Anna Maria Sforza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anna Maria Sforza
Anna Maria Sforza.jpg
Putri Herediter Ferrara, Modena, dan Reggio
Periode12 Januari 1491– 30 November 1497
Lahir(1476-07-21)21 Juli 1476
Milan
Wafat30 November 1497(1497-11-30) (umur 21)
Ferrara
WangsaSforza
AyahGaleazzo Maria Sforza, Adipati Milan
IbuBona dari Savoia
PasanganAlfonso I d'Este

Anna Maria Sforza (21 Desember 1476 – 30 Juli 1497), merupakan seorang Putri Herediter dari Ferrara sebagai istri pertama Alfonso I d'Este, calon Adipati Ferrara. Dia adalah putri kedua yang sah dari Galeazzo Maria Sforza, Adipati Milan, dan istri keduanya, Bona dari Savoia.

Keluarga dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Lahir di Milan, dia adalah putri kedua dan terakhir yang sah dari Galeazzo Maria Sforza, Adipati Milan, dan istri keduanya, Bona dari Savoia, yang ia nikahi pada tahun 1468, setahun setelah kematian istri pertamanya, Dorotea Gonzaga, yang tidak melahirkan keturunannya. Kakek nenek Anna adalah Francesco I Sforza dan Bianca Maria Visconti, dari siapa ia dinamakan. Kakek dari pihak ibundanya, Ludovico, Adipati Savoia dan Anne de Lusignan dari Siprus. Dia memiliki dua orang saudara yang lebih tua: Gian Galeazzo Sforza (yang menikahi sepupu pertama mereka, Isabella dari Napoli, dengan siapa ia memiliki keturunan) dan Hermes Maria Sforza, Markis Tortona, dan seorang kakak perempuan Bianca Maria Sforza, istri kedua Maximilian I, Kaisar Romawi Suci. Saudari tiri Anna yang lebih tua dan tidak sah, Caterina Sforza dari hubungan ayahandanya dengan Lucrezia Landriani. Pamandanya Ludovico Sforza Il Moro, Adipati Milan, yang menikahi Beatrice d'Este, dan bibinya adalah Ippolita Maria Sforza, istri pertama Raja Alfonso II dari Napoli.

Ketika Anna hanya berusia lima bulan, ayahandanya dibunuh di dalam Gereja Santo Stefano di Milan pada tanggal 26 Desember 1476, yang merupakan Hari Raya St. Stefanus. Dia ditikam sampai mati oleh tiga pejabat tinggi istana Milan.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1477, Anna secara resmi bertunangan dengan pewaris Ercole I d'Este, Adipati Ferrara. Pernikahannya dengan Pangeran Alfonso d'Este berlangsung empat belas tahun kemudian, pada tanggal 12 Januari 1491, di tengah perjamuan, resepsi dan representasi teater. Namun, pernikahan itu tidak bahagia: berambut pirang dan tidak feminin, Anna, sepanjang waktu berpakaian seperti seorang pria, menolak untuk mewujudkan persatuannya, lebih menyukai wanita dan menghabiskan setiap malam dengan seorang budak kecil berkulit hitam.[1]

Baru setelah enam tahun menikah, Anna akhirnya hamil, tetapi meninggal saat melahirkan; sementara beberapa sumber melaporkan bahwa anaknya, seorang putra, meninggal segera setelah dibaptis; Yang lain,[2][3][4][5] mengatakan bahwa ia selamat dan diberi nama Alessandro, meninggal pada tahun 1514 berusia 17 tahun. Ia dimakamkan di biara San Vito, dimana Anna adalah seorang dermawan. Suaminya tidak bisa ikut pemakamannya karena pada saat itu wajahnya cacat sebagai konsekuensi dari sifilis.[6]

Kematiannya menandai berakhirnya hubungan keluarga antara Sforza dan Este. Alfonso menikah lagi, dengan Lucrezia Borgia, pada tahun 1502.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Geneviève Chastenet: Lucrezia Borgia (Spanish version) 1995, Javier Vergara Editorial, p. 200. [retrieved 19 December 2014].
  2. ^ Marek, Miroslav. "Complete Genealogy of the House of Este". genealogy.euweb.cz. Diakses tanggal 17 December 2014. [butuh sumber yang lebih baik]
  3. ^ Alessandro d'Este in: geneanet.org [retrieved 17 December 2014].
  4. ^ Alessandro d'Este in: geneall.net [retrieved 17 December 2014].
  5. ^ Alessandro d'Este in: Genealogy Database by Herbert Stoyan Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. [retrieved 17 December 2014].
  6. ^ Sarah Bradford, Lucrezia Borgia, Milano, Mondadori, 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]