Antarctica (film 1983)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Antarctica
Nankyoku Monogatari poster.jpg
Poster film
Sutradara Koreyoshi Kurahara
Produser Tomohiro Kaiyama
Masaru Kakutani
Koretsugo Kurahara
Juichi Tanaka
Penulis Toshirō Ishidō
Koreyoshi Kurahara
Tatsuo Nogami
Kan Saji
Pemeran Ken Takakura
Tsunehiko Watase
Eiji Okada
Masako Natsume
Musik Vangelis
Sinematografi Akira Shiizuka
Penyunting Koreyoshi Kurahara
Akira Suzuki
Distributor Nippon Herald Films (Jepang)
20th Century Fox (AS - pengalihan suara)
Tanggal rilis
  • 23 Juli 1983 (1983-7-23)
Durasi
143 menit
Negara Jepang
Bahasa Jepang
Pendapatan kotor

Antarctica (南極物語, Nankyoku Monogatari, artinya "Kisah Kutub Selatan") adalah sebuah film Jepang 1983 yang disutradarai oleh Koreyoshi Kurahara dan dibintangi oleh Ken Takakura. Alurnya berdasarkan pada kisah ekspedisi saintifik Jepang ke Kutub Selatan pada 1958.

Film tersebut terpilih sebagai entri Jepang untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Penghargaan Akademi ke-56, namun tidak masuk nominasi.[3] Film tersebut masuk pada Festival Film Internasional Berlin ke-34, di Penghargaan Akademi Jepang sebagai nominasi untuk film, sinematografi, pencahayaan, dan skor musik terbaik, memenangkan penghargaan Popularitas untuk dua anjing Taro dan Jiro sebagai penampil paling populer, serta penghargaan pilihan sinematografi dan pembaca di Penghargaan Film Mainichi. Film tersebut adalah hit sinema besar, dan memegang rekor box office Jepang untuk film domestik sampai film tersebut dikalahkan oleh Princess Mononoke karya Miyazaki Hayao pada 1997.

Skor elektronik aslinya dibuat oleh musisi Yunani Vangelis, yang saat ini menulis musik pada Chariots of Fire dan Blade Runner. Soundtracknya tersedia di seluruh dunia dalam bentuk CD-audio dengan nama Antarctica.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film tersebut menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk dibuat. Film tersebut difilmkan di bagian utara Hokkaidō. Anjing-anjing dalam film tersebut diurus oleh Kuma, seorang Sakhalin dari Furen dan lahir di Wakkanai, Hokkaidō, bukan Antartika.

Perilisan dan sambutan[sunting | sunting sumber]

Antarctica masuk dalam Festival Film Internasional Berlin ke-34.[4] Film tersebut adalah sebuah hit besar di Jepang, menjadikan film tersebut menjadi film Jepang nomor satu pada pemasaran domestik pada 1983, mendapatkan ¥5.9 miliar dalam pemasukan distribusi.[1] Hingga 2007, film tersebut tersedia dalam bentukDVD di Jepang (subtitel Jepang) dan Hong Kong (subtitel Tionghoa dan Inggris).

Album skor asli[sunting | sunting sumber]

Skor asli pada Antarctica dikomposisikan, diaransemenkan, diproduksi dan ditampilkan oleh artis Yunani Vangelis. Skor tersebut direkam di Nemo Studios milik Vangelis, di London, Britania Raya, oleh teknisi suara Raine Shine. Album tersebut dirilis di seluruh dunia (termasuk Jepang) dengan nama Antarctica.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kako haikyū shūnyū jōi sakuhin 1983-nen" (dalam bahasa Japanese). Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal 4 February 2011. 
  2. ^ "Nankyoku monogatari". Internet Movie Database. Diakses tanggal April 4, 2014. 
  3. ^ Margaret Herrick Library, Academy of Motion Picture Arts and Sciences
  4. ^ "Berlinale: 1984 Programme". berlinale.de. Diakses tanggal 2011-01-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]