Antilles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Antillen)

Antilles adalah sebuah kepulauan yang berbatasan dengan Laut Karibia di bagian selatan dan barat, Teluk Meksiko di bagian barat laut, dan Samudra Atlantik di bagian utara dan timur.

Kepulauan Antilles terbagi menjadi dua kelompok pulau yang lebih kecil: Antilles Besar, yang terdiri dari pulau-pulau besar seperti Kuba, Jamaika, Puerto Riko, Hispaniola (yang terbagi menjadi negara Haiti dan Republik Dominika) dan Kepulauan Cayman; serta Antilles Kecil, yang terdiri dari Kepulauan Leeward di bagian utara, Kepulauan Windward di bagian selatan, dan Antilles Leeward di sebelah utara Venezuela. Kepulauan Lucayan (yang terdiri dari Bahama serta Kepulauan Turks dan Caicos), meskipun merupakan bagian dari Hindia Barat, secara umum tidak termasuk dalam pulau-pulau Antilles.[1]

Secara geografis, Antilles secara umum dianggap sebagai subwilayah dari Amerika Utara. Dari segi budaya berbahasa, Kuba, Republik Dominika, dan Puerto Riko – dan kadang-kadang seluruh Antilles – termasuk ke dalam Amerika Latin, meskipun beberapa sumber menghindari penyederhanaan sosio-ekonomi ini dengan menggunakan ungkapan "Amerika Latin dan Karibia" sebagai gantinya. Dari segi geologi, Antilles Besar terbentuk dari batuan benua, berbeda dengan Antilles Kecil, yang sebagian besar merupakan pulau gunung berapi atau pulau karang.

Kelompok pulau Antilles[sunting | sunting sumber]

Antilles dapat mengacu pada beberapa hal berikut:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beberapa sumber, seperti Encarta dalam Bahasa Spanyol, memasukkan Bahama ke dalam kelompok Antilles. [1] Diarsipkan 2009-10-04 di Wayback Machine.(Spanyol). 2009-10-31.