Ansgar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Santo Ansgarius
Santo Ansgarius
Lahir 8 September 801, Amiens
Wafat 3 Februari 865 (umur 63), Bremen
Dihormati di Gereja Ortodoks Timur,
Katolik Roma,
Gereja Lutheran,
Gereja Anglikan
Hari peringatan 3 Februari
Pelindung Denmark

Santo Ansgar, Anskar atau Oscar, (Corbie, *796? or 8 September? 801 – 3 Februari 865*, di Bremen) adalah Kepala Uskup Hamburg-Bremen. Ia dikanonisasi oleh Paus Nikolas I.[1]

Santo Ansgarius (801-865) adalah Uskup Agung dari Bremen dan Hamburg yang pertama.[2] Ia terkenal sebagai "rasul Denmark" dan misionaris di Swedia.[2]

Ketika Ansgarius masih berumur belasan tahun, ia mulai mengajar anak-anak di sebuah sekolah biara di Jerman.[3] Setelah itu, ia dikirim ke Swedia sebagai seorang misionaris.[3] Di tengah perjalanan, ia diserang perampok yang merampas semua barang-barangnya.[3] Hidup Ansgarius memang tidak selalu baik dan mulus.[3] Setelah menjadi Uskup Agung di Jerman dan memimpin misi di Denmark, Norwegia, dan Swedia, penyerbuan besar-besaran Bangsa Viking menghancurkan kotanya di Jerman.[3] Akibatnya, para misionarisnya lari keluar dari Swedia.[3] Akan tetapi, setelah musibah itu berlalu, Ansgarius tetap berkarya lagi mewartakan Injil.[3] Ia bersikap ramah terhadap kaum miskin, bahkan mau mencuci kaki dan melayani mereka makan.[3] Ansgarius berupaya terus menjadi orang baik kendati banyak kesulitan dalam hidupnya.[3]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ansgar lahir di dekat Amiens, Perancis, sebagai putra seorang bangsawan.[4] Setelah ibunya meninggal pada usia muda, Ansgar dibesarkan di Corbie Abbey, dan mencapai kemajuan pesat dalam pendidikannya. Menurut Vita Ansgarii ("Kehidupan Ansgar"), ketika masih anak kecil ia mendapat suatu penglihatan bahwa ibunya bersama-sama Santa Maria, sejak itu sikapnya yang ceroboh terhadap hal rohani berubah menjadi serius ("Life of Ansgar", 1). Muridnya, pengganti dan juga penulis biografinya, Rimbert, menganggap penglihatan ini adalah yang pertama-tama menjadi motivasi utama kehidupan santo ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg Herbermann, Charles, ed. (1913). "St. Anschar". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ a b A. Heuken. 1985. Ensiklopedi Orang Kudus. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka. Hal. 60.
  3. ^ a b c d e f g h i (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 20-21.
  4. ^ Farmer, David Hugh (1997). The Oxford dictionary of saints (4. ed. ed.). Oxford [u.a.]: Oxford Univ. Press. p. 25. ISBN 0-19-280058-2. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Pryce, Mark. Literary Companion to the Festivals: A Poetic Gathering to Accompany Liturgical Celebrations of Commemorations and Festivals. Minneapolis: Fortress Press, 2003.
  • Tschan, Francis J. History of the Archbishops of Hamburg-Bremen. New York: Columbia University Press, 1959.
  • Wood, Ian. The Missionary Life: Saints and the Evangelisation of Europe, 400 – 1050. Great Britain: Longman, 2001.
  • Life of Ansgar