Antillen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Antillen atau Antilles (/ænˈtɪlz/; Antilles [ɑ̃.tij] dalam Bahasa Perancis; Antillas dalam Bahasa Spanyol; Antillen dalam Bahasa Belanda dan Antilhas dalam Bahasa Portugis) adalah sebuah kepulauan yang berbatasan dengan Laut Karibia di bagian selatan dan barat, Teluk Meksiko di bagian barat laut, dan Samudra Atlantik di bagian utara dan timur.

Kepulauan Antilen terbagi menjadi dua kelompok pulau yang lebih kecil: Antillen Besar, yang terdiri dari pulau-pulau besar seperti Kuba, Jamaika, Puerto Riko, Hispaniola (yang terbagi menjadi negara Haiti dan Republik Dominika) dan Kepulauan Cayman; serta Antillen Kecil, yang terdiri dari Kepulauan Leeward di bagian utara, Kepulauan Windward di bagian selatan, dan Antillen Leeward di sebelah utara Venezuela. Kepulauan Lucayan (yang terdiri dari Bahama serta Kepulauan Turks dan Caicos), meskipun merupakan bagian dari Hindia Barat, secara umum tidak termasuk dalam pulau-pulau Antillen.[1]

Secara geografis, Antillen secara umum dianggap sebagai subwilayah dari Amerika Utara. Dari segi budaya berbahasa, Kuba, Republik Dominika, dan Puerto Riko – dan kadang-kadang seluruh Antillen – termasuk ke dalam Amerika Latin, meskipun beberapa sumber menghindari penyederhanaan sosio-ekonomi ini dengan menggunakan ungkapan "Amerika Latin dan Karibia" sebagai gantinya . Dari segi geologi, Antillen Besar terbentuk dari batuan benua, berbeda dengan Antillen Kecil, yang sebagian besar merupakan pulau gunung berapi or pulau karang.

Kelompok pulau Antillen[sunting | sunting sumber]

Antillen dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beberapa sumber, seperti Encarta dalam Bahasa Spanyol, memasukkan Bahama ke dalam kelompok Antillen. [1] (Spanyol). Archived 2009-10-31.