Ann Hui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ann Hui
Ann Hui sedang menjawab pertanyaan setelah penayangan The Way We Are di Broadway Cinematheque di Yau Ma Tei.
Nama Tionghoa許鞍華 (Tradisional)
Nama Tionghoa许鞍华 (Sederhana)
Lahir23 Mei 1947 (umur 76)
Anshan, Liaoning
Tahun aktif1979 - sekarang

Ann Hui On-Wah, MBE (Hanzi tradisional: 許鞍華; Hanzi sederhana: 许鞍华; Pinyin: Xǔ Ānhuá; Hepburn: Kyo Anka; kelahiran 23 Mei 1947 dari ayah Tionghoa dan ibu Jepang[1][2]) adalah seorang aktris, sutradara, produser dan penulis latar Hong Kong yang menjadi salah satu orang paling terkenal dari Arus Baru Hong Kong. Ia paling dikenal karena film-film kontroversialnya yang menampilkan tentang masalah-masalah sosial di Hong Kong.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada 23 Mei 1947, Ann Hui lahir di Anshan, provinsi Liaoning, Manchuria dari ayah Tionghoa dan ibu Jepang. Pada 1952, ia berpindah ke Makau, Hong Kong pada usia lima tahun dan masuk St. Paul's Convent School. Hui meraih gelar Master dalam bidang sastra Inggris dan komparatif di Universitas Hong Kong sampai 1972 dan kemudian belajar di Sekolah Film London selama dua tahun. Sebelum meraih gelarnya, Hui belajar dan membuat tesisnya tentang karya-karya Alain Robbe-Grillet, seorang penulis dan pembuat film Prancis.[butuh rujukan]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Freda Freiberg (4 Oktober 2002). "Border Crossings: Ann Hui's cinema". Senses of Cinema. Diakses tanggal 10 Desember 2012. 
  2. ^ Futures of Chinese Cinema: Technologies and Temporalities in Chinese Screen ... - Olivia Khoo, Sean Metzger - Google Books. Books.google.com. Diakses tanggal 10 Desember 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]