Annabelle (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Annabelle
Annabelle-poster.jpg
Poster peluncuran teater
Sutradara John R. Leonetti
Produser
Penulis Gary Dauberman
Pemeran
Musik Joseph Bishara
Sinematografi James Kniest
Penyunting Tom Elkins
Perusahaan
produksi
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 03 Oktober 2014 (2014-10-03) (Amerika Serikat)
Durasi
99 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $6.5 juta[2]
Pendapatan kotor $252,624,582[2]

Annabelle adalah film horor supranatural Amerika tahun 2014 yang disutradarai oleh John R. Leonetti, diproduksi oleh James Wan, dan ditulis oleh Gary Dauberman. Film ini adalah prekuel dan spin-off dari The Conjuring dan terinspirasi oleh boneka nyata bernama Annabelle.[3] Film ini dibintangi oleh Annabelle Wallis, Ward Horton, dan Alfre Woodard. Film ini dirilis di seluruh dunia pada tanggal 3 Oktober 2014.[4]

Annabelle tayang perdana di TCL Chinese Theatre di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, pada tanggal 29 September 2014.[5] Film ini mendapat ulasan negatif pada rilis awalnya meskipun pendapatan kotornya lebih dari $252 juta (3,1 triliun rupiah) dan anggaran produksinya $6.5 juta (80,2 miliar rupiah) dan membuatnya menjadi salah satu film horor terlaris tertinggi sepanjang waktu.

Alur[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai dengan adegan pembukaan yang sama seperti The Conjuring, pada tahun 1968, di mana dua wanita muda dan seorang pemuda yang mengatakan kepada Ed dan Lorraine Warren tentang pengalaman mereka dengan boneka yang disebut Annabelle, yang mereka percayai berhantu.

Pada tahun 1967, John dan Mia Form tinggal di Santa Monica dan sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. John memberinya hadiah boneka yang ia cari dengan susah payah. Mia menyukainya dan menempatkannya dengan disamping koleksi bonekanya. Pada malam hari, Mia mendengar ada pembunuhan yang terjadi pada tetangga mereka, keluarga Higgins. Ketika Mia pulang ke rumah dan memanggil polisi karena disuruh suaminya, dia diserang oleh seorang wanita yang sedang memegang boneka dan seorang pria yang merupakan teman wanita tersebut. John dan polisi tiba di rumah dan membunuh pria tersebut sementara wanita tersebut membunuh dirinya sendiri. Dia meninggalkan simbol berdarah yang digambar di dinding dan kemudian setetes darahnya jatuh pada wajah boneka yang dipeluknya. Sebuah laporan berita mengatakan bahwa orang tersebut adalah Annabelle Higgins dan pacarnya. Mereka telah membunuh orang tuanya dan mereka merupakan aliran sesat pengikut Ram, yaitu aliran pemuja setan.

Sejak kejadian tersebut, Mia meminta John untuk membuang boneka Annabelle. Kemudian, setelah kebakaran rumah mereka yang disebabkan oleh boneka tersebut, Mia tersandung melarikan diri dari api dan masuk ke rumah sakit, Mia melahirkan seorang bayi perempuan yang sehat bernama Leah. Mereka kemudian tinggal disebuah apartemen baru, di Pasadena. Ketika Mia sedang merapihkan boneka, ia menemukan satu boneka yang telah mereka buang. Banyak kejadian-kejadian aneh yang meninmpa Mia dan bayi barunya itu. Dia kemudian menghubungi seorang detektif, yang memberitahu kepadanya mengenai boneka Annabelle dan sejarah mengenai pemuja setan yang mengambil jiwa seseorang. Mia pergi ke toko buku yang dijaga oleh seorang wanita bernama Evelyn dan Evelyn kemudian memberikan sebuah buku yang mengenai menghantui dirinya dan menginginkan jiwanya Lea. Evelyn mengatakan kepada Mia bahwa ia memiliki seorang putri bernama Ruby yang berusia sekitar Mia yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang disebabkan oleh Evelyn. Dia begitu putus asa dan rasa bersalah dan ia ingin mencoba untuk bunuh diri. Namun, dia mengaku telah mendengar suara Ruby mengatakan kepadanya bahwa itu belum waktunya.

John dan Mia kemudian menghubungi seorang imam gereja mereka, Pastor Perez, yang mencoba untuk mengambil boneka itu dengan dia ke gereja. Perez kemudian diserang oleh hantu Annabelle hingga terluka, dan boneka tesebut kemudian menghilang. Perez memperingatkan kepada John bahwa kekuatan hantu Annabelle yang melukainya sangat menginginkan jiwa Mia. John kemudian bergegas untuk memperingatkan Mia. Selama serangan lain, Annabelle tampaknya melayang tetapi, Mia melihat ada setan yang memegang Annabelle di udara, yang mengimplikasikan bahwa boneka itu sendiri tidak memiliki kekuatan, tetapi sedang digerakan dan dimanipulasi oleh setan. Sementara itu, kedatangan setan tersebut mendorong Evelyn keluar dari apartemen dan ada suara ejekan ketika Mia mengambil bayinya. Mia mencoba untuk membunuh Annabelle dan meminta kepadanya jika ada cara lain, dan mengatakan bahwa dia dapat menawarkan dia jiwanya. John dan Evelyn membuka pintu untuk menemukan Mia yang siap untuk melompat keluar jendela dengan Annabelle di tangannya. John menyelamatkan Mia agar tidak melakukan itu; Evelyn mengambil dan memegang boneka Annabelle dan memutuskan untuk membuat pengorbanan, mengetahui bahwa hal ini adalah cara dia agar bisa menebus kematian Ruby. Dia melompat keluar dari jendela dan mati di sebelah Annabelle. Leah kemudian ditemukan dengan aman dan sehat di tempat tidurnya.

Enam bulan kemudian, keluarga Form telah pindah dan tidak pernah melihat Annabelle lagi sejak saat itu. Di tempat lain, ada seorang ibu yang membeli boneka Annabelle sebagai hadiah untuk anaknya. Dan yang terakhir ada teks yang menyatakan bahwa boneka Annabelle yang nyata sekarang berada di sebuah museum milik Ed dan Lorraine Warren dan boneka itu diberkati oleh pastor dua kali sebulan untuk menjaga keamanan masyarakat dari kejahatan yang masih ada dalam boneka tersebut.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Annabelle Wallis[6] sebagai Mia Form
  • Ward Horton[6] sebagai John Form
  • Tony Amendola sebagai Pastor Perez
  • Alfre Woodard[7] sebagai Evelyn
  • Kerry O'Malley sebagai Sharon Higgins
  • Brian Howe[8] sebagai Pete Higgins
  • Eric Ladin[8] sebagai Detektif Clarkin
  • Ivar Brogger sebagai Dr. Burgher
  • Geoff Wehner sebagai Tetangga
  • Gabriel Bateman sebagai Robert
  • Shiloh Nelson sebagai Nancy
  • Sasha Sheldon sebagai Suster
  • Camden Singer sebagai Clerk
  • Tree O'Toole sebagai Annabelle Higgins
    • Keira Daniels sebagai Annabelle Higgins berumur 7 tahun
  • Robin Pearson Rose sebagai Ibu
  • Morganna May sebagai Debbie
  • Michelle Romano sebagai Mary
  • Christopher Shaw sebagai Fuller
  • Joseph Bishara sebagai Figur Iblis
  • Paige Diaz sebagai Candy Striper
  • Richard Allan Jones sebagai Parishioner
  • Trampas Thompson sebagai Pria Kurus

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 November 2013, sebuah film spin-off dari The Conjuring, yang akan menampilkan Boneka Annabelle di filmnya, diumumkan akan dibuat oleh studio Warner Bros dan New Line Cinema. Film ini didasarkan pada "eksploitasi yang dianggap nyata oleh pemburu hantu bernama Ed dan Lorraine Warren".[9] Dengan Peter Safran dan James Wan sebagai produksinya, John R. Leonetti menyutradarai film dari naskah yang ditulis oleh Gary Dauberman.[3]

Pemain film[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Januari 2014, berita menegaskan mengatakan bahwa Annabelle Wallis dan Ward Horton akan memainkan film ini.[6] Dua aktor lainnya yaitu, Eric Ladin dan Brian Howe, juga ikut bergabung menjadi pemain di film ini pada akhir Januari 2014 sebelum memenangkan penghargaan veteran. Alfre Woodard juga bergabung menjadi pemain dalam film ini.[7][8]

Pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Fotografi pokok dimulai pada tanggal 27 Januari 2014, di toko buku di Covina.[7][10][11][12] Pada tanggal 25 Februari 2014, film ini berlanjut di sebuah apartemen di Normandie Avenue Selatan di daerah Los Angeles di mana sebanyak 55 anggota kru tinggal di sana selama beberapa hari.[13]

Direktur John R. Leonetti dan produser Peter Safran mengatakan kepada wartawan bahwa Annabelle merupakan boneka "berhantu" dan mereka juga berpikir telah terjadi "fenomena supranatural" pada saat pembuatan film.[14]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 24 April 2014, Joseph Bishara dipekerjakan untuk menulis musik untuk film ini.[15] WaterTower Music kemudian merilis album soundtrack-nya pada tanggal 30 September 2014.[16]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Warner Bros merilis film ini pada tanggal 3 Oktober 2014 untuk seluruh dunia.[4] Film ini dirilis di lebih dari 52 pasar asing pada akhir pekan pembukaannya.[17]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Pada 4 Desember 2014, Annabelle telah memperoleh uang sabanyak $84.170.124 di Amerika Utara dan sebanyak $168.400.000 di wilayah lain dengan total seluruh dunia sebanyak $252.570.124.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ANNABELLE (15)". British Board of Film Classification. September 26, 2014. Diakses tanggal September 26, 2014. 
  2. ^ a b "Annabelle (2014)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal December 9, 2014. 
  3. ^ a b Reilly, Mark (8 November 2013). "THE CONJURING Gets a Spin-Off Movie with ANNABELL!". schmoesknow.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  4. ^ a b "Warner Bros Scheduling Spree Continues With 'The Conjuring 2', 'Mean Moms', 2 Others". deadline.com. 25 February 2014. Diakses tanggal 26 February 2014. 
  5. ^ "Annabelle Premiere". United Press International. Diakses tanggal September 30, 2014. 
  6. ^ a b c Sneider, Jeff (15 January 2014). "New Line's 'Conjuring' Spinoff 'Annabelle' Casts Its Leads". thewrap.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  7. ^ a b c McNary, Dave (30 January 2014). "Alfre Woodard Materializes in Horror-Thriller 'Annabelle'". variety.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  8. ^ a b c Creepy, Uncle (28 January 2014). "Two More Actors To Be Haunted By Annabelle". dreadcentral.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  9. ^ Corliss, Richard. "Review: Annabelle Conjures Up a Devil Doll". Time.com. Time Magazine. Diakses tanggal 14 October 2014. 
  10. ^ http://www.covinaca.gov/for-businesses/filming-in-covina
  11. ^ McNary, Dave (15 January 2014). "‘The Conjuring’ Spinoff ‘Annabelle’ Starts Shooting Jan. 27". variety.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  12. ^ Bussey, Ben (January 31, 2014). "The Conjuring spin-off Annabelle starts production". yahoo.com. Diakses tanggal 2 February 2014. 
  13. ^ Verrier, Richard (25 February 2014). "'Conjuring' spinoff 'Annabelle' is filming in Los Angeles". Los Angeles Times. Diakses tanggal 26 February 2014. 
  14. ^ Casas, Alyssa (September 30, 2014). "'Annabelle' Director John Leonetti Talks About Shooting on a Haunted Set". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 12, 2014. 
  15. ^ "Joseph Bishara Scoring ‘Annabelle’". filmmusicreporter.com. April 24, 2014. Diakses tanggal October 31, 2014. 
  16. ^ "‘Annabelle’ Soundtrack Details". filmmusicreporter.com. September 17, 2014. Diakses tanggal October 31, 2014. 
  17. ^ Tartagloine, Nancy (September 28, 2014). "Int'l Box Office Update: 'The Equalizer' Clocks $17.8M In Debut; 'Maze Runner' Races To $91M Cume; More". Deadline.com. Diakses tanggal September 29, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]