Antonov An-74

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Antonov-An-74.jpg

Antonov An-74 (NATO memberi nama Coaler) adalah pesawat transportasi Soviet / Ukraina, yang dikembangkan oleh Antonov. Ini adalah varian dari An-72.

An-72 dan An-74 mendapatkan julukan mereka, Cheburashka, dari saluran intake mesin besar, yang menyerupai telinga besar karakter animasi populer Soviet dengan nama yang sama.

DESAIN DAN PENGEMBANGAN

Perancangan dan pengembangan An-74 awalnya upgrade dari pesawat uji An-72, dimaksudkan untuk digunakan di Kutub Utara dan Antarktika; dan memiliki sebutan An-72A "Arctic". Tujuan utama pesawat itu adalah untuk memberikan kargo, peralatan dan personil lebih pendek dan jarak menengah rute dalam kondisi iklim mulai dari -60 ° C sampai 45 ° C dan di setiap lintang, termasuk Kutub Utara, dan ketinggian tinggi. Hal ini dapat beroperasi ke dan dari landasan kelas rendah seperti beton, kerikil, es dan salju aerodrome.

Diproduksi di tandem dengan An-72, An-74 dapat dilengkapi dengan landing gear roda-ski, peralatan de-icing dan sejumlah upgrade lain yang memungkinkan pesawat untuk mendukung operasi di Arctic atau lingkungan Antarktika.

Sebuah fitur desain yang tidak biasa dari An-74 (serta An-72) adalah penggunaan efek Coandă untuk meningkatkan kinerja STOL, memanfaatkan mesin gas buang tumbang permukaan atas sayap untuk meningkatkan angkat. pembangkit listrik yang digunakan adalah mesin Lotarev D-36 turbofan. An-74 memiliki kemiripan dengan Boeing YC-14, desain prototipe dari awal 1970-an yang juga telah menggunakan mesin sejajar dengan sayap pesawat dan efek Coandă.

Pesawat belakang pesawat memiliki loading ramp berengsel dengan fairing belakang yang slide ke belakang dan sampai membersihkan pembukaan. An-74 memiliki payload 7,5 ton termasuk hingga 10 penumpang dalam versi kargo, atau sampai dengan 52 kursi di versi penumpang; operasi langit-langit 10.100 meter (33.100 kaki) dan kecepatan jelajah 550-700 kilometer per jam (300-380 kn). Pesawat ini juga dapat digunakan untuk operasi yang sangat khusus:

pemanduan dan kapal pendamping; membangun dan servis stasiun melayang; operasi penelitian di Arktik atau daerah Antarktika; visual yang es patroli; pengintaian perikanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]