Another Day of Sun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Another Day of Sun"
Lagu oleh Pemeran La La Land
dari album La La Land: Original Motion Picture Soundtrack
Dirilis09 Desember 2016 (2016-12-09)
GenreTeater musikal
Jalur suara
Durasi3:48
Pencipta
Komponis musikJustin Hurwitz

"Another Day of Sun" adalah lagu pembuka film musikal La La Land (2016). Adegan lagunya menampilkan para pengemudi yang terjebak macet di jembatan tol Los Angeles menyanyi dan menari tentang keinginan mereka untuk menggapai kesuksesan di Hollywood. Adegan ini direkam di tempat di jembatan tol ekspres Judge Harry Pregerson Interchange setinggi 40 meter[1][2] selama enam menit dalam sekali rekam.[3] Lagunya digubah oleh Justin Hurwitz dan liriknya dikarang oleh Benj Pasek dan Justin Paul. Koreografinya ditangani oleh Mandy Moore.[4]

Komposisi dan lirik[sunting | sunting sumber]

Lagu ini ditulis dalam kunci E dengan tempo 126 ketukan per menit. Lagu ini mengikuti alur kor A–B–E–Gm dan di beberapa bagian memiliki jangkauan vokal G3–C5.[5]

Hurwitz menyoroti ketegangan dalam lagu ini, tepatnya antara aspirasi penyanyi dan hasil kerja keras mereka yang tidak pasti. Katanya, "Ini lagu yang optimis, tetapi juga berkisah tentang impian yang tidak terwujud."[6] Paul menggambarkannya seperti ini, "Kamu mengejar impianmu, lalu kamu tidur dan bangun keesokan harinya, dan hari itu sangat cerah. Hari itu membuatmu semangat dalam satu tarikan napas, dan dengan satu tarikan lagi, kamu lupa bahwa kamu baru saja mengalami kegagalan. Kamu beranjak dari tempat tidur dan sadar bahwa cuaca hari itu tidak sesuai dengan suasana hatimu. Setiap hari, cuacanya selalu cerah."[4]

Hurwitz menggubah lagu ini dengan tempo cepat yang didominasi kunci mayor dan menyertakan beberapa kunci minor agar "lebih suka duka daripada kenyataanya".[3] Lagu ini juga menggabungkan beberapa penyanyi latar dengan 95 baris orkestra dan 40 penyanyi paduan suara.[3][7] Hurwitz mencoba memadukan berbagai elemen orkestra ketika kamera menyoroti beberapa anggota grup musik.[3]

Syuting dan koreografi[sunting | sunting sumber]

Judge Harry Pregerson Interchange, tempat adegan lagu ini direkam.
Pemandangan dari bawah jembatan tol

Adegan ini direkam bulan Agustus 2015, adegan pertama yang diproduksi dalam film ini, selama dua hari dengan suhu mencapai 37 derajat Celsius.[8] Adegannya direkam di tempat di jembatan tol Judge Harry Pregerson Interchange setinggi 40 meter antara Harbor Freeway (Interstate 110) dan Glenn Anderson Freeway (Interstate 105) di South Los Angeles. Jembatan tol ini ditutup selama dua hari untuk proses syuting.[1][2] Seluruh jalan tol tetap dibuka agar lalu lintas normal bisa dijadikan latar.[9] Adegan ini rencananya direkam di pintu keluar tol di darat,[8] tetapi dipindahkan ke jembatan persimpangan tol agar hamparan kota Los Angeles dapat terlihat dengan jelas.[9] Sutradara Damien Chazelle juga menyamakan lokasi adegan di jalan tol ini dengan Yellow Brick Road di The Wizard of Oz.[10]

Seluruh adegan lagu direkam sekali selama enam menit.[3] Moore menghabiskan tiga sampai empat bulan untuk merencanakan adegan yang melibatkan lebih dari 60 mobil, 30 penari, dan 100 figuran. Adegan tarinya diawali oleh seorang penari yang diikuti oleh penari-penari lainnya secara perlahan sehingga semua orang tidak perlu menari secara bersamaan.[1] Adegan ini juga melibatkan sejumlah pemeran pengganti.[11] Latihan awal dilakukan di lapangan parkir studio dan melibatkan sepuluh penari dan 20 mobil karyawan.[1]

Adegan ini rencananya didahului oleh musik pembuka (overture), tetapi saat proses penyuntingan, durasi pembukanya dirasa terlalu lama. Penyunting Tom Cross mengatakan bahwa Chazelle "sadar bahwa agar penonton mau mengakui bahwa film ini adalah musikal, ia harus menampakkannya secara gamblang di awal film," dan munculnya judul film di ketukan terakhir lagu dengan sendirinya merupakan tanda dimulainya film.[12]

Penampilan lain[sunting | sunting sumber]

Adegan pembuka 74th Golden Globe Awards pada Januari 2017 menampilkan parodi musikal "Another Day of Sun", "City of Stars", dan "Planetarium" dari La La Land dengan lirik yang sudah diubah. Segmen "Another Day of Sun" menampilkan puluhan limosin terjebak macet dalam perjalanan menuju acara penganugerahan. Tariannya dipentaskan oleh sejumlah tokoh dari beberapa acara televisi yang masuk nominasi Golden Globe tahun itu. Lagu ini dinyanyikan oleh pembawa acara Jimmy Fallon dan melibatkan Nicole Kidman, Amy Adams, John Travolta, Kit Harington, dan selebriti lainnya.[13][14]

Tangga lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu (2017) Posisi
puncak
Hungaria (Single Top 40)[15] 25

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Fallon, Kevin (December 16, 2016). "How 'La La Land' Staged a Dance Number on an L.A. Freeway". The Daily Beast. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  2. ^ a b Aron, Hillel (2014). "Best Freeway Interchange: Judge Harry Pregerson Interchange". L.A. Weekly. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  3. ^ a b c d e Tapley, Kristopher (August 31, 2016). "'La La Land' Composer Justin Hurwitz Details the Film's Songwriting Process". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 21, 2016. 
  4. ^ a b Bruner, Raisa (December 6, 2016). "Here’s How They Made La La Land[[:Templat:’s]] Extravagant Opening Musical Number". Time. Diakses tanggal December 20, 2016.  Konflik URL–wikilink (bantuan)
  5. ^ Hurwitz, Justin. ""Another Day of Sun" from 'La La Land' Sheet Music". Musicnotes.com. Diakses tanggal January 14, 2017. 
  6. ^ Meslow, Scott (December 16, 2016). "How 'La La Land' Got Its Unforgettable Music". GQ. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  7. ^ Ford, Rebecca (November 22, 2016). "How 'La La Land's' Music Found Just the Right Note". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 21, 2016. 
  8. ^ a b Rebecca Ford (November 3, 2016). "How 'La La Land' Went From First-Screening Stumbles to Hollywood Ending". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 3, 2016. 
  9. ^ a b Mekado Murphy (November 4, 2016). "L.A. Transcendental: How 'La La Land' Chases the Sublime". The New York Times. Diakses tanggal November 5, 2016. 
  10. ^ Gabler, Jay (December 16, 2016). "Will 'La La Land' save the movie musical?". Diakses tanggal December 20, 2016. 
  11. ^ Robinson, Tasha (December 20, 2016). "La La Land's choreographer shares the film's sneakiest dance-movie references". The Verge. Diakses tanggal December 21, 2016. 
  12. ^ Giardina, Carolyn (December 19, 2016). "Why 'La La Land's' Opening Number Went From Cutting-Room Floor to Curtain-Raiser". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  13. ^ Harris, Hunter (January 9, 2017). "Jimmy Fallon's La La Land–Inspired Golden Globes Cold Open Resurrected Stranger Things' Barb". Vulture. Diakses tanggal January 14, 2017. 
  14. ^ Lawson, Richard (January 8, 2017). "Jimmy Fallon Makes for an Oddly Tone-Deaf Golden Globes Host". HWD. Diakses tanggal January 14, 2017. 
  15. ^ "Archívum – Slágerlisták – MAHASZ" (dalam bahasa Hungaria). Single (track) Top 40 lista. Magyar Hanglemezkiadók Szövetsége. Diakses tanggal 13 January 2017.