Anna Pavlova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anna Pavlova
Lahir(1881-02-12)12 Februari 1881
St. Petersburg, Rusia
Meninggal23 Januari 1931(1931-01-23) (umur 49)
The Hague, Netherlands
KebangsaanRusia
PendidikanImperial School of Ballet
PekerjaanBalerina

Anna Pavlovana (Matveyvna) Pavlova adalah seorang prima balerina Rusia.[1] Ia mempelajari balet di sekolah balet kerajaan (Imperial School of Ballet) pada tahun 1891 dan bergabung dengan balet kerajaan (imperial ballet) pada tahun 1899.[1] Lalu, pada tahun 1909, Anna Pavlova pergi ke Paris untuk melakukan sebuah tur bersejarah dari balet Rusia.[1] Setelah tahun 1913, ia menari secara independen dengan perusahaannya sendiri ke seluruh dunia.[1] Dalam tarian baletnya, ia dipengaruhi oleh budaya asing dan koreografi klasik yang dibuat oleh Isadora Duncan dan Sergei Diaghilev.[2] Dia paling terkenal dengan peran yang dibuatnya yaitu The Dying Swan.

Awal Hidup[sunting | sunting sumber]

Anna Pavlovna lahir pada tanggal 12 Februari 1881 di Saint Petersburg, Rusia. Ketertarikan pada balet bertumbuh ketika ibunya mengajaknya untuk melihat balet Puteri Tidur (The Sleeping Beauty) karya Marius Petipa di Teater Marinskiy. Dia ditolak saat mengikuti audisi di Imperial Ballet School di usia sembilan tahun, tetapi dia diterima saat usia 10. Penampilan pertamanya di sekolah adalah A Fairy Tale karya Marius Petipa. Balet awalnya sangat sulit bagi Anna karena badannya yang berbeda dengan badan balerina pada masa itu yang lebih berisi, sehingga dia dijuluki "Si Sapu".

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari sekolah balet kerajaan pada tahun 1902, Anna Pavlova bergabung dengan balet kerajaan sebagai solois kedua dan dipromosikan menjadi solois pertama pada tahun berikutnya.[2] Lalu, dengan bantuan Cecchetti (pelatih balet Anna Pavlova) ia dipromosikan menjadi balerina pada tahun 1905.[2] Anna Pavlova menjadi balerina solo secara resmi ketika menari The Dying Swan.[2] Koreografi dari tarian tersebut dibuat oleh Mikhail Fokine dan dengan diiringi musik dari Saint-Saens yang berjudul Carnival of the Animals.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Anna Pavlova". Diakses tanggal 30 Mei 2014. 
  2. ^ a b c d e "The Legendary Anna Pavlova". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-19. Diakses tanggal 30 Mei 2014.