Antti Jokinen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Antti Jokinen
Antti J. Jokinen (2013)
LahirAntti J. Jokinen
26 April 1968 (umur 55)
Nurmijärvi, Finlandia
Nama lainAntti J.
PekerjaanSutradara video musik, sutradara film
Tahun aktif2000-sekarang
Situs webhttp://www.solarfilms.com

Antti Jokinen (kelahiran 26 April 1968 di Nurmijärvi) adalah seorang sutradara film dan video musik Finlandia, serta mantan pemain basket kolese.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karier film[sunting | sunting sumber]

Setelah kembali ke Finlandia, Jokinen menyutradarai film drama "Puhdistus" yang berlatar belakang Estonia, dan berdasarkan pada buku Sofi Oksanen Purge.[1] Film tersebut terpilih sebagai perwakilan Finlandia untuk Oscar Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-85[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Jokinen bertunangan dengan chef Finlandia Sara La Fountain. Setelah berpindah ke Finlandia, Jokinen bertemu dengan seorang aktris Finlandia, Krista Kosonen. Kemudian, Jokinen memerankan Kosonen untuk memainkan peran utama dalam film mendatangnya, 'Kätilö'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Antti Jokinen ohjaa elokuvan Sofi Oksasen Puhdistuksesta". Helsingin Sanomat (dalam bahasa Finnish). 12 November 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-15. Diakses tanggal 13 November 2010. 
  2. ^ Holdsworth, Nick (19 September 2012). "Finland picks 'Purge' for Oscar contest". Variety. Reed Business Information. Diakses tanggal 19 September 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]