Antonio Saca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elías Antonio Saca González
Presiden El Salvador
Masa jabatan
1 Juni 2004 – 1 Juni 2009
Wakil PresidenAna Vilma de Escobar
Informasi pribadi
Lahir9 Maret 1965 (umur 59)
Usulután, Departemen Usulután, El Salvador
Partai politikAlianza Republicana Nacionalista
Suami/istriAna Ligia Mixco de Saca
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Elías Antonio ("Tony") Saca González (lahir di Usulutan, 9 Maret 1965) adalah seorang politikus El Salvador. Ia menjabat Presiden El Savador sejak 2004. Ia dipilih untuk masa jabatan lima tahun hingga 2009.

Saca adalah seorang keturunan imigran Palestina yang tiba di El Salvador pada awal abad ke-20. Sebelum menjadi presiden, ia aktif di politik, pebisnis dan jurnalis yang khusus meliput olahraga.

Pada 21 Maret 2004, ia terpilih menjadi Presiden El Salvador dan pada 1 Juni 2004 resmi mengggantikan Presiden Francisco Flores. Saca dan Flores merupakan anggota Partai Aliansi Republik Nasionalis (Nationalist Republican Alliance party) yang konservatif, yang dalam bahasa Spanyol dikenal dengan singkatan ARENA.

Selama kampanye pemilihan, Saca dikritik oleh para komentatornya, bahwa ia hanya sekadar politikus percobaan. Saat pemilihan, Saca berhasil mengalahkan calon dari Farabundo Martí National Liberation Front (FMLN), Schafik Handal yang juga berasal dari keturunan Palestina. Hasil akhir pemilu:

  • Antonio Saca (ARENA): 57.7%
  • Schafik Handal (FMLN): 35.6%
  • Héctor Silva (CDU-PDC): 3.9%
  • Lainnya: 2.8%

Saca memperoleh suara dengan perbedaan suara 22% dalam suara pemilihan. Saca dikenal dengan langkah-langkahnya yang pro-Amerika Serikat, sehingga menjadi favorit Presiden George W. Bush dalam pemilu presiden 2004. Amerika Serikat juga yakin bahwa Saca akan bisa mempertahankan hubungan yang baik antara El Salvador dengan Amerika Serikat.

Didahului oleh:
Francisco Flores
Presiden El Salvador
2004–2009
Diteruskan oleh:
Mauricio Funes