Anugerah Bintang Popular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anugerah Bintang Popular
Anugerah Bintang Popular 2007
DeskripsiSelebriti paling populer dalam industri hiburan
NegaraMalaysia
Diberikan perdana1987
Situs webwww.bharian.com.my/ABP

Anugerah Bintang Popular, yang umumnya dikenal dengan akronim ABPBH, yang aslinya dinamai Anugerah Pelakon/Penyanyi Popular, adalah sebuah penghargaan yang dipersembahkan setiap tahun oleh Berita Harian dari Malaysia untuk menghargai kesempurnaan profesional dalam industri hiburan, yang meliputi industri film, serta industri rekaman. Acara penghargaan tersebut menampilkan penampilan dari para artis tersohor. Acara tersebut merupakan penghargaan pilihan masyarakat paling prestisius untuk artis-artis Malaysia dalam industri hiburan.

Penghargaan tersebut dibentuk pada 1987 dan melakukan pemilihan berdasarkan pada pilihan yang ditentukan oleh para pembaca Berita Harian. Penayangan televisi Anugerah Bintang Popular pertama ditayangkan pada malam 1 Desember 1987 di Dewan Bunga Raya, Putra World Trade Centre. Hanya tujuh kategori yang dipersembahkan dalam acara penghargaan pertama.

Pada 1989, Radio Televisyen Malaysia berkolaborasi dengan SALEM untuk membuat Anugerah Bintang Popular disiarkan secara langsung. Penghargaan tersebut diadakan di Angkasapuri pada 13 Januari 1990. Menjelang tengah malam, sebuah kategori baru untuk Artis Paling Populer diperkenalkan, yang masih diutamakan sampai sekarang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]