia memutuskan untuk memulai babak baru dengan Anupamaa dengan bekerja di akademi tarinya.
501-600"Akhir dari kisah cinta Samar dan Nandini, kehamilan Kinjal, pernikahan Anupamaa dan Anuj, Kedatangan keluarga Kapadia"

Pada malam Hari Valentine saat Anupamaa melamar Anuj, Nandini meninggalkan Samar karena rasa tidak amannya terkait pernikahan dan kembali ke AS. Ini membuatnya patah hati dan dia bersumpah untuk tidak pernah percaya pada cinta lagi dan memutuskan untuk fokus pada karir tari dan akademi tari untuk ibunya. Kemudian Shah bersiap untuk merayakan ulang tahun keempat puluh lima Anupamaa dan Kinjal mengungkapkan kehamilannya membuat semua orang bahagia. Tetapi Paritosh menolak untuk bertanggung jawab atas bayi itu dan menyebutnya pertanda buruk yang pada akhirnya menghadapi kemarahan seluruh keluarga dan Samar mengambil tanggung jawab kebapakan atas anak tersebut. Segera Anupamaa mengumumkan keputusannya untuk menikahi Anuj yang membuat Vanraj, Leela, Kavya, Paritosh, Pakhi, dan Rakhi kecewa. Saat ritual pernikahan dimulai, Malvika memecat Vanraj, Kavya, dan Paritosh karena tidak profesional dan Samar meyakinkan Pakhi dan Paritosh untuk menghadiri pernikahan Anupamaa dengan sepenuh hati dan Kavya juga bergabung dengan tim Anupamaa. Menjelang pernikahan, Hasmukh didiagnosis menderita penyakit jantung dan memutuskan untuk menunda operasi hingga menikah dan terungkap ke publik. Dia berjanji untuk menjaga dirinya sendiri, dan ego Vanraj terluka oleh kasih sayang Samar, Pakhi, dan Paritosh yang tumbuh untuk Anuj. Anuj berjanji untuk tetap menjadi sosok ayah dan teman bagi mereka hanya sampai Vanraj tidak datang antara Anupamaa dan anak-anaknya. Malvika kembali ke AS untuk beberapa masalah hukum dan Anuj meminta anak-anak Anupamaa untuk memanggilnya "Teman Anuj". Nanti Anupamaa berjanji bahwa tidak ada yang bisa menghalangi ibu dan anak-anaknya dan mengambil janji sebagai imbalan untuk memahaminya. Kemudian Leela juga bergabung dengan pernikahan dengan sepenuh hati dan Anupamaa dan Anuj menikah dengan cara yang megah. Kemudian Anuj mentransfer otoritas penandatanganan Kerajaan Kapadia ke Anupamaa dan pengantin baru memutuskan untuk mengadopsi seorang yatim piatu bernama Anu dari panti asuhan Mumbai.

Sepupu Anuj, Ankush, tiba bersama istrinya Barkha sementara anak mereka Sara dan Adhik bertemu Samar dan Pakhi. Belakangan terungkap bahwa Barkha menekan Ankush untuk menuntut bagian di Kerajaan Kapadia dan menggunakan Adhik sebagai bonekanya untuk ini.
601-700"Anupamaa-Anuj berurusan dengan perbedaan kelas Shah dan Kapadia, awal cerita Pakhi-Adhik dan ketidakberdayaan Paritosh"

Saat Shah dan Kapadia bertemu di Rumah Kapadia baru untuk pesta pindah rumah, perbedaan muncul karena ketidaksamaan kelas mereka antara ego Vanraj, Barkha, dan Ankush sementara Samar-Sara dan Pakhi-Adhik mulai berteman satu sama lain. Di baby shower Kinjal, terungkap bahwa Pakhi dan Adhik berselingkuh dan Vanraj mencoba mengendalikan Pakhi yang membuatnya memberontak.

Sementara itu, Sara bertekad membeberkan Adhik sebagai playboy dan perselingkuhan masa lalunya di AS di hadapan Anupamaa. Segera Anuj mengetahui tentang kebangkrutan Ankush dan Barkha dan taktik mereka untuk mendapatkan Kerajaan Kapadia dan memenuhi syarat untuk mengasuh Anu dengan Anupamaa. Samar, Pakhi awalnya merasa cemburu tapi akhirnya menerimanya sebagai saudara perempuan mereka sementara Paritosh dan Kinjal mengkhawatirkan anak mereka yang belum lahir. Masalah selanjutnya mulai meningkat ketika Pakhi dan Adhik terus bertemu secara diam-diam dengan bunking college dan Barkha membuat Pakhi memberontak terhadap orang tuanya dengan menawarkan gaya hidup mewah padanya. Anupamaa bersumpah untuk tidak pernah kembali ke rumah Shah setelah Pakhi melewati batas untuk mempermalukannya sementara Sara pindah kembali ke AS untuk studi lebih lanjut.

Segera Anupamaa dan Anuj mengatur Paath Mahamrityunjaya untuk kedua keluarga di mana dia dan Vanraj bertemu dengan kecelakaan mematikan di atas tebing dan Vanraj dianggap bertanggung jawab untuk itu. Anuj mengalami koma dan Kapadia mulai berperilaku buruk dengan Anupamaa dan memfitnahnya karena sifat lembutnya terhadap Shah dan dengan cerdik mengambil kendali atas Kekaisaran Kapadia. Namun, Anuj sadar kembali dan mengklarifikasi bahwa kecelakaan tebing itu hanya kecelakaan saja dan Vanraj berusaha menyelamatkannya tetapi mereka berdua jatuh dari tebing dan mengusir Kapadia dari bisnis Kapadia. Samar juga berdamai dengan Vanraj setelah mengetahui kebenaran dan mulai memanggilnya "Papa" lagi. Sementara Kapadia berkomplot untuk mendapatkan kembali kepercayaan Anuj, Kinjal melahirkan seorang bayi perempuan.

Kemudian Rakhi menangkap Paritosh berselingkuh dengan seorang gadis. Segera Shah mengatur upacara penamaan untuk bayi Kinjal dan menamainya "Aarya" sementara Anupamaa mengetahui tentang perselingkuhan Paritosh. Paritosh memeras Anupamaa untuk tidak mengungkapkan perselingkuhannya tetapi Anupamaa menolak untuk menyerah, mengingat traumanya sendiri dan mengungkapkannya di depan seluruh pos keluarga yang digulingkan Vanraj Paritosh dari Shah ' rumah sementara Kinjal menderita depresi dan pindah ke Kapadia Mansion bersama Aarya. Kemudian Vanraj membawa kembali Paritosh ke rumah Shah dalam keadaan mabuk setelah bertemu Kinjal. Kinjal juga kembali ke rumah Shah karena dia tidak ingin menjadi beban Anupamaa dan Anuj dan memutuskan untuk menceraikan Paritosh dengan alasan perzinahan dan perselingkuhan dan Rakhi mengungkapkan bahwa Pramod juga berselingkuh ketika dia mengandung Kinjal yang mengubahnya menjadi seorang wanita yang kejam. Belakangan, Paritosh memanggil Petugas Asuh untuk mengambil kembali Anu dan menuduh Anupamaa dan Anuj tidak memenuhi tugasnya. Namun,mereka melihat kasih sayang orang tua Anupamaa dan Anuj untuk Anu, dan sebaliknya mereka pergi. Sementara Anuj menampar Paritosh setelah mengetahui perbuatannya. Kemudian Vanraj membawa kembali Paritosh ke rumah Shah dalam keadaan mabuk setelah bertemu Kinjal. Kinjal juga kembali ke rumah Shah karena dia tidak ingin menjadi beban Anupamaa dan Anuj dan memutuskan untuk menceraikan Paritosh dengan alasan perzinahan dan kecurangan dan Rakhi mengungkapkan bahwa Pramod juga berselingkuh ketika dia mengandung Kinjal yang mengubahnya menjadi seorang wanita yang kejam. Belakangan, Paritosh memanggil Petugas Asuh untuk mengambil kembali Anu dan menuduh Anupamaa dan Anuj tidak memenuhi tugasnya. Namun, melihat kasih sayang orang tua terhadap Anupamaa dan Anuj untuk Anu dan sebaliknya mereka pergi sementara Anuj menampar Paritosh setelah mengetahui perbuatannya.
701-800"Pernikahan Pakhi-Adhik dan amukannya, perjuangan Anupamaa melawan pemerkosa Dimple, masalah dalam pernikahan Anupamaa-Anuj"

Tujuh hari kemudian, Shah dan Kapadia merayakan Kanya Puja di rumah masing-masing sementara Samar memutuskan untuk tidak pernah menikah karena trauma hubungannya yang gagal dengan Nandini dan dua perceraian dalam keluarga dan mengungkapkan ketakutannya untuk berakhir seperti Vanraj dan Paritosh. Kemudian kedua keluarga berkumpul untuk merayakan acara Garba. Sementara Paritosh menjadi psikopat untuk Kinjal dan Aarya, dan memutuskan untuk membalas dendam pada Anupamaa. Kemudian Kinjal memutuskan untuk memberikan kesempatan kedua kepada Paritosh demi Aarya dan dia pergi ke pusat rehabilitasi untuk mengendalikan masalah amarahnya.

Segera wanita dan pria merencanakan hari-hari terpisah mereka sementara Pakhi juga melakukan perjalanan rahasia dengan Adhik dan kebetulan tinggal di resor yang sama tempat para wanita menginap dan bertemu dengan Anupamaa.

Sementara Leela dan Vanraj menjadi lebih tegas dan membuat Pakhi lebih memberontak tentang keputusannya untuk menikahi Adhik, yang terakhir mengungkapkan niatnya yang sebenarnya kepada Anuj saat dia dengan tulus mulai mencintai Pakhi setelah melihat cintanya yang membuatnya mengubah dirinya sendiri. Belakangan, Anuj membuat Anupamaa terdaftar dalam kursus diploma literasi keuangan tiga bulan sementara Pakhi dan Adhik kawin lari yang menyebabkan mantan tidak diakui oleh Vanraj. Kemudian Paritosh kembali dari rehabilitasi dan semua orang menyetujui pernikahan ritual yang layak untuk Pakhi dan Adhik atas desakan Anuj.

Sementara Barkha terus menyalahgunakan sifat serakah Pakhi dengan memengaruhinya melawan Anupamaa sampai-sampai Anupamaa menampar dan menendang Pakhi dan Adhik keluar dari Kapadia Mansion dan mendesak mereka untuk memulai hidup sendiri. Sebagai balas dendam, Pakhi pindah ke rumah Nandini di Shah' s lingkungan untuk menyusahkan mereka dengan tuntutannya yang tidak perlu. Frustrasi dengan drama yang terjadi di pernikahan Pakhi, Anupamaa pergi berlibur dengan Anuj dan bertemu Nirmit dan Dimple yang kawin lari dan menikah dan pergi ke rumah Nirmit karena keluarganya menerima pernikahan mereka. Namun beberapa preman menguntit keempat orang itu dan memperkosa Dimple setelah menjatuhkan tiga lainnya. Takut menghadapi keluarganya Nirmit meninggalkan Dimple sementara yang terakhir memutuskan untuk berjuang sendiri. Pelaku Dimple mengancam kedua keluarga karena mendukungnya tetapi dia berhasil mendapatkan keadilan untuk dirinya sendiri sementara Pakhi mulai membuat ulah pada Adhik menyebabkan Adhik memutuskan untuk menceraikannya. Namun dia mengubah dirinya sendiri dan dia memberikan kesempatan kedua untuk pernikahan mereka sementara Anupamaa menyulap antara tanggung jawabnya terhadap Aarya dan Anu membuat masalah dalam kehidupan pernikahannya dengan Anuj.
801-900"Kedatangan ibu kandung Anu Uttara alias Maya, Paritosh menderita Kelumpuhan dan perpisahan Anupamaa dan Anuj karena Maya"

Anuj mengabaikan Anupamaa karena sepenuhnya berinvestasi dalam menyelesaikan masalah Syah; sahabatnya Dheeraj membantunya mengakui sudut pandang Anupamaa dan memintanya untuk memahaminya. Anu, yang pulang dari perjalanannya, memberi tahu Anupamaa dan Anuj tentang "temannya" Maya, yang merawatnya selama sakit. Maya bertemu Anupamaa-Anuj, memberi tahu mereka tentang Anu sebagai putri kandungnya dan memberi tahu mereka bahwa dia datang untuk membawa putrinya pergi. Vanraj menolak tawaran pekerjaan di Delhi, meninggalkan kariernya dan Kavya yang cemerlang, membuat Kavya kesal, yang mengambil tugas modeling tetapi Vanraj mengurangi pekerjaannya dan iri pada persahabatannya dengan Mohit, seorang fotografer. Paritosh terjun ke bisnis dan melakukan penipuan, yang diselesaikan oleh Vanraj. Barkha mengungkapkan kepada Anuj dan Anupamaa bahwa Ankush memiliki seorang putra remaja dari minat perselingkuhannya. Ankush menemukan bahwa Maya adalah seorang pelacur dan menghadapkannya di depan keluarga, mempertanyakan kemampuannya menjadi ibu yang baik bagi Anu. Berkecil hati, Maya, yang nama aslinya diungkapkan sebagai Uttara, menceritakan masa lalunya yang tragis: dia ditipu, dijual oleh suaminya dan dipaksa menjadi pelacur meskipun ada protes terus-menerus; Anu adalah putrinya dari salah satu kliennya. Untuk melindungi putrinya, dia mendaratkan Anu di panti asuhan, melarikan diri dan mengejar karirnya, mendirikan perusahaan manajemen acara setelah lulus dan mendukung para model, mencegah mereka menemui takdir yang kejam seperti dirinya. Dia juga membocorkan bahwa dia mengalami kecelakaan mematikan saat mencoba mengambil putrinya dari panti asuhan, yang mengakibatkan Anupamaa dan Anuj membawanya ke Ahmedabad untuk diasuh. Akhirnya, Maya mulai mencintai Anuj sementara Paritosh menderita stroke lumpuh, mendorong Anupamaa mengabdikan dirinya untuk kesembuhannya.

Ketidakamanan Vanraj menyebabkan Kavya dipecat dari tugas modelingnya sementara Maya mencoba menarik perhatian Anuj meski Barkha sudah memperingatkan. Kavya memastikan obsesi Maya terhadap Anuj dan mengungkapkannya selama perayaan Mahashivratri; marah, Anupamaa mengusir Maya dari rumah. Pada hari ulang tahun Anupamaa, Maya memengaruhi Anu, yang setuju untuk pergi bersamanya, untuk mencegah Anupamaa dan Anuj saling berdebat tentang dirinya. Anuj menyalahkan Anupamaa atas kepergian Anu, meninggalkannya dan pergi ke Mumbai untuk tinggal bersama Anu sementara Anupamaa yang hancur pindah ke rumah ibunya. Oportunistik, Barkha mengambil alih Kekaisaran Kapadia, memanipulasi Adhik untuk membantunya dan memaksa Dimple untuk menuntut akademi untuk dirinya sendiri dan Samar, yang telah menjadi pasangan, dari Anupamaa, yang mendirikan akademi sendiri. Samar dan Dimple berperilaku buruk dengan Shah karena mereka menentang hubungan mereka. Pakhi menolak Barkha untuk mengatur Kerajaan Kapadia dan rumah tangganya.
901-1,000"Anupamaa bertemu Malati Devi, pernikahan Samar dan Dimple, kehamilan Kavya, Anupamaa melanggar kontrak Malati Devi akibat kematian Maya membuat Malati Devi menghancurkan keluarganya"
Keluarga Shah menyetujui pernikahan Samar dan Dimple setelah bertengkar hebat dengan keduanya, Pakhi pergi ke Mumbai untuk membuat Anuj menyadari kesalahannya dan meyakinkannya untuk kembali ke Ahmedabad bersama Anu. Hal ini mengubah Maya menjadi psikopat dan berencana menghentikan Anuj sementara Adhik mulai berperilaku buruk dengan Pakhi karena manipulasi Barkha. Segera Kavya pindah dari rumah Shah untuk fokus pada karirnya sementara Vanraj menderita serangan jantung. Kinjal mendaftarkan nama Anupamaa ke Gurukul Malati Devi, di mana Anupamaa diminta menandatangani kontrak untuk pergi ke AS guna mencapai mimpinya yang langsung dia setujui. Persiapan pernikahan Samar dan Dimple terhenti selama satu bulan ketika Vanraj menderita serangan jantung. Setelah kesembuhannya, keluarga mulai mempersiapkan acara pernikahan sementara Anuj juga kembali bersama Maya dan Anu yang sekarang membenci Anupamaa. Kavya menghadiri pernikahan dan mengungkapkan kehamilannya yang mudah diterima oleh Vanraj sementara Anuj mengungkapkan tentang kondisi mental Maya yang menjadi alasan dia tidak kembali ke Anupamaa dan meminta kesempatan kedua yang dia tolak. Samar dan Dimple menikah sementara Malati Devi menjadikan Anupamaa penerus akademinya membuat Nakul marah. Segera Nakul menyadari kesalahannya sementara Shahs dan Kapadias mengucapkan selamat tinggal pada Anupamaa di rumah masing-masing. Maya membuat keributan di Rumah Kapadia saat perpisahan Anupamaa dan kemudian berubah pikiran dan mati saat menyelamatkan Anupamaa dari truk yang melaju kencang. Anu mulai menderita serangan panik pasca kematian Maya sehingga Anupamaa melanggar kontrak Malati Devi yang mengancam akan menghancurkan hidup Anupamaa dan menyegel akademi pertama Anupamaa yang menyebabkan Samar dan Dimple menandatangani kontraknya. Sementara itu Kavya mengungkapkan bahwa Aniruddh adalah ayah dari anaknya yang belum lahir.
1,001–1,100"Kedatangan anak haram Ankush, Romil Kapadia, Rahasia hubungan Anuj dan Malati Devi, kehamilan Dimple dan kematian Samar, Kedatangan Tapesh"
Segera Ankush membawa anak haramnya Romil ke Rumah Kapadia sementara Adhik mulai melecehkan Pakhi baik secara fisik maupun mental. Karena kebiasaan Dimple yang terus-menerus berkelahi dengan keluarga Shah, Anupamaa membagi rumah Shah antara Samar-Dimple dan yang lainnya. Persaingan segera terjadi antara Romil dan Adhik ketika mantan saksi yang terakhir memukuli Pakhi dan mengungkapkannya di depan keluarga Kapadia. Adhik yang marah mulai menyiksa Pakhi dan mengambil keuntungan dari pembelaannya. Sementara Kavya mengungkapkan kebenaran bahwa Aniruddh adalah ayah dari anaknya yang belum lahir yang membuat marah Leela, Barkha dan Adhik secara salah menuduh Romil mencuri uang. Terukir, Romil menculik Pakhi, yang hilang namun ditemukan oleh Malti Devi. Pakhi memaafkan Romil, menjadikannya saudara angkatnya. Malti Devi menderita amnesia parsial dan merupakan ibu kandung Anuj, tapi dia menolaknya. Dimple mengungkapkan kehamilannya, mengakhiri pembagian rumah. Segera semua orang memutuskan untuk merayakan kehamilan Dimple dan anggota keluarga laki-laki pergi ke restoran di mana mereka bentrok dengan Shivansh yang nakal yang berperilaku buruk dengan seorang gadis dan terlibat pertengkaran sengit dengan Anuj. Kemudian Samar meninggal saat menyelamatkan Anuj dari tembakan Shivansh. Vanraj menderita PTSD sementara Anupamaa menjauhkan diri dari Anuj. Malti Devi segera kembali ke rumah Kapadia sementara Kinjal-Paritosh dan Pakhi-Adhik memutuskan untuk menahan diri dari pengaduan polisi yang diajukan oleh Anupamaa dan mantan pasangan itu ingin pindah ke Inggris demi keselamatan Aarya karena ayah Shivansh, Suresh, mengancam mereka sementara Pakhi dinyatakan tidak subur. Namun Anupamaa berhasil memberikan keadilan kepada Samar dengan membuat Shivansh menyerah atas kejahatannya. Kemudian Dimple bertemu dengan penari Tapesh dan berselisih dengannya saat dia menjalin ikatan baik dengan Anupamaa yang menawarinya pekerjaan di akademinya yang tidak disukai Dimple.
1,001–1,139"Kedatangan Anak Haram Ankush Romil Kapadia, Rahasia Hubungan Anuj dan Malti Devi, Kehamilan Dimple dan Kematian Samar, Kedatangan Tapesh, kelakuan aneh Vanraj, Malti Devi menghasut Anu melawan Anupama, kecemburuan dan perilaku kasar Anu, Anu membenci Anupamaa, perpisahan Anupamaa-Anuj"

Segera Ankush membawa anak haramnya Romil ke Rumah Kapadia sementara Adhik mulai melecehkan Pakhi baik secara fisik maupun mental. Karena kebiasaan Dimple yang terus-menerus berkelahi dengan keluarga Shah, Anupamaa membagi rumah Shah antara Samar-Dimple dan yang lainnya. Persaingan segera terjadi antara Romil dan Adhik saat Romil menyaksikan Adhik mengalahkan Pakhi dan mengungkapkannya di depan Kapadias. Adhik yang marah mulai menyiksa Pakhi dan mengambil keuntungan dari Pakhi yang membelanya. Kavya mengungkapkan kebenaran Aniruddh sebagai ayah dari anaknya yang belum lahir membuat Leela marah tetapi Vanraj menerima anak itu dan akhirnya, Leela juga memaafkannya. Barkha dan Adhik secara salah menuduh Romil mencuri uang. Marah, Romil menculik Pakhi, yang hilang namun ditemukan oleh Malti Devi. Pakhi memaafkan Romil, menjadikannya saudara angkatnya. Malti Devi mengalami amnesia parsial dan telah kehilangan segalanya termasuk Gurukul, dan diturunkan menjadi ibu kandung Anuj, namun dia menolaknya.

Dimple mengungkapkan kehamilannya, mengakhiri pembagian rumah. Segera semua orang memutuskan untuk merayakan kehamilan Dimple dan anggota keluarga laki-laki pergi ke restoran tempat mereka bentrok dengan Shivansh yang nakal yang berperilaku buruk dengan seorang gadis dan bertengkar sengit dengan Anuj. Kemudian Samar meninggal saat menyelamatkan Anuj dari tembakan Shivansh. Vanraj menderita PTSD sementara Anupamaa menjauhkan diri dari Anuj. Malti Devi segera kembali ke rumah Kapadia sementara Kinjal-Paritosh dan Pakhi-Adhik memutuskan untuk menahan diri dari pengaduan polisi yang diajukan oleh Anupamaa dan mantan pasangan itu ingin pindah ke Inggris demi keselamatan Aarya karena ayah Shivansh, Suresh, mengancam mereka sementara Pakhi dinyatakan tidak subur. Namun, Anupamaa berhasil memberikan keadilan kepada Samar dengan membuat Shivansh menyerah atas kejahatannya. Kemudian Dimple bertemu dengan penari Tapesh dan berselisih dengannya sementara dia menjalin ikatan baik dengan Anupamaa yang menawarinya pekerjaan di akademinya yang tidak disukai Dimple.

Vanraj pergi ke pusat rehabilitasi untuk perawatan karena keterkejutannya atas kematian Samar sementara Leela kesal melihat Dimple dan Tapesh bersama di akademi dan jatuh sakit. Segera Kinjal dan Paritosh pindah ke Inggris sementara Anuj membawa Leela dan Hasmukh ke rumah Kapadia untuk merawat mereka. Dimple dan Tapesh berteman, tetapi video MMS palsu mereka bocor dan Vanraj kembali dan membawa Leela dan Hasmukh kembali ke Rumah Shah dan melarang Dimple bertemu Tapesh yang membuatnya marah. Malti Devi dan Barkha mulai berkomplot melawan Anupamaa dengan menghasut Anu yang mulai menindas teman-teman sekelasnya dan berperilaku buruk dengan Anupamaa sementara Vanraj menolak bayi Kavya, menuntunnya mencari rumah baru. Segera Pakhi mengetahui bahwa dia bisa menjadi seorang ibu melalui IVF, namun mulai meracuni pikiran Vanraj dan Anu terhadap Dimple dan Anupamaa. Kemudian, Vanraj kembali ke dirinya yang dulu dan memberitahu Anupamaa untuk tidak mengunjungi Rumah Shah lagi sementara Pakhi kembali ke rumah Shah.

Kemudian, Kinjal dan Paritosh kembali dari UK untuk merayakan ulang tahun ke-2 Aarya. Vanraj mengadakan pesta ulang tahun akbar untuk Aarya yang juga dihadiri Anupamaa. Vanraj menghinanya dan Anupamaa terpaksa pergi dari sana. Anuj dan Kanta memberitahunya untuk tidak mencampuri urusan keluarga Shah karena dia bukan bagian dari keluarga lagi, saat mereka mencoba menjelaskan hal ini kepadanya, tapi dia tidak mendengarkan mereka. Belakangan, Kavya memutuskan hubungan dengan Vanraj dan meninggalkan rumah untuk selamanya. Keesokan harinya, Kinjal, Anupamaa, Anu, dan Aarya pergi piknik. Saat kembali, mobil tersebut mengalami kecelakaan dan tergantung di tebing. Anupamaa menyelamatkan Kinjal, Aarya dan menyelamatkan Anu pada akhirnya. Vanraj menyalahkan Anupamaa atas kecelakaan itu dan dia meninggalkan rumah. Belakangan, Anuj dan Anu akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Anupamaa, serta fakta bahwa mereka sekarang membencinya karena selalu memprioritaskan Shah daripada mereka. Menyadari pernikahannya hancur total, Anupamaa memutuskan untuk menceraikan Anuj dan pergi.
1,140-present"5 tahun kemudian, Anupamaa mengunjungi USA dan mendapat pekerjaan di restoran "Spice and Chutney", Anu menjadi Aadhya, Kehidupan Anuj dan Aadhya di AS bersama tunangannya Shruti Ahuja, Kedatangan saudara laki-laki Yashpal, Yashdeep"

5 Tahun Kemudian

Setelah kematian Kanta, Anupamaa sekarang hidup dalam penyamaran di Vadodara dengan nama samaran "Joshi Ben" dan menjalankan saluran memasak bernama "Joshi Ben Ki Rasoi" yang menjadi terkenal karena resep Kathiyawadi-nya, yang dia kirimkan ke rumah jompo. Sementara itu, Vanraj telah menjadi pengusaha sukses dan Kavya telah melahirkan putrinya Mahi yang tinggal di sebuah asrama di Ooty sementara Dimple telah menyerah pada mimpinya dan diperlakukan buruk seperti Anupamaa setelah melahirkan seorang putra bernama Ansh yang terlalu dimanjakan oleh Vanraj dan Leela. Paritosh, Kinjal dan Aarya kini menetap di AS dan belum kembali sejak kejadian tersebut, sementara Pakhi telah menceraikan Adhik dan membesarkan putrinya Ishani sendirian di Delhi. Devika tiba di tempat Anupamaa dan memberinya kepercayaan diri untuk mengunjungi Amerika dan mulai bekerja di sana. Anupamaa mencapai New York, secara mengejutkan mengetahui bahwa tempat kerjanya telah ditutup.

Sementara itu, Anuj telah menjual Kerajaan Kapadia dan pindah ke New York bersama Anu, yang dia ubah namanya menjadi Aadhya Kapadia dan telah mendirikan perusahaan manajemen acara yang sukses. Beberapa perampok merampok barang bawaan Anupamaa dan dia meminta pekerjaan di restoran "Spice and Chutney", di mana Anupamaa bertemu dengan pasangan dan tunangan Anuj, Shruti Ahuja, yang merupakan seorang fotografer, yang langsung berteman dengannya. Aadhya terkejut melihat Anupamaa di Amerika dan bersumpah untuk menjauhkannya dari dirinya dan kehidupan Anuj, sementara Tapesh mengakui perasaannya terhadap Dimple di depan Vanraj. Pakhi pindah ke Ahmedabad dan menahan Adhik untuk bertemu Ishani. Shruti memanggil Anupamaa ke rumahnya untuk menyiapkan makanan Gujarati untuk pesta Aadhya. Aadhya khawatir melihat Anupamaa dan saat Anupamaa menari, Aadhya mendapat serangan panik.

Saat Anupamaa pergi ke restoran, Yashpal memecatnya, tapi kemudian ibu Yashpal membawa Anupamaa kembali. Anuj memperhatikan Anupamaa di dalam taksi dan mengalami kecelakaan saat mencoba menemuinya. Anupamaa bertemu Aarya dan Paritosh di AS setelah 5 tahun, tapi Paritosh mengabaikannya. Tapesh menyelamatkan Baa dari pencuri dan beristirahat di Rumah Shah, sementara Kavya membawa pulang Mahi, selama festival Makar Sankranti.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Rupali Ganguly sebagai Anupamaa "Anu" Joshi: putri Kanta; saudara perempuan Bhavesh; Mantan istri Vanraj dan Anuj; ibu Paritosh, Samar dan Pakhi; ibu angkat Aadhya; nenek Aarya, Ansh dan Ishani (2020–sekarang)
  • Sudhanshu Pandey sebagai Vanraj Shah: putra Leela dan Hasmukh; saudara laki-laki Dolly; Mantan suami Anupamaa; suami Kavya; ayah Paritosh, Samar dan Pakhi; ayah tiri Mahi; Aarya, kakek Ansh dan Ishani (2020–sekarang)
  • Madalsa Sharma Chakraborty sebagai Kavya Shah: bibi Nandini; Mantan istri Aniruddh; istri Vanraj; Ibu Mahi (2020–sekarang)
  • Gaurav Khanna sebagai Anuj "AK" Kapadia: Seorang mantan taipan bisnis yang menjadi manajer acara; putra Malti Devi; anak angkat Gopichand; saudara angkat Malvika; Sepupu angkat Ankush; Mantan suami Anupamaa; tunangan Shruti; Ayah angkat Aadhya (2021–sekarang)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Paras Kalnawat / Sagar Parekh sebagai Samar "Bakuda" Shah: Seorang penari dan mantan guru Akademi Tari Anupamaa; Putra bungsu Anupamaa dan Vanraj; Saudara laki-laki Paritosh dan Pakhi; Saudara tiri Mahi; Mantan kekasih Nandini; Suami Dimple; ayah Ansh (2020–2022) / (2022–2023) (meninggal)
  • Aashish Mehrotra sebagai Paritosh "Toshu" Shah: Putra sulung Anupamaa dan Vanraj; Saudara tiri Mahi; Saudara laki-laki Samar dan Pakhi; Suami Kinjal; Ayah Aarya (2020–sekarang)
  • Muskan Bamne / Chandni Bhagwanani sebagai Pakhi "Manis" Shah Mehta: Putri Anupamaa dan Vanraj; Saudara perempuan Paritosh dan Samar; saudara tiri Mahi; mantan istri Adhik; ibu Ishani (2020–2023) / (2024–sekarang)
  • Alpana Buch sebagai Leela Shah alias Baa: Saudara perempuan Jignesh; Istri Hasmukh; Ibu Vanraj dan Dolly; Nenek Paritosh, Samar, Pakhi dan Meenali; nenek tiri Mahi; nenek buyut Aarya, Ansh dan Ishani (2020–sekarang)
  • Arvind Vaidya sebagai Hasmukh Shah alias Bapuji: Suami Leela; Ayah Vanraj dan Dolly; Kakek Paritosh, Samar, Pakhi, dan Meenali; Kakek tiri Mahi; Kakek buyut Aarya, Ansh dan Ishani (2020–sekarang)
  • Jasveer Kaur sebagai Devika Mehta: Sahabat Anupamaa (2020–sekarang)
  • Madhavi Gogate / Savita Prabhune sebagai Kanta Joshi: Ibu Anupamaa dan Bhavesh; Nenek Paritosh, Samar, Pakhi dan Nihar; nenek angkat Aadhya; nenek buyut Aarya, Ansh dan Ishani (2020–2021) / (2021–2023) (meninggal)
  • Mehul Nisar sebagai Bhavesh Joshi: putra Kanta; Saudara laki-laki Anupamaa; Ayah Nihar (2020–2021, 2022–2023)
  • Yachit Sharma sebagai Nihar Joshi: Putra Bhavesh; Sepupu Paritosh, Samar dan Pakhi (2020)
  • Ekta Saraiya sebagai Dolly Shah Dhamecha: Putri Leela dan Hasmukh; Saudara perempuan Vanraj; Istri Sanjay; Ibu Meenali (2020–2023)
  • Paresh Bhatt sebagai Sanjay Dhamecha: Suami Dolly; Ayah Meenali (2020–2022)
  • Lavishka Gupta / Stuti Zakarde sebagai Meenali "Meenu" Dhamecha: Putri Dolly dan Sanjay; Sepupu Paritosh, Samar dan Pakhi; Sepupu tiri Mahi (2020) / (2020–2022; 2023)
  • Shekhar Shukla sebagai Jignesh alias Mamaji: Saudara laki-laki Leela; Paman Vanraj dan Dolly (2020–2022)
  • Payal Nair sebagai Parul Sharma: Mantan saudara ipar Devika; Kepala sekolah Pakhi (2020–2021)
  • Bhakti Chauhan sebagai Jhilmil: Ibu Gudiya; Mantan pembantu rumah tangga keluarga Shah (2020)
  • Nidhi Shah sebagai Kinjal "Kinju" Dave Shah: Putri Rakhi dan Pramod; Istri Paritosh; Ibu Aarya (2020–sekarang)
  • Tasneem Sheikh sebagai Rakhi Dave: Istri Pramod; Ibu Kinjal; Nenek Aarya (2020–2023)
  • Farooq Saeed sebagai Pramod Dave: Suami Rakhi; Ayah Kinjal; Kakek Aarya (2020)
  • Rushad Rana sebagai Aniruddh Gandhi: Mantan suami Kavya; ayah Mahi (2020–2021; 2023)
  • Anagha Bhosale sebagai Nandini "Nandu" Iyer: Seorang penari dan mantan guru Akademi Tari Anupamaa; Keponakan Kavya; Mantan kekasih Rohan dan Samar (2020–2022)
  • Tulika Patel sebagai Kaamini: Keponakan ipar Leela (2020)
  • Vivan Singh Rajput sebagai Siddharth "Sid" Desai: Teman sekelas psikopat Pakhi yang memerasnya (2020)
  • Riyaz Panjwani sebagai Tuan Dholakia: Mantan bos Vanraj, Kavya, dan Kinjal yang mencoba menganiaya Kinjal. (2020, 2021)
  • Arup Pal sebagai CEO: CEO baru kantor Vanraj (2020, 2021)
  • Parull Chaudhary sebagai Dr. Mona Chopra: Psikiater Pakhi (2021)
  • Apurva Agnihotri sebagai Dr. Advait "Adi" Khanna: Pemilik Resor Kesehatan Blissdom; Dokter dan Mentor Anupamaa (2021)
  • Sunita Rai sebagai Mansi Jain: Kritikus makanan di kafe Vanraj (2021)
  • Kiara Khantwal sebagai Kiara: Blogger video di kafe Vanraj (2021)
  • Deepak Gheewala sebagai Gopichand "GK" Karodia: Pembantu rumah tangga dan ayah angkat Anuj dan Malvika; Sahabat Hasmukh (2021–2022)
  • Varun Sharma sebagai Rohan: mantan pacar Nandini dan kekasih obsesif (2021)
  • Aneri Vajani sebagai Malvika "Mukku" Kapadia: Putri angkat Gopichandra; Saudara perempuan angkat Anuj; Sepupu Ankush; Mantan mitra bisnis Vanraj (2021–2022)
  • Rohit Bakshi sebagai Ankush Kapadia: Sepupu Malvika; Sepupu angkat Anuj; Suami Barkha; Ayah Sara dan Romil (2022–sekarang)
  • Ashlesha Sawant sebagai Barkha Mehta Kapadia: Saudara perempuan dan ibu angkat Adhik; Istri Ankush; Ibu Sara; Ibu tiri Romil (2022–sekarang)
  • Alma Hussein sebagai Sara Kapadia: Putri Ankush dan Barkha; Saudara tiri Romil; Sahabat Samar (2022)
  • Adhik Mehta sebagai Adhik Mehta: Saudara laki-laki Barkha; Anak angkat Ankush dan Barkha; mantan suami Pakhi; ayah Ishani (2022–sekarang)
  • Nishi Saxena sebagai Dimple "Dimpy" Shah: Seorang penari dan guru Akademi Tari Anupamaa; Mantan istri Nirmit; Janda Samar; ibu Ansh; Teman Tapesh (2022–sekarang)
  • Rishabh Jaiswal sebagai Nirmit: Mantan suami Dimple (2022)
  • Nitesh Pandey sebagai Dheeraj Kapoor: Sahabat Anuj (2023)
  • Amit Pachori sebagai Mohit: Fotografer model Kavya (2023)
  • Chhavi Pandey sebagai Uttara alias Maya: Putri pendeta; Mantan pelacur; Ibu Anu; Mantan kekasih sepihak Anuj yang obsesif (2023) (meninggal)
  • Renuka Sharma sebagai Sushma: Mantan pelacur dan teman Maya (2023)
  • Mahi Soni / Yashti Pamnani sebagai Bhairavi: Siswa di Akademi Tari Anupamaa (2023) / (2023)
  • Apara Mehta sebagai Gurumaa Malati Devi: Pemilik Gurukul; Ibu Anuj; Nenek angkat Anu; Guru tari Anupamaa; Nenek angkat Aadhya (2023)
  • Aman Maheshwari sebagai Nakul: murid dan kaki tangan Malati (2023)
  • Viraj Kapoor sebagai Romil Kapadia: Anak haram Ankush; Anak tiri Barkha; Saudara tiri Sara (2023–sekarang)
  • Lovish Saini sebagai Shivansh "Sonu" Rathore: Putra Suresh; Orang jahat; Pembunuh Samar (2023)
  • Kumar Hegde sebagai Suresh Rathore: Seorang politisi; Ayah Shivansh (2023)
  • Kunwar Amar sebagai Tapesh alias Titu: Penari dan guru di Akademi Tari Anupamaa; Teman Dimple (2023–sekarang)
  • Trishaan Shah sebagai Ansh Shah: putra Samar dan Dimple; Sepupu Aarya dan Ishani (2023–sekarang)
  • Aurra Bhatnagar Badoni sebagai Aadhya "Choti Anu" Kapadia: putri Maya; Putri angkat Anupamaa dan Anuj (2023–sekarang)
    • Asmi Deo sebagai Anu kecil (2022–2023)
  • Sukirti Kandpal sebagai Shruti Ahuja: Seorang fotografer; tunangan Anuj; Wali Aadhya (2023–sekarang)
  • Rituraj Singh sebagai Yashpal Kaur: Pemilik restoran "Spice and Chutney"; Bos Anupamaa dan Vikram; Putra sulung Manjeet; Saudara laki-laki Yashdeep (2023–sekarang)
  • Sunny Sadhwani sebagai Vikram: Koki di restoran "Spice and Chutney"; Sahabat Anupamaa (2023–sekarang)
  • Aadhya Barot sebagai Ishani Mehta: Putri Pakhi dan Adhik; sepupu Sara, Aarya dan Ansh (2024–sekarang)
  • Dishi Duggal sebagai Manjeet Kaur: Ibu Yashpal dan Yashdeep (2024–sekarang)
  • Princy Prajapati sebagai Aarya "Pari/Angel" Shah: Putri Kinjal dan Paritosh; Sepupu Ansh dan Ishani (2024–sekarang)
  • Pahal Chaudhary sebagai Mahi: Putri Kavya dan Anirudh; putri tiri Vanraj; saudara tiri Paritosh, Samar dan Pakhi (2024–sekarang)
  • Vaquar Shaikh sebagai Yashdeep "Deepu" Kaur: Seorang perwira militer; Putra bungsu Manjeet; Saudara laki-laki Yashpal (2024–sekarang)

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

Tahun Aktor Penampilan
2021 Ajay Devgn Untuk mempromosikan Bhuj: The Pride of India
Sara Ali Khan sebagai Rinku Suryavanshi untuk mempromosikan Atrangi Re
2021, 2022 Pranali Rathod sebagai Akshara Goenka untuk mempromosikan lompatan generasi dan jalur pertunangannya dari Yeh Rishta Kya Kehlata Hai
2022 Harshad Chopda sebagai Dr. Abhimanyu Birla
Karishma Sawant sebagai Dr. Aarohi Goenka
Mayank Arora sebagai Kairav Goenka
Sharan Anandani sebagai Vansh Goenka
Swati Chitnis sebagai Suhasini Goenka
Niyati Joshi sebagai Swarna Goenka
Sachin Tyagi sebagai Manish Goenka
Ali Hassan sebagai Akhilesh Goenka
Ami Trivedi sebagai Manjari Birla
Vinay Jain sebagai Dr. Harshvardhan Birla
Paras Priyadarshan sebagai Neil Birla
Pragati Mehra sebagai Dr. Mahima Birla
Ashish Nayyar sebagai Dr. Anand Birla
Neeraj Goswami sebagai Dr. Parth Birla
Nisha Nagpal sebagai Shefali Birla
Niharika Chouksey sebagai Nishtha Birla
Mika Singh sebagai teman Anuj untuk upacara Mehndi dan Sangeet Anupamaa-Anuj, dan untuk mempromosikan Swayamvar – Mika Di Vohti
Ulka Gupta sebagai Banni untuk mempromosikan Banni Chow Home Delivery

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2020, Rajan Shahi, produser dari Aai Kuthe Kay Karte, mengumumkan rencananya untuk memproduksi remake Hindi-nya, Anupamaa , dengan menyatakan, "Konsep menarik seputar perjalanan seorang ibu ini sangat menginspirasi sehingga Star ingin membawanya dalam bahasa Hindi juga".

Pada awal Agustus 2020, pemeran serial ini merekam lagu khusus untuk urutan Raksha Bandhan berjudul "Aaj Rakhi Nau Tyohaar Chhe" (terjemahan = Hari ini adalah festival Raksha Bandhan) dalam perpaduan Gujarati, Hindi, dan Inggris

Seri Prekuel[sunting | sunting sumber]

Seri web prekuel sebelas episode Anupama: Namaste America dirilis di Disney+ Hotstar pada 25 April 2022. Kisah ini berlatar setelah sepuluh tahun pernikahan Anupamaa dan Vanraj pada tahun 2005.

Episode Crossover[sunting | sunting sumber]

Dari 26 Maret 2022 hingga 28 Maret 2022, Anupamaa bertemu dengan Yeh Rishta Kya Kehlata Hai, di mana Anupamaa menghadiri pertunangan Akshara dan Abimanyu. Dia juga berjuang melawan dunia untuk dia dan hubungan Anuj.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Anupamaa Star Plus adalah remake Hindi resmi dari Sreemoyee Star Jalsha. Namun remake Marathi-nya Aai Kuthe Kay Karte dan Anupamaa keduanya diproduksi oleh produser yang sama Rajan Shahi di bawah Director's Kut Productions dan mengikuti plot yang sama.

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

Indonesia Di Indonesia ditayangkan dengan judul yang sama Anupamaa di saluran antv pada tahun 2022-2023. Hanya mampu menyelesaikan kurang lebih 860 episode versi india karena TRP yang rendah dan stok episode yang hampir habis.

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Award Kategori Nominasi Hasil Ref.
2020 Gold Awards Aktor Dinamis Sudhanshu Pandey Menang [8]
2021 Penghargaan Akademi Televisi India ke-20 Aktor Terbaik Populer Menang [9]
Aktris Terbaik Populer Rupali Ganguly Nominasi [10]
Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung Madalsa Sharma Chakraborty Nominasi
Pertunjukan Terbaik Populer Anupamaa Nominasi
2022 Penghargaan Akademi Televisi India ke-21 Best Actress Popular Rupali Ganguly Menang [11]
Juri Aktris Terbaik Nominasi
Aktor Terbaik Populer Gaurav Khanna Nominasi
Juri Aktor Terbaik Sudhanshu Pandey Menang
Pertunjukan Terbaik Populer Anupamaa Menang
Komedi Aktris Terbaik Alpana Buch Nominasi
Komedi Aktor Terbaik Shekhar Shukla Nominasi
Penghargaan Akademi Televisi India ke-22 Aktris Populer Terbaik- Drama Rupali Ganguly Nominasi [12]
Aktor Populer Terbaik- Drama Gaurav Khanna
Sudhanshu Pandey
Pertunjukan Terbaik Populer- Drama Anupamaa
Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung- Drama Arvind Vaidya Menang
2023 Gold Awards Aktor Terbaik dalam Peran Utama Gaurav Khanna Belum diputuskan [13]
Sudhanshu Pandey
Aktris Terbaik dalam Peran Utama Rupali Ganguly
Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung Paras Kalnawat
Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung Nidhi Shah
Aktris Terbaik dalam Peran Negatif Madalsa Sharma Chakraborty
Aktor Terbaik dalam Peran Komik Shekhar Shukla
Sutradara Terbaik Romesh Kalra
Pertunjukan Fiksi Terbaik Tahun Ini Anupamaa
Jodi Layar Emas Terbaik Gaurav Khanna dan Rupali Ganguly
Indian Telly Awards Aktor Terbaik dalam Peran Utama Gaurav Khanna Nominasi [14]
Sudhanshu Pandey Nominasi
Aktor Terbaik (Editorial) Gaurav Khanna Menang
Aktris Terbaik dalam Peran Utama Rupali Ganguly Menang
Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung Alpana Buch Menang
Aktor Terbaik dalam Peran Pendukung Aashish Mehrotra Nominasi
Artis Cilik Terbaik - Wanita Asmi Deo Menang
Sutradara Terbaik Romesh Kalra Nominasi
Serial Drama Terbaik Anupamaa Menang
Pasangan Layar Terbaik Gaurav Khanna dan Rupali Ganguly Menang
Penulis Skenario Terbaik Bhavna Vyas Menang
Koreografer Terbaik Himanshu Gadani Menang
Musik Latar Belakang Terbaik Sargam Jassu and Nakash Aziz Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lights, camera, caution: Back on the set". Live Mint. Diakses tanggal 12 June 2020. 
  2. ^ Mathur, Chandni (26 September 2017). "Superstars of the small screen". The Financial Express. 
  3. ^ "What to expect on your favourite television shows from tonight". The Indian Express. 14 July 2020. 
  4. ^ "Being from the Hindi belt gives me an edge: Gaurav Khanna". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2021-09-19. Diakses tanggal 2021-10-19. 
  5. ^ "Rupali Ganguly- Sudhanshu Pandey starrer Anupamaa is a remake of a popular Bengali show 'Sreemoyee'". The Times of India. ISSN 0971-8257. Diakses tanggal 2023-03-23. 
  6. ^ Maheshwri, Neha (22 February 2020). "Rupali Ganguly back on a fiction show after seven years". The Times of India. Diakses tanggal 3 April 2021. 
  7. ^ "TV actors who quit Anupamaa abruptly: Paras Kalnawat, Aneri Vajani, Anagha Bhosale & others". India TV News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-03. 
  8. ^ "Sudhanshu Pandey calls out Gold Awards for no sanitisers, masks at event. Viral video". India Today. 
  9. ^ "ITA Awards 2021 full winners list out. Surbhi Chandna and Pratik Gandhi win big". India Today. 
  10. ^ "ITA Awards 2020 gets more than 1 crore votes in popular category. List of nominees". India Today. 
  11. ^ "Know the winners list of ITA 2022". Jagran Josh (dalam bahasa Inggris). 8 March 2022. Diakses tanggal 2022-03-09. 
  12. ^ "ITA Awards 2022 complete winners list: Varun Dhawan, Nakuul Mehta, The Kashmir Files win big". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-01. 
  13. ^ "14th Boroplus Gold Awards, 2022: Check Out The List Of Nominees". Gold Awards (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-13. Diakses tanggal 13 August 2022. 
  14. ^ "Indian Telly Awards 2023: Check Out The List Of Nominees For Fan Favorites". Indian Telly Awards. Diakses tanggal 12 April 2023.